Wednesday, 16 December 2015

Materi dan Cara Menggunakan Software MYOB Accounting

Loading...

MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adlah sebagai berikut :
contoh materi myob
Materi MYOB

  •  1. Mudah digunakan
  • Dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat,MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi.
  • 2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai ( user ).
  • 3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
  • 4. Dapat diaplikasiakn untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
  • 5. Menampilkan laporan keuangan komparasi ( perbandingan ) serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.

MENGENAL MYOB ACCOUNTING

Pengertian MYOB Accounting

           Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi dan sebagainya.

Membuat Data Perusahaan pada MYOB

Langkah – langkah yang harus dilakukan :
Klik tombol start
Pilih all program> MYOB Accounting v15 > MYOB Accounting v15
Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
• Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
• Create, untuk membuat data perusahaan baru
• Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
• What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
• Exit, untuk mengakhiri program MYOB

Klik tombol create new company file, klik next
Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai
Klik tombol save. Klik next
Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai

Mengenal Area Kerja MYOB Accounting v 15

Setelah anda membuat data perusahaan pada MYOB, Anda perlu mengenal area kerja pada MYOB Accounting v15 sebelum anda memindahkan data perusahaan ke dalam MYOB Accounting.
Mengakhiri Program MYOB Accounting v 15
Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
Klik file > Exit
Kotak dialog konfirmasi akan tmapil, klik tombol yes
MYOB akan menampilkan kotak informasi lagi, kemudian tandai option backup all data dan check company file for errors, klik tombol continue
Kotak konfirmasi MYOB accounting ditampilkan, yang memberitahukan bahwa tidak terjadi kesalahan dalam data anda. Klik ok
Kotak dialog backup ditampilkan, ketik nama file absolute pada kotak file name, klik save
Proses backup dilakukan setelah selesai aplikasi MYOB accounting akan langsung tertutup.

CARA PEMBUATAN PERUSAHAAN BARU

Setelah anda membuat file data baru, langkah berikutnya adalah memasukkan data-data dasar dan mengaturnya sehingga sesuai dengan sistem kerja yang ingin diterapkan. Beberapa data dasar utama yang harus disiapkan adalah Daftar Perkiraan (Chart of Accounts), Daftar Pelanggan, Supplier dan Karyawan serta Daftar Item/Barang.
Untuk mempersiapkan data dasar secara baik, anda perlu mengetahui field-field data yang diperlukan untuk setiap jenis data, dan cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan ekspor data melalui menu File > Export Data > …. , dengan cara ini anda akan mendapatkan struktur data dalam format Text File. Untuk mempermudah penyusunan, buka Text File menggunakan aplikasi spreadsheet, misalnya MS Excel.

Chart of Accounts / Daftar Perkiraan
Tidak seluruh field data tersebut kita butuhkan dalam proses persiapan data dasar, pada data daftar perkiraan (CoA), field/kolom yang anda perlukan, antara lain :
Account Number, Kolom ini merupakan Key Field untuk data daftar perkiraan, berisi no. perkiraan yang terdiri dari 5 (lima) angka, dengan angka pertama menunjukkan kelompok perkiraan yang diwakilinya.

Account Name, Kolom Nama Perkiraan
Cheque Privileges, Untuk perkiraan Kas/Bank berikan huruf C, sehingga perkiraan tersebut akan muncul dalam daftar pilihan perkiraan penerima/ sumber pembayaran
Untuk daftar perkiraan yang menyertakan perkiraan dalam mata uang asing, anda perlu menambahkan minimal kedua field di bawah ini :
Currency Code, menunjukkan kode mata uang.
Exchange Account, menunjukkan perkiraan penyeimbang nilai tukar (akan dijelaskan pada manual implementasi selanjutnya).

Pada data daftar perkiraan di atas field Account Number merupakan Key Field. Field ini harus mempunyai data (Required Field) dan MYOB akan menggunakan data pada kolom ini sebagai pedoman dalam proses impor data. Anda tidak boleh mempunyai data yang sama pada field/kolom ini pada baris data yang berbeda (data pada kolom ini harus unik). Perbaikan pada key field tidak dapat dilakukan melalui proses impor, anda harus melakukannya secara manual pada program MYOB.

Daftar Karyawan

Data berikutnya yang perlu anda siapkan adalah daftar karyawan, minimal daftar wiraniaga/ salesman, yang akan digunakan dalam penyusunan daftar pelanggan, memiliki field (Key Field):
Last Name, Nama Keluarga / Belakang Karyawan.
Bila anda memerlukan filter untuk melakukan pengelompokkan data, sehingga anda bisa melakukan analisa maupun membuat laporan secara lebih rinci, anda dapat menggunakan kolom :

1. Custom List 1 sampai 3, digunakan untuk menampung data yang akan digunakan sebagai filter dalam pembuatan laporan dan analisa. Misalnya : Departemen, Group Penjualan, (Spons, Spring), Wilayah pemasaran, dll.

2. Identifiers, Selain menggunakan custom list, anda dapat menggunakan identifier sebagai filter dalam pelaporan dan analisa
Contohnya bila anda mengisikan AF pada field identifiers seorang karyawan penjualan / salesman, dan A misalnya mewakili produk Elektronik, dan F mewakili area Bandung Utara, maka salesman masuk dalam kelompok Salesman barang elektronik untuk area Bandung Utara. Dalam pembuatan pelaporan anda dapat menggunakan salah satu huruf (Mis. Laporan penjualan Barang Elektronik), atau menggunakan kedua huruf (Mis. Laporan penjualan Barang Elektronik di Bandung Utara), anda dapat menggunakan banyak identifiers pada satu data karyawan (max 26).
Kedua field/kolom dibawah ini bisa ditambahkan :
• First Name, bila anda perlu memisahkan nama depan dan nama keluarga
• Card ID, bila anda menggunakan nomor atau kode karyawan
Last Name dan Card ID pada data karyawan ini adalah conditional field, sehingga untuk dapat melakukan impor, MYOB mewajibkan salah satu field berisi data, atau proses impor akan tidak dapat berjalan.

Daftar Pelanggan

Pada daftar pelanggan anda mempunyai conditonal fields yang sama dengan daftar karyawan, yaitu Co./Last Name dan Card ID, dan biasanya field Co./Last Name yang selalu berisi data. Struktur data yang biasa disiapkan adalah sbb:
• Card ID, Kode Pelanggan, bila diperlukan
• Co./Last Name, Nama perusahaan atau nama perseorangan, sebaiknya berformat Nama, PT. atau Nama, Toko
• Addr 1 – Line 1, Alamat Pelanggan, baris 1
• Addr 1 – Line 2,3,4, Alamat Pelanggan, baris 2,3,4 bila diperlukan
• City, State, Phone #1, Postcode, dll, adalah kelengkapan data lain yang bisa anda tambahkan bila diperlukan.

MANFAAT

Dengan latar belakang pentingnya program MYOB dalam dunia usaha, kami dapat menyimpulkan beberapa manfaat penting yang akan didapat para mahasiswa, dan juga manfaat bagi pihak universitas setelah mengikuti program pelatihan dari MYOB TRAINING CENTRE :

1. Mahasiswa akan mendapat keahlian khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.

2. Mahasiswa mempunyai daya saing di dalam dan luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.

3. Pengalaman bekerja dengan data perusahaan menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.

4. Mahasiswa yang mendapat pelatihan program MYOB adalah mahasiswa siap pakai dalam dunia usaha.
Dengan mendapat pelatihan program MYOB, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil program tambahan untuk dapat siap masuk di dunia usaha.
5. Mahasiswa akan mendapat pengalaman praktek langsung tentang akuntansi dalam dunia bisnis.
Dengan mengikuti program pelatihan ini, mahasiswa akan mencoba data perusahaan langsung dipraktekkan di dalam komputer dengan menggunakan program MYOB.

6. Para pengajar kami adalah para profesional, akuntan dan praktisi bisnis.
Para pengajar adalah mereka yang bekerja dengan menggunakan program MYOB di perusahaan-perusahaan lokal dan multi-nasional. Dengan demikian, pengalaman para profesional dan praktisi akan menambah wawasan mahasiswa dalam dunia bisnis secara nyata, dan bukan hanya teori saja.

7. Para pengajar kami telah mendapat pelatihan khusus dari konsultan kami, yang merupakan mitra bisnis dari MYOB Australia Pty. Ltd.
Dengan demikian, para pengajar kami akan selalu mengikuti perkembangan informasi teknologi terkini, yang tidak mungkin didapat dari para pengajar yang tidak terjun secara full-time dalam bidang informasi teknologi.

8. Kurikulum mengadopsi MYOB TRAINING CENTRE – AUSTRALIA.
Dengan mengikuti pelatihan dari MYOB TRAINING CENTRE akan mendapat manfaat yang sama apabila mahasiswa tersebut mengikuti program MYOB TRAINING CENTRE di Australia, tentu saja dengan biaya yang jauh lebih murah.

9. MYOB TRAINING CENTRE adalah satu-satunya konsultan yang dipercaya oleh MYOB Australia Pty. Ltd.
Dengan demikian para pengajar mendapatkan sumber ilmu dan informasi dari konsultan yang memang ahli dalam bidang program MYOB, bukan dari sumber yang diragukan kredibilitas dan kemampuannya.

10. Sertifikasi dari MYOB TRAINING CENTRE yang telah mendapat pengakuan dari ratusan perusahaan klien kami.
Selama ini, kami telah membuktikan bahwa klien kami akan memberi rating yang tinggi bagi para alumnus MYOB TRAINING CENTRE.

11. Sertifikasi setara program Eksekutif dan Professional di MYOB TRAINING CENTRE, dengan harga khusus mahasiswa.
Sertifikat yang dikeluarkan oleh MYOB TRAINING CENTRE adalah sertifikat yang sama dan setara dengan sertifikat yang kami keluarkan bagi masyarakan umum, dengan harga yang lebih murah untuk para mahasiswa.

12. Software yang digunakan adalah software MYOB asli.
Karena kami adalah mitra bisnis MYOB Australia, maka tidak diragukan lagi, software yang akan digunakan adalah software yang asli, dan bukan software bajakan.

13. Mahasiswa diperkaya dengan studi kasus dari para pengajar kami.
Karena para pengajar kami adalah professional yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan lokal dan multi-nasional, maka para mahasiswa akan diperkaya dengan pengalaman dari studi kasus yang terjadi di dalam perusahaan berskala lokal dan internasional.

14. Perkembangan Informasi Teknologi yang terkini dapat diikuti.
Karena staf pengajar kami adalah konsultan MYOB Australia Authorised Reseller, yang maka mahasiswa dapat mengikuti perkembangan informasi teknologi. Setiap kali ada riset dan pengembangan software, otomatis materi pengajaran dan software yang digunakan akan diganti dengan yang terbaru.

15. Buku Panduan Khusus MYOB dalam bahasa Indonesia.
Buku Panduan yang dibuat oleh Tim Konsultan kami adalah buku yang lengkap, memuat semua teori dan contoh soal yang banyak terjadi dalam dunia bisnis. Ditulis dengan rapi, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipelajari sebagai pedoman pendalam program bagi mahasiswa di kemudian hari, bahkan pada saat mahasiswa tersebut terjun ke dalam dunia kerja.

16. Nilai tambah bagi universitas yang memberikan sertifikasi dari MYOB TRAINIG CENTRE.
Dengan memberikan program pelatihan MYOB bagi para mahasiswa, maka universitas akan mempunyai nilai lebih dari universitas lain yang tidak memberikan program pelatihan MYOB bagi mahasiswanya.

MENGENAL MYOB Accounting v.18 (bag.1)

A.KEBUTUHAN SISTEM


Kebutuhan sistem yang harus dipenuhi untuk menjalankan MYOB Accounting versi 18 adalah :

Prosessor minimal Pentium III dengan kecepatan min 700MHz
Memori minimal 512 atau lebih
Hard disk minimal 1 Giga Byte atau lebih
Sistem Operasi minimal Windows 2000
Monitor dengan display 1024x768 atau lebih
Cara install program MYOB :

Masukkan CD Master MYOB
Jika fasilitas autorun di komputer dimatikan, cari file MYOB_SG_Accounting_V18.EXE
Double klik file MYOB_SG_Accounting_V18.EXE
Pada kotak dialog Welcome to MYOB Accounbting v 18 Install, klik Next
Pada kotak dialog Licence Agreement, pilih opsi I Accept The Term of Licence Agreement, klik Next
Pada kotak dialog Install Type, pilih opsi Typical, klik Next
Pada kotak dialog Select Program Folder, klik Next
Pada kotak dialog Start Copying Files, klik Next
Pada kotak dialog InstallShield Wizard Complete, pilih opsi Yes, I want to restrat my computer now, klik Finish


B.MENGAKTIFKAN PROGRAM MYOB

Pengaktifan program MYOB bisa dilakukan dengan dua cara :
Pilih All Program pada menu Start, lalu cari program MYOB.
Doubel klik shortcut MYOB  
Selanjutnya ada lima option pilihan, diantaranya :
Open berfungsi membuka file database akuntansi MYOB yang telah dibuat sebelumnya (file.Dat atau file.myo).
Create berfungsi membuat database akuntansi baru, berupa informasi mengenai perusahaan.
Explore berfungsi membuka data sample original yang disediakan oleh MYOB.
What’s New berfungsi menunjukkan apa yang terbaru dari versi ini, berupa kumpulan informasi mengenai fitur-fitur terbaru.
Exit berfungsi untuk keluar dari program MYOB.

C.MEMBUAT FILE BARU


Setiap kasus yang baru memerlukan File data bisnis yang baru. Langkah-langkah pembuatan file baru diantaranya :

1.Klik tombol Create untuk memulai, lalu ikuti perintah yang tertera pada tampilan.

2.Kemudian, klik Next untuk meneruskan proses Creating.

3.Berikutnya, akan muncul kotak dialog Company Information.

4.Isikan data perusahaan

Company Name : isi dengan nama perusahaan
UEN No. : isi dengan nomor izin usaha
UEN Type : jenis perusahaan
GST No. : isi dengan nomor NPWP
Address : isi dengan alamat perusahaan
Phone Number : isi dengan nomor telepon perusahaan
Fax Number : isi dengan nomor fax perusahaan
Email Address : isi dengan alamat email perusahaan

5. Setelah selesai, klik Next untuk meneruskan proses pengisian info tentang tahun fiscal akuntansi pembukuan.

Current Financial Year : isi dengan tahun pembukuan akuntansi
Last Month Financial Year : isi dengan bulan akhir periode pembukuan
Conversion Month : isi dengan bulan mulai pembukuan
Number of Accounting Periods : isi dengan banyaknya bulan dalam satu tahun

6.Klik Next dan MYOB akan mengkonfirmasi ulang data tahun fiscal akuntansi perusahaan yang dimasukkan. Jika ada kekeliruan, klik Back untuk memperbaikinya.

7.Klik Next, pada kotak dialog Build your account list terdapat tiga opsi pilihan, diantaranya :
I would like to start with one of the list provided by MYOB Accounting, pilih opsi ini jika ingin menggunakan salah satu daftar akun yang disediakan MYOB
I would like to import a list of account provided by my account after i'm done creating my company file, pilih opsi ini jika akan menggunakan daftar akun yang telah dibuat pada aplikasi lain sebelumnya
I would like to build my own account list once i begin using MYOB Accounting, pilih opsi ini jika anda akan membuat daftar akun sendiri menggunakan MYOB
8.Klik Next untuk melihat posisi penyimpanan pada komputer Anda,Klik Next
Pilih Command Centre

C.MEMBUAT DAFTAR ACCOUNT

Dari Command Center, pilih menu Accounts,Klik Accounts List
Untuk edit account, blok account yang akan diedit, double klik, atau buka dari panah untuk masuk ke dalam profil account tersebut, misal accounts 1-0000 Assets diedit menjadi Aktiva. Double klik account tersebut dan langsung ketikkan Aktiva pada Account Name yang muncul, klik OK
Membuat Account baru :
Dari Account List klik ikon New
Tentukan apakah Header atau Details
Tentukan type account sesuai dengan fungsi accounts
Masukkan nomor account sesuai data yang diperlukan
Tekan enter, lalu masukkan nama account yang akan dibuat, klik OK
Menghapus Account (delete account) :
Dari Account List
Klik tanda panah atau double klik account yang sudah diblok
Klik Edit, pilih Delete Account (sehingga account akan terhapus)

Cara menggunakan MYOB v.18 ED


cara-cara penggunaan Software Aplikasi MYOB versi 18. Disini adakah yang sekolah di SMK atau bahkan sudah di Perguruan Tinggi dan memilih jurusan Akuntansi. Nah berikut cara-cara menggunakan Aplikasi MYOB versi 18. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen ^

 MEMBUAT DATA BARU


1. Klik tombol start

2. Pilih all program > MYOB 

3. Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses :
Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
Create, untuk membuat data perusahaan baru
Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi ini
Exit, untuk mengakhiri program MYOB

4. Setelah Anda membuka program MYOB klik pilihan Create New Company File.

5. Selanjutnya akan muncul kotak dialog New Company File. Form ini terbagi menjadi 6 bagian,  yaitu: Introduction, Company Information, Accounting Information, Account List dan Company File

6. Setelah muncul Assistant Introduction, klik tombol Next sehingga akan muncul kotak dialog Company Information untuk mengisikan data nama dan alamat perusahaan.

7. Setelah itu klik Next untuk pengisian Accounting Information dimana ada 4 field yang harus diisi dengan fungsi masing-masing sebagai berikut:
Current Financial Year diisikan Tahun Tutup Buku
Last Month of Financial Year pilihan Bulan Tutup Buku
Convertion Month pilihan Bulan Awal Buku
Number of Accounting Periods pilihan jumlah periode setahun

8. Berikutnya adalah Assistant untuk pengisian Account List. Ada tiga pilihan dalam pembuatan Account:
I Would like to start with one of the last provided by MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk memilih salah satu type Account dari 105 jenis perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB.
I Would like to import a list of accounts provide by my accountant after I’m done creating my company file
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor daftar account yang telah ada setelah membuat file baru.
I Would like to build my own accounts list one I begin using MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mendesain sendiri daftar account.

9. Kedua pilihan di atas akan memunculkan Assistant berikutnya yang menginformasikan bahwa data Anda akan dibuatkan secara otomatis dengan nama direktori dan nama file yang telah dibuatkan oleh MYOB. Jika Anda ingin merubah nama file dan tempat folder sesuai yang Anda kehendaki maka klik tombol Change, lalu pilih folder direktori tempat data akan diletakkan, serta ketikkan nama file lalu klikSave.

10. Selanjutnya komputer akan melakukan proses beberapa detik untuk membuat data baru tersebut. Hasil pembuatan file baru akan diinformasikan pada Assistant Conclution. Jika muncul kata Congratulations, berarti pembuatan file baru Anda telah berhasil. Akan ada dua tombol pilihan yang dapat dipilih:
Command Centre : adalah pusat perintah semua content (isi) yang disediakan oleh MYOB. Dalam hal ini adalah menu account, banking, sales, timebilling, purchase, inventory, dan cardfile.

Cara membuat akun baru
1. Pada sub menu account, klik accounts list
2. Klik new, isikan data akun, meliputi :
• Header isikan account type, number, dan nama account
• Details isikan account type, account number, dan account name.
3. Klik Ok.

Cara menghapus akun
1. Buka akun yang ingin di hapus
2. Klik edit, delete account

Cara memasukkan saldo akun
1. Klik setup balances account opening balance
2. Masukkan saldo pada tiap tiap akun. Untuk akun yang tidak sesuai dengan sisi nya di beri tanda (-) contoh : akumulasi penyusutan kendaraan berada pada kelompok harta ( D ) tetapi akun ini saldo normalnya di kredit, berarti harus di beri tanda (-) , akun cadangan kerugian piutang berada pada kelompok harta lancar ( D ) tetapi akun ini saldo normalnya di kredit, berarti harus di beri tanda (-)
3. Apabila di bawah akun-akun terdapat tulisan “ amount left to be allocated : Rp. 0,00 “ artinya sudah balance.

Cara mengatur tax codes
1. Klik list tax codes
2. Hapus semua akun yang tidak di perlukan kecuali N-T dan GST
3. Isikan data/ pengaturan pajak :
Description : Not Reportable
Linked account for tax collected ( akun yang ingin di linked untuk penerimaan pajak = PPN keluaran )
Linked account for tax paid ( akun yang ingin di linked untuk pembayaran pajak = PPN masukan )
4. Klik close

Cara membuat kartu piutang
1. Buka sub menu card file, pilih card list
Klik new, isikan :
a. Card type : customer
b. Name : ( nama customer )
c. Card ID : nomor identitas customer
d. Adress : alamat customer
2. Klik Ok
3. Lakukan langkah tersebut berulang untuk membuat data supplier

Cara membuat kartu Utang
1. Buka sub menu card file, pilih card list
Klik new, isikan :
a. Card type : supplier
b. Name : ( nama supplier )
c. Card ID : nomor identitas supplier
d. Adress : alamat supplier
2. Klik ok
3. Lakukan langkah tersebut berulang untuk membuat data supplier lainnya.


Cara memasukkan saldo kartu utang dan piutang
1. Klik setup, kemudian pilih balance supplier balance
2. Pilih identitas supplier kemudian isi data
a. Supplier name
b. Terms
c. Date
d. Memo
e. Total Including tax dan tax code
Kemudian klik ok

Cara membuat persediaan barang dagang
1. Pilih sub menu inventory, pilih item list
2. Klik new , isikan :
a. Item number
b. Name
c. I buy this item : perlengkapan salon / spa
d. I sell this item : pendapatan jasa
e. I inventory this item : persediaan jasa
3. Kemudian isikan selling details harga barang dan tax code nya ( N-T )
4. Klik ok

Membahas Linked account

1. Klik setup linked account accounts and banking account
a. Equity account for historical balancing ( Akun modal untuk historical )
b. Bank account for electronic payments (Akun bank untuk pembayaran secara elektronik , artinya pembayaran melalui bank ) = bank mandiri
c. Bank account for undeposited funds ( Akun bank untuk pembayaran melalu uang yang belum di setorkan ke bank ) = kas di tangan

2. Salles accounts.

a. Assets account for tracking Receivables ( Akun harta untuk penerimaan piutang ) = piutang usaha
b. Bank account for customer receipt ( Akun bank yang di terima customer ) = bank mandiri
Tanda centang :
a. I charge freight on sales ( Membayar beban angkut penjualan )
b. I track deposits collected from customers (Untuk pembayaran uang muka = down payment )
c. I give discount for early payments ( Discount untuk pembayaran awal = Potongan penjualan )
d. I assess chargest for late payments ( Denda untuk keterlambatan pembayaran = late free collected )

3. Purchase accounts :

a. Liability account for tracking payables ( Akun utang untuk pembayaran secara kredit ( utang usaha) )
b. Bank account for paying bills ( Akun bank untuk pembayaran secara tunai ( kas bank ) )
Tanda centang :
a. I can receive items without a supplier bill ( Saya dapat menerima barang dagangan tanpa tagihan dari supplier )
b. I pay freight on purchase ( Beban angkut pembelian )
c. I track deposits paid to supplier ( memberikan Uang muka kepada supplier )
d. I take discount for early payment ( meminta / mendapatkan discount untuk pembayaran awal/cepat = Potongan pembelian )
e. I pay chargest for late payment ( membayar denda untuk keterlambatan pembayaran = Late free paid / late free expense ( denda keterlambatan ) )

4. Payroll

a. Bank account for cash payment ( akun bank untuk pembayaran secara tunai = kas di tangan )
b. Bank account for cheque payment ( akun bank untuk pembayaran melalui bank / cek = bank mandiri / kas bank )
c. Bank account for electronic payment ( akun bank untuk pembayaran melalui bank / secara electronic = bank mandiri / kas bank )
d. Default employer expense account ( akun beban saat permbayaran gaji pegawai = beban gaji pegawai )
e. Default wages expense account ( akun beban untuk membayarkan upah = beban gaji pegawai / beban upah pegawai )
f. Default tax /deductions payable accounts.
silahkan tinggalkan komentar tentang artikel yang telah di baca