Monday, 9 January 2017

Praktikum Akuntansi Menengah


Contoh Praktikum Akuntansi Menengah

1. 1  Tujuan
            Tujuan dari praktikum ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menerapkan prinsip – prinsip akuntansi dasar, konsep dasar dan proses akuntansi terhadap situasi khusus yang dihadapi di dalam organisasi.

2. 1  Ruang Lingkup
            Praktikum ini menggunakan software DacEasy  Accounting & Payroll  yang digunakan untuk mengelola data akuntansi yang terdapat pada suatu entitas serta menampilkan laporan keuangan berdasarkan data akuntansi.


3. 1  Sistematika Praktikum
a.      Pendahuluan
Menjelaskan mengenai tujuan praktikum, ruang lingkup,  dan sistematika praktikum akuntansi keuangan.
b.      Gambaran Umum DacEasy & Payroll
Menjelaskan mengenai software yang digunakan, aturan umum pengoperasian, bagaimana memulai DEA dan bagian layar yang terdapat di dalam software tersebut.
c.       Bab 2 : Menu File
Menjelaskan pengelolaan data perusahaan (membuat, membuka, menghapus perusahaan) serta berbagaiutilitas untuk mengelola data tersebut.
d.      Bab 3: Menu Defaults
Menjelaskan aturan yang akan digunakan oleh DEA  yang masih harus ditentukan agar dapat beroperasi sesuai dengan keperluan operasional perusahaan.
e.       Bab 4 : Modul Bank
Menjelaskan tentang penanganan semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran uang melalui rekening bank.
f.       Bab 5 : Modul Customer
Menjelaskan transaksi yang dilakukan pelanggan dari saldo customer, discount dan pajak.

g.      Bab 6 : Modul Product
Menjelaskan tentang pengguanan dan pemeliharaan data produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
h.      Bab 7: Modul Fixed Asset
Menjelaskan pencatatan aktiva tetap yang dimiliki perusahaan serta penanganan pencatatan depresiasi .
i.        Bab 8: Modul  Vendor
Menjelaskan penanganan semua hal yang berhubungan dengan vendor atau pemasok, atau sama dengan buku pembantu utang yang merinci semua utnag perusahaan kepada pemasok.
j.        Bab 9: Modul General Ledger
Menjelaskan fungsi yang sama dengan general ledger pada sistem akutansi manual, modul ini merupakan inti dari DEA karena mellaui modul ini pencatatan transaksi dilakukan.
k.      Bab 10: Modul Purchase Order
Menjelaskan tentang pengelolaan dan pelacakan produk yang dibeli dari pemasok. Modul ini berhubungan dengan modul products sehingga rincian dari pemesanan barang akan mengubnah data produk secara langsung dan otomatis.
l.        Bab 11 : Modul Invoicing
Menjelaskan tentnag penanganan transaksi penjualan barang/jasa serta retur penjualan.
m.    Bab 12: Modul Financial dan Menu Period End
Menjelaskan tentang laporan keuangan serta transaksi – transaksi yang dimasukkan dalam satu periode.  Disini kita dapat melihat tentang analisis anggaran, pengukuran kinerja manajemen.  Sedangkan menu period end untuk menangani prosedur pada akhir periode akuntansi.
praktikum intermidate accounting
praktikum akuntansi menengah

GAMBARAN UMUM DACEASY & PAYROLL


1.1  Sekilas Perkembangan DacEasy Accounting & Payroll 95




DacEasy  Accounting & Payroll 95 adalah suatu software yang digunakan untuk mengelola data akuntansi yang terdapat pada suatu entitas serta menampilkan laporan keuangan berdasarkan data akuntansi.  Saat mempelajari teori akuntansi menengah  dijelaskan tentang aturan dalam akuntansi.  Pada praktikum ini anda dituntut untuk mengaplikasikan teori yang didapat kedalam Software DEA yang digunakan.



1.2  Aturan Umum Pengoperasian


Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, agar dapat memahami materi dengan lebih mudah, anda diharapkan sudah memahami dan dapat mengoperasikan sistem operasi widows.  Untuk praktikum ini, menggunakan beberapa istilah yakni:

Jendela                       Istilah untuk menunjukkan bagian layar yang digunakan oleh suatu program.

Ikon                            Merupakan terjemahan dari istilah icon yakni gambar grafis yang terdapat pada layar dan bisa diklik untuk suatu operasi.

Tab                             Terdiri dari tab card, graph, activity, dan memo

Tombol                       Dapat diaktifkan dengan mengklik pada area tombol tersebut. Tombol ini yakni save, clear, delete, >, <, close.

F1                                Menampilkan pertolongan program

F2                                Menampilkan kalkulator. Ini diambil dari sistem operasi windows.

F9                                Mengaktifkan reminder

F11                              Fungsi tombol ini dalam keadaan default adalah mengaktifkan control panel dari windows.

F12                              Dalam keadaan darurat menampilkan layout editor.

Esc                              Keluar dari program tanpa menyimpan

Tab                             Memindahkan ke field isian berikutnya

End                             Memindahkan kursor ke akhir isian field

Home                          Memindahkan kursor ke awal isian field

[Ctrl+→]                    Memindahkan kursor ke kanan satu kata dalam satu field isian.

[Ctrl+←]                    Memindahkan kursor ke kiri satu kata dalam satu field isian.

[Shift+Tab]                Memindahkan ke field isian sebelumnya

[Ctrl+F4]                    Menutup modul yang sedang aktif



1.3  Memulai DEA


Untuk mulaimenggunakan DEA kliklah tombol pada taksbar, lalu pilih programs, kemudian klik ikon DEA.  Setelah itu akan tampil logo dari DEA, tunggu sebentar kemudian menu utama DEA akan tampil.



1.4   Bagian Layar DEA


Berikut ini adalah penjelasan singkat masing-masing ikon yang terdapat pada toolbar menu utama DEA.

Customer                   Modul ini digunakan untuk mengelola data pelanggan

Vendor                       Modul ini digunakan untuk mengelola data pemasok


Products                     Modul ini digunakan untuk mengelola data produk yang dihasilkan perusahaan

General Ledger         Modul ini merupakan ini dari DEA, digunakan untuk mengelola rekening dan transaksi

Bank                           Digunakan untuk mengelola data yang menyangkut bank

Purchase Orders       Digunakan untuk mengelola data pemesanan barang

Invoicing                    Digunakan untuk nebgelola data faktur penjualan dan retur penjualan

Fixed Assets               Untuk mengelola data aktiva tetap

Financiall                   Untuk menampilkan laporan keuangan perusahaan

Report Generator     Untuk mengatur format laporan sesuai dengan format yang diinginkan

Payroll                        Untuk mengelola data pembayaran gaji

Assistant                     Digunakan untuk mengelola list kegiatan yang dilakuakn

Layout Designer        Untuk memodifikasi layout, formulir, label dan surat sesuai dengan format yang dikehendaki.







BAB II


MENU FILE




2.1.    Tujuan

Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan  DacEasy Accounting untuk pertama kali dengan membuat data perusahaan pada tampilan awal penggunaan.



2. 2 Teori

       Dalam suatu sistem organsiasi langkah awal untuk memulai pendiriaan sebuah organisasi/perusahaan perlu merumuskan visi, misi, fungsi perusahaan dan hal yang mendasar dari semua itu yakni profil atau data perusahaan.



2. 3  Membuat Data Perusahaan  Baru


Langkah-langkah selengkapnya adalah:

1.  Pilih file/new company

2.  Ketiklah nama, alamat, dan kode pos pada tempat. Setelah selesai mengisi klik Next

3.    Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengisi financial year.  Biasanya mengikuti tahun kalender mulai tanggal 1 januari berakhir 31 desember, setelah itu klik Next

4.    Pada kolom chart account (kode rekening) untuk perusahaan baru pilih salah satu jenis perusahaan yang mendekati tipe perusahaan anda, setelah itu klik Next.

5.    Muncul kotak dialog utnuk menentukan nama directory.  Contoh : C:\DEAWIN3\COMPANY1 atau anda dapat mengisi sesuai dengan keinginan.

6.    Setelah itu akan tampil informsi keseluruhan klik Finish.  Jika ada masalh klik Back



2. 4  Membuka Data Perusahaan


  1. Pilih menu File/Open Company….
  2. Kilik nama perusahaan lalu Ok
  3. Jika ingin membuka tidak berdasarkan informasi penyimpanan maka klik Browse.



2. 5 Menghapus Data Perusahaan


  1. Pilih menu File/Delete Company….
  2. Selanjutnya klik OK, jika data terproteksi maka timbul kotak dialog untuk memasukkan password. Isikan password kemudian klik Ok.
  3. Kilk yes untuk menghapus, No untuk membatalkan penghapusan.



2. 6 Membuat Cadangan Data


Sebelum membuat cadangan data, sebaiknya anda mempersiapkan disket yang telah diformat.  Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih menu File/Backup
  2. Masukkan disket yang telah diformat ke dalam drive, jika menentukan drive tujuan lainnya  klik setup. Setelah itu Ok.
  3. Hasil backup akan disimpan dalam file DACBACK.001



2.7 Mengaktifkan Data Cadangan


  1. Pilih menu File/restore
  2. Akan tampil kotak dialog, dimana ada tiga pilihan yakni:

a.  Setup          Klik tombol ini jika ingin menentukan letak file cadangan

b.  OK             Klik di sini jika file DACBACK.001 terletak pada drive A

c.  Cancel        Untuk membatalkan

  1. Pada saat proses restore selesai DEA akan menampilkan pesan telah selesai.  Klik Ok untuk ke menu utama.




BAB III


MENU DEFAULTS




            Tujuan

Mahasiswa dapat mengubah kondisi  yang digunakan oleh DEA agar dapat menjalankan operasi  sesuai dengan operasional perusahaan.



            Teori

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.



            Company Preferences


            Mengubah atau menampilkan Rincian perusahaan

  1. Pilih defaults/company preferences
  2. Klik pada tab details kemudian isikan atau ubah nama sesuai yang diinginkan
  3. Klik Ok atau cancelutnuk membatalkan

            Mengedit label


  1. Klik tab labels
  2. Muncul tabel yang akan diedit

Address Lines 1-5.  Digunakan dalam customers, vendors, dan bank cards.

Customer Analysis 1-3.  Digunkan untuk mengurut dan mendefenisikan customers.

Vendor Alaysis 1-3.  Digunkan untuk mengurutkan dan mendefinisikan pemasok.

  1. Ok



3. 4  Periode Akuntansi


  1. Pilih menu Defaults/Financial Year.
  2. Muncul kotak dialog berisi periode sesuai yang diinginkan
  3. Klik drop-down berisi bulan January untuk mengisi bulan yg diinginkan.
  4. Ketiklah tahun yang dikehendaki
  5. Ok



3. 5  Tarif Pajak


  1. Pilih menu default/Tax Codes
  2. Setelah itu klik pada code yang diinginkan, lalu klik edit.
  3. Isi tariff pajak kemudian Ok
  4. Close



3. 6  Default Untuk Pelanggan


  1. Pilih menu defaults/customer defaults
  2. Isikan informasi berikut:
    1. Departement, untuk menetapkan kode serta nama departemen
    2. Credit limits, isikan batas kredit untuk kebanyakan pelanggan anda, nilai maksimum yang dimasukkan adalah 99,999,9999.99.
    3. Terms, isikan syarat-syarat pembayaran misal “2/10, n/30”
    4. Payment due, jumlah hari yang biasa diberikan untuk pelanggan membayar faktur
    5. Sett. Days, isikan jumlah hari saat discount masih berlaku.
    6. Sett. Discount, isikan persentase discount dari Sett. Days.
    7. Sales Account, isikan kode rekening atau gunakan fsilitas finder untuk mencari kode rekening default yang digunakan untuk menampung penjualan.
    8. Tax Code
    9. Currency
    10. Additional Disc
  3. Ok



3. 7  Default Untuk Pemasok


  1. Pilih defaults/vendor defaults
  2. Akan timbul kotak dialog dan isikan:

    1. Departement
    2. Credit Limit
    3. Terms
    4. Payment Due, isikan jumlah hari biasanya pemasok menetapkan jatuh tempo pembayaran.
    5. Sett. Days
    6. Sett. Discount, isikan antara 0 – 99.99%
    7. Expense Account
    8. Tax Code Currency

     3.  Ok

 Menetapkan default periode saldo umur piutang:

1.       Dari kotak dialog vendor, klik tab periods.  Jika anda mengaktifkan kotak Use Calender Months maka  anda menginginan untuk menghitung umur utang berdasarkan kalender bulanan.

2.       Isilah aged Period (1 – 4) Days Otstanding

3.       Ok



3. 8  Product Defaults


1.      Pilih defaults/product defaults

2.      Maka tampil  pilihan:

a.       Sales account, untuk menampung penjualan

b.      Taxable, aktifkan jika produk terkena pajak

c.       Unit of Sales, satuan dari produk

d.      Category

e.       Departement

3.      Ok



3. 9  Currency


            Pilih menu default/currency, klik nomor yang diinginkan untuk dirubah, klik edit, lalu Ok.



3. 10  Departement


1.      Pilih defaults/departement

2.      Pilih baris yang dikehendaki

3.      Klik tombol edit

4.      Ok untuk menyimpan



3. 11 Menambah atau Menedit Kategori Produk


1.      Pilih menu defaults/product categories

2.      Klik pada baris yang dikehendaki

3.      Edit

4.      Isikan kategori produk tersebut

5.      Ok

6.      Close






BAB IV


MODUL BANK




4. 1  Tujuan

            Mahasiswa diarahkan mampu menangani semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran uang melalui rekening bank. Dapat melihat posisi saldo di bank dan dampak transaksi terhadap saldo bank.



4. 2  Teori

            Apabila setiap peneriman uang disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan laporan bank.  Biasanya laporna bank diterima bulanan dan akan direkonsiliasikan dengan catatan kas.  Agar berguna untuk mengetahui penerimaan atau pengeluaran yang sudah terjadi di bank tetapi belum dicatat oleh perusahaan.



4. 3 Setup Rekening Bank, Kartu Kredit, dan Rekening Kas


        Langkah-langkah utnuk mengedit rekening bank:

1.      Pilih modul bank

2.      Dari menu Bank Account klik bank card isikan fiel-field yang ada dengan mengacu pada:

a.       Code : sebaiknya kisaran 1100 hingga 1199

b.      Account name

c.       Current balance, minium limit

d.      Account type : ada 3 jenis bank account, cash account dan credit card account

e.       Next deposit : terisi otomatis tergantung transaksi penerimaan kas

f.       Next check : Berisi check secara otomatis

g.      No. Bank Reconsilation : klik agar DEA tidak melakukan rekonsiliasi

3.      Clear untuk membatalkan data. Lalu simpan Save

4.      Close



4. 4  Mengisi Saldo Awal

  1. Klik tombol O/B pada field current balance
  2. Pilih Yes untuk mengisi saldo awal
  3. Save tampilan akan kembali ke bank card
  4. save pada bank card



4. 5 Mengisi Data Detail Rekening

  1. Pada posisi kartu bank, pilih Bank Deposit
  2. Isikan data sesuai sebagai berikut:

a.       Bank Name

b.      Address 1, Address 2

c.       City, state, zip code

d.      Account Name: nama rekening bank

e.       Account Number : nomor kode, Sort Code, Expiration Date

  1. Save
  2. Close



4. 6 Rekonsiliasi Saldo Bank

  1. Klik Bank Reconsiliation
  2. Pada Layar Contoh terlihat rekening yang perlu direconsiliasi
  3. Caranya klik salah satu rekening otomatis tertera Uncleared Items, Reconcile Balance maupun Difference akan berubah menunjukkan perbedaan
  4. Adjustment
  5. Isikan Penyesuaian
  6. Save  pada jendela reconsiliation



4. 7 Pembayaran dengan Check

1.      Dari modul bank, tentukan rekening  yg dimaksud

2.      Klik expense check

3.      Pada jendela expense check terbagi dua bagian yaitu area pembayaran cek dan tabel transaksi isilah sesuai ketentuan.

4.      Pastikan nilai yang tertera pada field total allocated sama pad afield $

5.      Clear untuk membatalkan. Jika ingin memproses pilih save.

6.      Close



4. 8 Pembayaran Faktur Pemasok

1.      sorot rekening yang akan dibayar pada Bank Accounts. Klik tombol vendor check

2.      Pilih payee, ketikkan finder untuk menemukan kode rekening atau pilih new.

3.      Isikan data yang sesuai pada filed

4.      Setelah selesai mengisikan pembayaran hutang pilih Save

5.      Close



4. 9 Pencatatan Pendapatan Luar Usaha

1.      Pilih Bank Account klik cash deposit

2.      Isikan field yang ada

3.      Jika ingin membatalkan pilih clear, lalu save

4.      Close



4. 10  Pencatatan Pembayaran dari Pelanggan

1.      Dari tampilan bank account klik customer deposit.

2.      Pada field kode rekening isikan kode rekening pelanggan.

3.      Isikan field yang tampil pada layar.

4.      Isikan nilai uang pada field payment.

5.      Jika ada potongan  atas suatu item transaksi maka isikan pada field discount

6.      Pilih save untuk memproses

7.      Close



4. 11 Transfer Antar Rekening Bank

1.      Klik bank transfer

2.      Isikan field yang ada

3.      Pilih save untuk memproses

4.      Close

4. 12  Register dan Report

1.      Dari bank pilih Register

2.      Anda dapat mengedit transaksi yang ada.

3.      Klik save untuk memproses

Untuk Report :

1.      Pilih Report hingga muncul tampilan dengan judul Bank Report.

2.      Klik laporan yang and maksudkan

3.      Isikan data yang sesuai pada field yang tersedia.

4.      Klik Ok





 


 


 


















































BAB V


MODUL CUSTOMER



5. 1  Tujuan

            Mahasiswa diharapkan dapat mengisi data pembayaran dari seorang pelanggan, membuat faktur, atau mencatat retur penjualan.



5. 2 Teori

            Piutang dagang (piutang usaha) menunjukkan piutang yang timbul dari penjualan barang-banrang atau jasa-jasa yang dihasilkan perusahaan.  Dalam kegiatan perusahan yang normal, biasanya piutnag dagang akan dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, sehingga dikelompokkan dalam aktiva lancar.  Termasuk di dalam piutnag hanya tagihan yang akan dilunasi dengan uang, oleh karena itu pengiriman barang untuk dititipkan tidak dicatat sebagai piutang penjualan angsuran, akan dipisahkan menjadi aktiva lancar dan tidak lancar.



5. 3 Customer Card

  1. Untuk membuat dan mengedit data pelanggan, klik ikon customer card.
  2. Isikan informasi yang tampilsesuai soal.
  3. Untuk mengisikan  saldo piutang, aktifkan data pelanggan, klik customer card.
  4. Klik pilihan customer balance
  5. Muncul tmapilan konfirmasi klik yes
  6. Issikan data saldo awal yang ada
  7. Save



5. 4  Pilihan Activity dan Aging

1.      Klik baris tempat pelanggan yang akan dilihat aktivitasnya.

2.      Klik Activity

3.      Isi area transaction range dan area date range

4.      Ok

Untuk menampilkan analisis umur piutang

1.      Klik ikon aging

2.      Klik Ok

3.      Close



5. 5  Pilihan Batch Invoice dan Batch Credit

1.      Klik Batch Invoices

2.      Isikan data pada tabel

3.      Save

  Untuk langkah pengaktifan batch credit sama dengan diatas













































BAB VI

MODUL PRODUCT (PERSEDIAAN)



6. 1 Tujuan

            Mahasiswa dapat mengakses data produk sebagai persediaan perusahaan secara otomatis misalnya pada saat mengisikan faktur penjualan. 



6. 2 Teori

            Persediaan barang adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan barang-barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan tergantung pada jenis usaha perusahaan.  Istilah yang digunakan dapat dibedakan untuk usaha dagang yaitu perusahaan yang membeli barang dan menjualnya kembali tanpa mengadakan perubahan bentuk barang, dan perusahaan manufaktur yaitu perusahaan yang membeli bahan dan mengubah bentuknya untuk dapat dijual



 6. 3 Product Card

 Menmabahkan data Product

1.      Klik ikon Product card

2.      Isikan informasi yang tersedia pada jendela product card.

3.      Klik save untuk menyimpan, clear untuk mengosongkan data atau delete.

4.      Close

Menghapus Data Product


1.      Dari jendela product pilih data produk yang akan dihapus.

2.      Klik tombol delete

3.      Klik yes untuk menghapus, dengan syart barang tersebut tidak mempuyai sediaan

Mengisikan Saldo Wala Sediaan


1.      Aktifkan data produk yang akan anda  isi saldo awalnya.

2.      Klik tombol O/B/pilihan “In Stock”



6. 4 Pilihan Adjustment In

1.      Klik ikon adjustment in

2.      Isikan data yang tersedia pada tabel

3.      Setelah selesai klik save

4.      Close



6. 5  Pilihan Adjustment out

1.      Klik ikon adjustment out

2.      Isikan data ynag tersedia

3.      Save untuk menyimpan

4.      Close



6. 6  Pilihan Build

1.      Dari jendela product, klik ikon build.

2.      Isikan rincian produk rakitan yang akan ditransfer ke persediaan produk jadi

3.      Klik save

4.      Close



6. 7  Pilihan Activity dan Report

Untuk menampilkan aktivitas transaksi produk:

1.      Dari jendela products pilih product yang akan anda tampilkan transaksinya.

2.      Klik ikon activity

3.      Isikan range tanggal yang anda kehendaki pada tempat yang teleah disediakan

4.      Ok

Untuk  menampilkan laporan Produk


1.      Dari jendela products klik products yang akan anda tampilkan.

2.      Klik ikon reports

3.      Pada area layout, klik jenis laporan yang anda unginkan

4.      Pada area output klik output

5.      Klik tombol run

6.      Klik Ok





BAB VII


MODUL FIXED ASSET



7. 1 Tujuan

1.      Dapat mencatat aktiva-aktiva tetap yang dimiliki perusahaan serta menentukan tarif depresiasi dan metode depresiasi.

2.      Dapat menjalankan dan memposting transaksi yang berhubungan dengan aktiva tetap.



7. 2 Teori

            Aktiva tetap berwujud  adalah aktiva – aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal.  Istilah relatif permanen menunjukkan sifat di mana aktiva yang brsangkutan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama.  Aktiva tetap berwujus yang dimiliki oleh perusahaan dapat mempunyai macam-macam bentuk seperti tanah, bnagunan, mesin-mesin dan alat – alat, kendaraan, membelair dan lain – lain.



7. 3 Cara Kerja Modul Fixed Assets

       Modul ini hanya memperbarui data rekening depresiasi dan akumulasi depresiasi.  Dengan demikian untuk nilai bukunya harus dimasukkan secara langsung dengan menggunakan modul GL – Opening Balance

Pada akhir bulan, anda akan menggunakan menu Period End kemudian memilih Month End dan mengaktifkan pilihan Post Depreciation agar nilai depresiasi serta akumulai depresiasi dapat sesuai dengan keadaan saat itu.  Posting yang dilakukan adalah:

  1. Posting ke sisi debit untuk rekening dan jumlah biaya depresiasi yang sesuai
  2. Posting ke sisi kredit untuk rekening dan jumlah akumulasi depresiasi yang sesuai.

Pada akhir bulan akan muncul sebagai tipe JD (Journal Debit) untuk posting ke debit, serta JC (journal Credit) untuk posting ke kredit dan secara otomatis mempunyai Ref (Reference) sebagai “DEPREC” dalam audit trial (dapat di lihat melalui modul GL – Account Card – tab Activity)



7. 4 Jendela Modul Fixed Assets

            Ada tiga ikon yang masing-masing fungsinya akan dijelaskan berikut :

       1.  Card                            digunakan untuk pemeliharaan data aktiva tetap.

       2.  Asset Valuation          digunakan untuk menampilkan nilai masing-masing aktiva tetap serta totalnya.

       3.  Reports                        digunakan untuk menampilkan laporan data aktiva dan daftar aktiva tetap ke layar.



7.  5 Menambah atau Mengedit Data Aktiva Tetap

1.      Aktifkan modul fixed asset.

2.      Untuk menambah, klik Clear kemudian klik ikon card.  Untuk mengedit data aktiva tetap, klik aktiva tetap yang diedit, kemudian klik card. Lalu akan muncul dua tab yaitu card dan posting.

3.      Card terdiri dari asset reference, descriftion, serial number, location, date purchased, vendor account, asset category.

4.      Posting berisikan, department, accumulated dep, depreciation exp, method, rate, cost price, book value, total acc. Dep, next depreciation, date last posted

5.      Klik save

6.      Close



7. 6 Menghapus Data Aktiva Tetap

1.      Dari jendela fixed asset, klik data aktiva tetap yang akan dihapus

2.      Klik delete

3.      Pada saat muncul konfirmasi dari DEA klik yes



7. 7  Menampilkan Total Nilai Aktiva Tetap

       Anda bisa  menggunkan ikon asset valuation untuk menampilkan total cost, akumulasi depresiasi, serta nilai buku untuk masing-masing aktiva tetap dan keseluruhan aktiva tetap.  Anda hanya perlu mengklik ikon asset valuation DEA akan menmapilkan total untuk semua aktiva tetap.



7. 8 Menampilkan Laporan Aktiva Tetap

  1. Klik clear pada jendela modul fixed asset jika anda menmapilkan semua aktiva tetap. Jika tidak maka klik aktiva tetap tertentu.
  2. Klik ikon report DEA akan menmapilkan jendela fixed asset report.  Klik laporan yang anda inginkan sebagai berikut:
    1. Fixed asset list
    2. Fixed asset valuation
  3. Setelah itu klik tombol radio output yang and ainginkan:
    1. Preview untuk menampilkan ke layar
    2. Printer untuk mencetak ke prenter
    3. File untuk mencetak ke file
  4. Klik Run untuk menampilkan laporan.
  5. Close































BAB VIII


MODUL  VENDOR (KEWAJIBAN)



8. 1  Tujuan

            Mahasiswa dapat merinci dan mengklasifikasi semua utang perusahaan kepada masing – masing pemasok.



8. 2 Teori

            Hutang lancar meliputi dua pengertian.  Kedua pengertian tersebut adalah (1) semua hutang yang timbul dari kegiatan ynag berhubungan dengan siklus operasi perusahaan dan terhutang dalam jangka waktu siklus tersebut (2) semua hutang yang akan dilunasi dalm waktu satu tahun.  Hutang lancar ini mempunyai klaim atas aktiva lancar



8. 3 Vendor  Card

     Menambah Data Pemasok

1.      Dari jendela vendors klik tombol clear

2.      Klik ikon vendor card

3.      Isikan informasi yang diperlukan pada tempat sian yang sesuai

4.      Klik Save untuk menyimpan data pemasok, clear untuk membatalkan.

5.      Close, muncul konfirmasi klik yes untuk keluar tanpa menyimpan, no untuk kembali ke jendela card.

Menghapus Data Pemasok


1.      Dari jendela vendors,pilih pemasok yang akan dihapus dengan cara mengklik pada pemasok yang diinginkan.

2.      Klik tombol delete

3.      DEA akan menkonfirmasi ulang, klik yes untuk menhapus, no untuk membatalkan.

Mengedit Data Pemasok


1.      Dari jendela vendors aktifkan pemasok yang akan diedit.

2.      Klik ikon card

3.      Data pemasok akan muncul di jendela card.

4.      Editlah bagian-bagian yang adiinginkan.

5.      Klik save

6.      Klik Close

Mengisikan Saldo Utang Awal Kepada Pemasok


1.      Aktifkan data pemasok yang akan di isikan.  KLik baris tempat pemasok tersebut lalu klik ikon vendor card.

2.      Jika data pemasok baru maka harus melengkapi isian datanya

3.      Klik vendor balance

4.      Jika sudah menyimpan rincian data pemasok tersebut maka DEA akan menampilkan kotak dialog saldo awal

5.      Klik save

6.      Close



8. 4  Pilihan Activity

1.      Dari jendela vendors, pada daftar pemasok klik baris tempat pemasok yang akan dilihat transaksinya.

2.      Klik ikon activity

3.      Tulis area transaction range dan date range

4.      Klik Ok, maka DEA akan menampilkan daerah aktivitas.



8. 5 Pilihan Aging

1.      Klik ikon Aging, DEA akan menmapilkan kotak dialog

2.      Klik Ok, DEA akan menampilkan jendela aged balance yang berisi daftar utang kepada pemasok

3.      Klik close untuk menutupnya.



8. 6 Batch Invoices

    Pilihan ini dihunakan untuk mengisikan faktur yang anda terima dari pemasok secara manual.  Langkah-langkah yang ditempuh :

1.      Dari jendela vendors klik ikon batch invoices

2.      Isilah data yang tampil yakni: code, name, date, Ref, account, name, dept, details amount, sub total, tax, total.

3.      Klik save apabila telah selesai



8. 7 Batch Credits

    Pilihan ini digunakan untuk mengisikan memo kredit yang anda terima dari pemasok anda.  Pilihan ini mempunyai penjelasan yang sama denga batch invoices, hanya saja pilihan ini dipergunakan untuk mengisi memo kredit.



8. 8 Label dan Letter

      Label


    Pilihan ini digunakan untuk mencetak label yang berisi nama serta alamat pemasok dengan tujuan untukemmpermudah berkorespondensi dengan pemasok.  Langkah yang dilakukan yakni pilih terlebih dahulu pemasok yang akan dicetak lebelnya, DEA akan menampilkan jendela untuk menetapkan pilihan, kemudian klik Run

     Letter

     Pilihan ini dapat digunakan untuk menampilkan atau mencetak surat-surat  tertentu kepada pemasok. DEA menyediakan fasilitas untuk mencetak surat tersebut.  Untuk menampilkan dan mencetak surat, pilih layout yang anda inginkan kemudian klik output yang anda inginkan kemudian klik run.



8.  9  Report

       Untuk bekerja dengan laporan anda dapat mengklik ikon reports pada jendela modul vendors.  Untuk menampilkan anda dapat memilih template pada daftar layout sesuai dengan jenis laporan yang akan dicetak kemudian klik run.













BAB IX


MODUL GENERAL LEDGER



9. 1 Tujuan

1.      Menetapkan rekening yang sesuai dengan perusahaan.

2.      Menuliskan dan membentuk masukan untuk general ledger serta menetapkan nama dan kode rekening untuk pembayaran dimuka dan rekening actual general ledger.



9. 2 Teori

            Buku besar merupakan kumpulan rekening – rekening yang dugunkan untuk menyortasi dan meringkas informasi ynag telah dicatat dalam jurnal.  Buku pembantu adalah suatu cabang buku besar yang berisi rincian rekening tertentu yang ada dalam buku besar.  Dengan demikian baik buku besar maupun buku pembantu terdiri dari rekening.



9.3 Card

      Menambah Rekening Baru

  1. Dari modul GL klik clear untuk memastikan tidak terdapat rekening yang dipilih
  2. Klik ikon account card
  3. Pada isian account code isikan 4 sampai 6 digit angka kode.
  4. Pada isian name isikan nama rekeningnya.
  5. Pada keterangan mengenai account type secara otomatis akan tmapil tipe rekening tersebut.  Ada 3 tipe yakni: General Account, Bank Account, Control Account
  6. Klik save
  7. Klik Close untuk menutup.

Mengisikan Saldo Rekening

  1. Klik tombol O/B yang berada sebelah kanan isian current balance.  Klik yes untuk mengisikan saldo dengan menghapus saldo sebelumnya.
  2. Isikan bidang yang tersedia yakni: Ref, Date, Debit, Credit.
  3. Klik save untuk menyimpan saldo.

Mengedit Rekening

  1. Pada jendela GL klik clear lalu klik rekening yang akan diedit.
  2. Klik tab Account Card
  3. Editlah informasi pada isian dengan ketentuan : account code menampilkan kode rekening yang anda pilih, Account name menampilkan nama rekening, Current balance menampilkan saldo rekening saat ini, Account type menampilkan tipe rekening tersebut.
  4. Klik save
  5. Klik Close

Menghapus Rekening

Anda dapat menghapus rekening jika:

  1. Rekening tersebut bukan control account
  2. Rekening tidak emmpunyai saldo

Langkah-langkah yang ditempuh:

  1. Pada jendela GL klik clear.
  2. Klik ikon card
  3. Klik delete
  4. Klik yes untuk menghapus, no untuk batal menghapus.



9. 4 Menampilkan Aktivitas Transaksi Rekening

1.      Pada jendela GL klik tombol activity

2.      Isikan sesuai dengan range ynag diinginkan klik ok untuk menampilkan

3.      Setelah itu DEA akan menampilkan jendela activity

4.      Untuk menampilkan transaksi dalam range yang lain anda bisa mengklik tombol range yang lain kemudian mengisikan isian-isian pada dialog.

5.      Klik close untuk keluar.



9. 5 Journal

      Mencatat Transaksi dengan Jurnal

1.      Dari jendela GL klik ikon journal

2.      Isikan rincian transaksi pada tabel transaksi yang ada

3.      Klik save untuk menyimpan, clear jika ingin membatalkan

4.      Close

Membuat Template Jurnal

Untuk jurnal yang sering anda buat anda dapat menghemat waktu dengan membuat template.  Langkah-langkah nya:

1.      Isikan rincian dari jurnal dengan sistematika yang sesuai

2.      Pilih menu edit/memorize

3.      Isikan informasi pada isian yang sesuai

4.      Klik Ok.



9. 6 Prepayments

      Digunakan untuk menetapkan rekening pembayaran dimuka.

      Membuat Prepayment

  1. Dari jendela GL kilik ikon prepayment
  2. pada tabel prepayment isilah data informasi yang ada.
  3. Klik save
  4. Klik Close

Menghapus Prepayment

  1. Aktifkan jendela prepayment dari GL
  2. Klik baris yang akan dihapus
  3. Pilih menu edit/cut row atau F8
  4. Klik save
  5. Klik close



9. 7 Accruals

       Digunakan untuk menetapkan rekening pendapatan diterima dimuka serta biaya-biaya yang masih harus dibayar (utang biaya).

      Membuat Akrual

1.      Dari jendela GL klik ikon accrual

2.      Pada tabel akrual isikan informasi yang ada.

3.      Klik save

4.      Klik Clear



9. 8 Chart Of Account

       Ikon ini digunakan untk menampilkan jendela chart of account ynag digunakan utnuk pemeliharaan data struktur kode rekening.

      Mengedit Struktur Kode Rekening

  1. Dari jendela GL klik ikon chart of account
  2. Klik nama struktur kode rekening yang akan diedit
  3. Klik edit
  4. Pada area title, isikan judul struktur kode
  5. Pada area category type, isikan tmapilan yang muncul.
  6. Klik Save
  7. Clear

Menambah Struktur Kode Rekening

  1. Klik ikon chart of account
  2. Klik add
  3. Isikan struktur kode yang baru
  4. Klik OK
  5. Maka DEA akan memprosesnya



9.  9  Report

       DEA mempunyai laporan standar yang disediakan yakni : General Ledger Activity, General Ledger Journal Entries, Account Balance, Account List

      Membuat Laporan

  1. Klik ikon report
  2. Klik laporan yang diinginkan
  3. Klik output yang diinginkan
  4. Klik run
  5. Klik Ok

Mengedit Laporan

  1. Klik Laporan yang diedit
  2. Klik edit
  3. Template laporan yang anda pilih akan tampil. Dan editlah sesuai keperluan.
  4. Simpan dan keluarlah jika selesai.

























































BAB X


MODUL PURCHASE ORDERS

(PEMESANAN BARANG)



      Digunakan untuk memudahkan anda dalam mengelola dan melacak produk yang anda beli dari pemasok.

10. 1  Tujuan

1.      Dapat membuat pembelian untuk produk – produk yang dibeli.

2.      Memperbarui data produk dengan rincian pemesanan barang, melacak pesanan barang yang dibuat.



10. 2 Teori

            Pembelian digunakan dalm perusahaan untuk pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaa.  Transaksi pembelian dapat digolongkan menjadi dua: pembelian local dan impor.  Pembelian local adalah pembelian dari pemasok dalam negeri.



10. 3 Menghapus  Data PO atau Retur Pembelian

1.      Dari jendela PO, klik item ynag akan anda hapus

2.      Klik delete

3.      Jika data yang anda hapus adalah datadengan status penerimaan barang No atau partial, maka DEA akan menmapilkan kotak dialog, klik yes untuk menhapus No untuk membatalkan.

4.      Jika data yang dihapus status completed maka klik yes untuk menhapus



10. 4 Pilihan Purchase Order

        Membuat Data Pemesanan Barang

1.           Pada jendela PO klik Clear, kemudian klik ikon PO Entry Dea akan menmapilkan jendela berbentuk formulir. Tab details menunjukkan rincian dari data pemesanan barang.

2.           Pada saat pertama kali membuat data pemesanan isian order no. angka menunjukkan angka 1 anda dapat mengisikan hingga 7 digit.

3.           Secara default tanda centang akan muncul pada kotak periksa PO.

4.           Isikan informasi ynag diperlukan  dengan ketentuan yang ada.

         5.     Anda dapat mengedit data barang dari isian description

         6.     Klik Ok

         7.     Klik save

         8.     Klik Close

         Mengedit Data Pemesanan Barang

1.      Dari jendela PO klik data yang akan diedit

2.      Klik ikon PO Entry

3.      Editlah data yang anda kehendaki sesuai dengan ketentua seperti pada pembuatan data pemesanan barang.

4.      Klik save.



10. 5 Purchase Return Entry

        Mencatat Data Retur Pembelian

1.      Dari jendela PO klik tombol clear

2.      Klik ikon purchase return entry

3.      Isikan informasi-informasi berikut dengan tabel produk sesuai data yang ada

4.      Klik Ok untuk menyimpan product line

5.      Jendela PO entry akan tampil dengan isian sesuai dengan ynag anda isikan

6.      Klik save

7.      Klik close.

Menambah Rincian Retur Pembelian

1.      Dari jendela PO klik tombol clear

2.      Klik ikon purchase return entry

3.      Klik tab order details

4.      Isilah tabel yang tampil sesuai dengan informasi

5.      Klik save

6.      Klik close



10. 6  Menampilkan  Laporan

1.      Dari PO klik ikon reports.

2.      Pilih laporan yang ingin anda tampilkan dengan mengkilk pada area layout.

3.      Klik Run. DEA akan menampilkan report sebagai berikut : date, vendor, POP Order

4.      Klik Ok









 


































































BAB XI


MODUL INVOICING



            Modul ini diguankan untuk menangani transaksi penjualan barang/jasa serta rettur penjualan.  Dengan mengguankan modul ini, anda membuat bukti penjualan, faktur penjualan, dan memo kredit.



11. 1  Tujuan

1.      Menetapkan rincian produk/jasa yang dijual termasuk deskripsi, harga, rekening penjualan yang terpengaruh, menentukan apakah barang/jasa tersebut dikenai pajak pada saat membuat faktur.

2.      Membuat faktur penjualan untuk barang/jasa yang telah terdaftar.

3.      Membuat faktur penagihan untuk item-item yang bukan persediaan barang misalnya pengangkutan dan pengepakan.



10. 2 Teori

            Dalam perusahaan yang menggunakan metode buku (perpetual) untuk pencatatan persediaan, retur penjualan menimbulkan masalah tersendiri.  Bila retur penjualan sering terjadi perlu dibuatkan reeking cadanan retur penjualan.  Saldo rekening cadang retur penjualan ini dalam neraca akan dicantumkan mengurangi piutang.



10. 3 Menghapus Data Faktur atau Memo Kredit

1.      Dari jendela invoicing klik faktur atau memo kredit yang akan dihapus

2.      Klik tombol delete, DEA akan menampilkan konfirmasi peghapusan

3.      Klik yes untuk menghapus



11. 4  Product Invoices

      Membuat Faktur atau Quote

  1. Dari jendela invoicing klik tombol clear
  2. Klik tombol product invoices
  3. Angka pada isian invoice no. menunjukkan nomor faktur/quote dan bisa dirubah sesuai dengan faktur yang ada.
  4. Klik tombol clear
  5. Isikan informasi yang ada sesuai  dengan data perusahaan
  6. Klik Ok
  7. Isikan baris berikutnya pada faktur dengan cara yang sama.
  8. Klik save
  9. Klik close.

Mengedit Faktur atau Quote

  1. Jika anda berada pada jendela invoicing, klik faktur atau quote.  Kemudian klik ikon Product Invoice
  2. Editlah informasi yang anda inginkan.
  3. Klik save untuk menyimpan
  4. Klik Close



11. 5 Backorder

       Adlah suatu kondisi ynag muncul pada saat penjualan melebihi jumlah barang  yang tersedia untuk dijual.  Menangai produk backorder dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

1.      Ganti jumlah yang dijualdenga jumlah ynag memnuhi persediaan jika perlu.

2.      Baris ynag mempunyai kondisi backorder akan ditampilkan di faktur dengan warna merah.

3.      Klik save untuk menyimpan data

4.      Klik close untuk kembali ke jendela partial



11. 6 Service Invoices

       Mencatat Faktur Jasa atau Quote

1.      Dari jendela invoicing klik clear

2.      Klik ikon service invoice

3.      Isikan semua data sesuai dengan pedoman informasi data perusahaan.

4.      Klik save

5.      Klik close

Mengedit Faktur/Quote Jasa

1.      Dari jendela invoicing, klik baris pada faktur/quote yang akan anda edit

2.      Klik ikon service invoice

3.      Editlah informasi yang terdapat pada quote tersebut dengan penjelasan yang sama dengan cara membuat data faktur

4.      Anda juga bisa mengaktifkan faktur/quote tertentu dari kotak dialog service invoice dengan cara langsung mengisikan nivoice no. dengan nomor yang diedit.



11. 7 Pilihan Product Credit Memo

        Anda dapat menggunakan fasilitas pada pilihan ini untuk mencatat retur penjualan terhadap barang yang telah dijual ke pelanggan

      Mencatat Memo Kredit untuk Retur Penjualan Barang

1.      Dari jendela invoicing klik clear

2.      Klik Product credit

3.      Isikan informasi yang tertera

4.      Anda bisa memilih tab-tab lainnya atau clear untuk membatalkan pengisian

5.      Klik save untuk menyimpan memo kredit tersebut.

6.      Jika telah selesai klik close

Menambahkan Informasi Pengiriman Barang dan Discount Menggunakan Tab Footer Details

1.      Dari jendela invoicing pilih data product credit memo yang dikehendaki

2.      Klik ikon product credit memo

3.      Klik tab footer details

4.      Klik save

5.      Klik close



11. 8 Service Credit Memo

      Pilihan ini dapat digunakan untukmembuat dan mencatat memo kredit untuk jasa yang diberikan perusahaan anda kepada pelanggan.

     Mencatat Memo Kredit untuk Retur Penjualan Jasa

1.      Dari jendela invoicing klik clear

2.      Klik Product Credit

3.      Isikan semua informasi pada tabel yang ada.

4.      Anda bisa memilih clear atau tab yang ada untuk emmbatalkan

5.      Klik save

6.      Klik cloe



11. 9 Pilihan Update Ledger

       Digunakan untuk memposting informasi ynag terdapat dalam memo kredit atau faktur ke dalam rekening GL.

1.      Pilih faktur atau memo kredit yang akan diposting

2.      Klik ikon update ledger

3.      Klik tombol radio output yang anda inginkan

4.      Setelah itu klik Ok.



 


 












































BAB XII


MODUL FINANCIAL



            Modul ini berhubungan dengan transaksi-transaksi yang anda masukkan dalam suatu periode.

12. 1 Tujuan

1.      Menampilkan laporan audit trial, profit and loss dan nerraca

2.      Menampilkan laporan anggaran dan periode sebelumnya

3.      Menampilkan neraca saldo.



12. 2 Teori

            Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi – transaksi keuangan yang terjadi selama satu thaun buku yang bersangkutan.  Laporan keuangan ini dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas – tugas yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan.  Di samping itu laporan keunagan dpat juga digunakan untuk memenuhi tujuan – tujuan lain yaitu sebagai laporan kepada pihak –pihak di luar perusahaan.   



12. 3 Audit Trial

         Audit trial menyimpan seluruh data transaksi yang pernah dicatat oleh perusahaan dan belum dihapus.  Fasilitas ini berguna agi auditor untuk memeriksa transaksi-transaksi.

      Mencetak Audit Trial

  1. Dari jendela financial, klik ikon audit trial
  2. Berikan tanda silang pada kotak periksa landscape output jika anda ingin output dalam bentuk memanjang dan kebalikan.
  3. Pada area trail type klik tombol radio tipe audit trial yang akan anda tampilkan
  4. pada area output klik tombol radio yang diinginkan berkaitan dengan tipe output yang diinginkan
  5. Klik Run
  6. Klik Ok

12. 4 Laporan Rugi laba

      Menmapilkan Laporan Rugi Laba

  1. Dari jendela financial klik ikon Profit & Loss
  2. Pada area accounting range klik tombol radio yang anda inginkan
  3. Pada area layout pilih layout struktur kode rekening yang akan digunakan untuk menampilkan laporan rugi/laba perusahaan anda.
  4. Pada area output pilih output yang diinginkan
  5. Klik Run



12. 5 Neraca

      Menampilkan Neraca

  1. Dari jendela financial klik balance sheet
  2. Pada area accounting range klik tombol radio ynag sesuai dengan keinginan anda.
  3. Pada area layout anda bisa memilih struktur kode rekening
  4. Pada area output klik jenis output
  5. Klik Run



12. 6 Laporan Analisa Anggaran

      Menampilkan Laporan Anggaran

  1. Klik budget analysis
  2. Pada area accounting range klik tombol radio yang sesuai
  3. pada area layout pilih struktur kode rekening yang akan ditmapilkan
  4. Pada area output klik tombol radio yang diinginkan untuk menampung laporan tersebut
  5. Klik Run
  6. Klik Close



12. 7 Trial Balance/Neraca Saldo

    Digunakan untuk menampilkan neraca saldo.  Rekening yang mempunyai saldo nol tidak ditampilkan dalam neraca saldo ini.

       Menampilkan Neraca Saldo


1.      Dari jendela financial klik ikon trial balance

2.      Pada area accounting area klik tombol yang sesuai   

3.      pada area layout pilih struktur kode rekening yang akan ditmapilkan

4.      Pada area output klik tombol radio yang diinginkan untuk menampung laporan tersebut

5.      Klik Run

6.      Klik Close





































































BAB XIII


MENU PERIOD END



            Menu ini adalah fasilitas dari DEA yang disediakan untuk menangani prosedur pada akhir periode akuntansi.



13. 1  Month End

        Pilihan menu digunakan untuk pada setiap akhir bulan.  Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk memproses pembayaran dimuka, accrual, dan depresiasi secara otomatis.

      Menjalankan Prosdur Month end

1.      Pilih menu period end/Month End

2.      Aktifkan tanda cek pada pilihan yang anda kehendaki.

3.      Klik Ok untuk menjalankan prosedur Month end

4.      Jika anda memilih Ok maka DEA akan menmapilkan konfirmasi.

5.      Klik Yes  untuk meneruskan proses

6.      Setelah melakukan prosedur-prosedur di atas, untuk melengkapi prosedur Month end anda dapat mencetak laporan :

a.       Aged analysist reports

b.      Customer statements

c.       Reconsiliation bank

d.      Buku pembantu untuk pemasok, pelanggan, GL dan bank

e.       Activity report

f.       Audit trial

g.      Tial balance

h.      Profit and loss

i.        Fixed assets



13. 2 Prosedur Year End

       Prosedur ini yang harus anda pilih pada akhir periode akuntansi.  Proses yang dikerjakan mirip proses tutup buku pada sistem akuntansi manual

    Mengerjakan Prosedur Year End

1.      Pilih menu period end/year end

2.      Isikan area period, area budget area posting, area output to

3.      Kili Ok untuk meneruskan

4.      Klik Yes untuk menjalankan

5.      Close



















































BAB XIV


STUDI KASUS



  PT. Andhika Sarana adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi.  Perusahaan ini beralamat di  J. HR. Rasuna Said Blok XI Kav. 14 Jakarta Selatan 110000.  Anda diminta untuk  menyelesaikan transaksi yang ada:

 Perusahaan mempunyai delapan departemen.

Departemen

Bidang
Departemen 1
Departemen 2
Departemen 3
Departemen 4
Departemen 5
Departemen 6
Departemen 7
Departemen 8
Jual beli produk teknologi informasi
Pelatihan
Jasa teknologi informasi
Akuntansi
Pemasaran
SDM
EDP
ADM



Berikut Neraca pada tanggal 1 Desember 2005



PT. Andhika Sarana


N E R A C A

Per 1 Desember 2005



AKTIVA

Aktiva lancar

1101    Kas di tangan                        19.264.000

1102    Kas Kecil                               1.000.000

1103    Kas di BAM Bank                 120.000.000

1104    Kas di Bank Atlantis              105.000.000

1105    Surat-surat Beharga               20.000.000

1131    Piutang Dagang                      35.850.000

1133    Cad. Piutang Dagang              717.000  

                                                             35.133.000

1132    Piutang Bunga                              1.500.000

1133    Piutang Karyawan                        2.368.000

1134    Piutang Wesel                               3.950.000

1135    Piutang Lain-lain                            1.350.000

1151    Bahan Habis Pakai                        1.200.000

1171    Persediaan barang dagangan         85.750.000

1191    Asuransi dibayar dimuka                 3.900.000

1195    Pembayaran dimuka lain-lain          1.950.000

1211    Investasi Jangka Pendek               10.500.000

1212    Investasi Saham                            15.640.000

1213    Dana untuk pelunasan obligasi       10.000.000

            Total Aktiva Lancar                   438.505.000



Aktiva Tetap

1231    Peraltan Kantor                       8.000.000

1232    Akm. Dep. Peraltan kantor     2.500.000

                                                                        5.500.000       

1251        Komputer                                116.900.000

1252        Akm. Dep. Komputer             10.800.000
                                                                        106.100.000

1271    Kendaraan                               20.000.000

1272    Akm. Dep. Kendaraan                        5.500.000       

                                                                           14.500.000

1291    Bangunan                                100.000.000

1292    Akm. Dep. Banguann             25.000.000

                                                              75.000.000

1311    Tanah                                      125.000.000

            Total Aktiva Tetap                  326.100.000

            TOTAL AKTIVA                      764.605.000

PASIVA

Utang Lancar

2101    Utang Dagang                    54.500.000

2102    Utang bunga                       17.650.000

2103    Utang gaji                           18.650.000

2104    Utang PPN                        8.500.000

2105    Utang PPH                       6.340.000

2106    Utang wesel                                  6.400.000

2107    Pendapatan diterima dimuka           23.575.000

2108    Sewa diterima dimuka                     19.750.000

2109    Utang Biaya Lain-lain                       15.305.000

2110    Utang Lain-lain                             28.650.000

            Total Utang Lancar                   199.320.000



Utang Jangka Panjang

2201    Utang Obligasi                       15.000.000

2202    Utang Hipotik                          18.500.000

2203    Utang Bank                           40.123.000

2204    Utang Pensiun                        15.450.000

            Total utang jangka panjang      109.713.000

            Total Utang                         309.033.000



Modal

3101    Modal saham                           262.500.000

3102    Agio                                         52.560.000

3103    Donasi                                    25.952.000

3104    Laba Ditahan                            114.560.000

            Total Modal                            455.572.000

            TOTAL PASIVA                                                                              764.605.000                                       

Kelompok rekening pendapatan:

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Penjualan
Retur Penjulaan
Pendapatan Lain
4100
4150
4200
4149
4199
4249



Kelompok Rekening Pembelian

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Cost
Retur Pembelian
5100
5150
5149
5199



Kelompok Rekening Biaya Operasi

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Biaya Penjualan
5200
5299



Kelompok Rekening Biaya Overhead

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Biaya Adm
Depresiasi
Uncleared Items
5300
5400
9998
5399
5499
9999



Kelompok Rekeing Aktiva Lancar

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Kas dan Bank
Piutang
Bahan Habis Pakai
Persediaan
Pembayaran Dimuka
Investasi
1100
1130
1150
1170
1190
1210
1129
1139
1169
1189
1209
1229





Kelompok Rekening Aktiva Tetap

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Peralatan Kantor
Komputer
Kendaraan
Bangunan
Tanah
1230
1250
1270
1290
1310
1249
1269
1289
1309
1329



Kelompok Rekening Utang

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Utang Lancar
Utang Jangka Panjang
Suspense Account
2100
2200
9999
2199
2299
9999



Kelompok Rekeing Modal

Sub kelompok
Mulai dari
Sampai
Modal
3100
3199



Berikut informasi mengenai daftar rekening berdasarkan struktur kode diatas:



1101        Kas di tangan

1102        Kas kecil

1103        Kas di BAM Bank

1104        Kas di Bank Atlantis

1105        Surat berharga

1131        Piutang dagang

1132        Piutnag Bunga

1133        Piutnag karyawan

1134        Piutang wesel

1135        Piutang lain-lain

1136        Cad. Kerugian piutnag

1151    Bahan habis pakai

1171    Persedian barang dagangan

1191        Asuransi dibayar dimuka

1192        Sewa dibayar dimuka

1195        Pembayaran dimuka lain-lain

1211        Investasi jangka pendek

1212        Investasi Saham

1213        Dana untuk pelunasan obligasi

1231        Peralatan Kantor

1232        Akm. Dep. Peraltan kantor

1251      Komputer

1252      Akm. Dep. Komputer

1271        Kendaraan

1272        Akm. Dep. Kendaraan

1291        Bangunan

1292        Akm. Dep. Bangunan

1311        Tanah

2101        Utang dagang

2102        Utang bunga

2103        Utnag gaji

2104        Utang PPN

2105        Utang  PPH

2106        Utang Wesel

2107        Pendapatan diterima dimuka

2108        Seewa diterima dimuka

2109        Utang biaya lain-lain

2110        Utang lain-lain

2201          Utang Obligasi

2202          Utang hipotik

2203          Utang pensiun

2204          Utang jnagka panjang

3101          Modal saham

3102          Agio/Disagio saham

3103          Donasi

3104          Laba ditahan

4101          Penjualan barang

4102          Jasa / pelatihan

4103          Pendapatan jasa angkutan

4104          Potongan penjualan

4151          Retur barnag

4152          Retur Jasa

4202          Pendapatan bunga

4203          Laba penjualan aktiva tetap

4204          Pendapatan lain-lain

5101      Cost barang terjual

5102      Potongna pembelian

5103      Biaya angkut pembelian

5104      Pajak pembelian

5151      Retur pembelian

5201      Gaji wiraniaga

5202      Komisi penjualan

5203      Biaya sewa etalase

5205  Biaya iklan dan promosi

5206  Kerugian piutang

5207   Biaya oiperasi lain-lain

5301      Biaya gaji pegawai

5302      Biaya asuransi

5303      Biaya listtrik

5304      Biaya telepon

5305      Biaya adm

5306      Biaya bunga

5307      Biaya overhead lain-lain

5401      Dep. Peralatan kantor

5402      Dep. Komputer

5403      Dep. Kendaraan

5404      Dep. Bangunan

9998      Misposting Account

9999      Suspense account



Kebijakan Akuntansi


1.      Persediaan dicatat berdasarkan harga perolehan metode FIFO

2.      Perusahann menetapkan syarat pembayaran 2/10 – n/30

3.      Periode akuntansi pada 1 januari berakhir 31 desember tahun yang sama

4.      Cad. Kerugian piutang 2%

5.      Perusahaan menggunakn sistem imperest untuk kas kecil



Aktiva Tetap


Kode
Deskripsi
Kategori
Tgl. Pembelian
T01
T02
K01
K02
KM01
KM02
KM03
B01
P01
P02
Tanah-Sudrman
Tanah-M.H. Thamrin
Mobil  B 4256 XY
Sepeda Motor B 99888 ZZ
Server 1 unit
Workstation 10 unit
Printer 6 unit
Bangunan – M.H. Thamrin
OHP – 3 unit
Meubel
Tanah
Tanah
Kendaraan
Kendaraan
Komputer
Komputer
Komputer
Bangunan
Peralatan Kantor
Peralatan Kantor
25 Agustus 2005
19 April 1997
30 Januari 2002
1 September 1998
03 September 2005
03 September 2005
03 September 2005
21 April 1998
23 Februari 2002
30 November 2005



Kode
Dept
Cost
Met. Depr
Tarif. Depr
Akm. Depr
T01
T02
K01
K02
KM01
KM02
KM03
B01
P01
P02
8
8
5
5
7
7
7
8
8
8
50.000.000
75.000.000
17.500.000
2.500.000
14.800.000
65.500.000
36.600.00
100.000.000
7.000.000
1.000.000
-
-
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
Garis Lurus
-
-
12.5%
12.5%
25.0%
25.0%
25.0%
5.0%
25.0%
25.0%
-
-
3.500.000
2.000.000
1.800.000
5.000.000
4.000.000
25.000.000
1.750.000
0



Rekening yang berkaitan:

Kode
Kode Rek. Akm. Depr
Kode Rek. Depr
K01
K02
KM01
KM02
KM03
BJ01
P01
P02
1272
1272
1252
1252
1252
1292
1232
1232
5403
5403
5402
5402
5402
5404
5401
5401



Pelanggan/customer (dalam ribuan rupiah)


Kode
C-01
C – 02
C – 03
C – 04
C – 05
C – 06
C - 07
Nama
PT. Cipta Mulia
PT. Wahana Surya
PT. Satriani
Pt. Kencana Purnama
PT. Progressindo
PT. Delta Rekayasa
Penjulana Tunai
Alamat
Jl. AX1
Jl. AC 2
Jl. AD 3
JL.AE 4
Jl. AF5
Jl. AG 6

Kota
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta

Negara
Indo
Indo
Indo
Indo
Indo
Indo

Kontak
Tn. W
Tn.V
Mr. R
Mr. U
Mss.T
Sdr. SS

Kode Pos
10160
10150
10730
11430
2250
30056

Telp
125782
12358
12387
8761
00165
89531

Batas Kredit
15.000
15.000
18.500
17.500
17.500
20.000




Saldo awal piutang

Kode
Saldo awal piutnag
C – 01
C – 02
C – 03
C – 04
C – 05
C – 06
C - 07
5.500.000
9.750.000
5.750.000
6.850.000
4.500.000
3.500.00
-



Pemasok/vendor

Kode
V-01
V – 02
V – 03
V – 04
V– 05
V – 06
V - 07
Nama
PT. KKK
PT. OOO
PT. MMM
PT. PPPP
PT. AAAAA
PT. SSSS
Pembelian Kredit
Alamat
Jl. AX1
Jl. AC 2
Jl. AD 3
JL.AE 4
Jl. AF5
Jl. AG 6

Kota
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta
Jakarta

Negara
Indo
Indo
Indo
Indo
Indo
Indo

Kontak
Tn. W
Tn.V
Mr. R
Mr. U
Mss.T
Sdr. SS

Kode Pos
10160
10150
10730
11430
2250
30056

Telp
125782
12358
12387
8761
00165
89531

Batas Kredit
25.000
20.000
22.500
25.000
50.750
42.000




Saldo awal Utang

Kode
Saldo awal piutnag
V – 01
V– 02
V – 03
V – 04
V – 05
V – 06
V - 07
12.500.000
5.400.000
6.600.000
8.000.000
16.000.000
6.000.000
-



Barang


Nomor
Kategori
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Personal Computer
Monitor
Motherboard
Hardisk
Printer
Scanner
Display Card
Multimedia
Lain-lain



Rinciannya: (dalam ribuan rupiah)

Kode
B-01
B-02
B-03
B-04
B-05
B-06
Deskripsi
MixIT Pro 21
Mix IT Server Pro
TechnoGold 21”
Goprint 293 Acc
Axi 41006 Mi
DigitAge 2,4 GB
Kategori
1
1
2
5
3
4
Lokasi
R-1
R-1
R-2
R-2
R-2
R-3
Pemasok
PT.K
PT. L
PT. M
PT. N
PT. O
PT. V
Harga Jual
6.500
7.500
1.250
425
550
615
Kena Pajak
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Satuan
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Reorder Level
2
2
5
5
5
5
Jumlah Reorder
5
5
10
15
20
25



Kode
B-07
B-08
B-09
B-10
B-11
B-12
Deskripsi
OptiScan 4193
PrefectDisplay 64
Meta 2507+ Remote
UPS Victory
CD ROM
Modem External Modex
Kategori
6
7
8
9
8
9
Lokasi
R-4
R-4
R-3
R-4
R-3
R-4
Pemasok
PT.Q
PT.R
PT. S
PT. T
PT.U
PT. Y
Harga Jual
750
350
250
850
275
425
Kena Pajak
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Satuan
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit
Reorder Level
5
5
5
5
5
5
Jumlah Reorder
10
20
10
10
10
10







Barang ynag masih ada:

Kode
Jumlah satuan
Cost
Cost Total
B-01
B-02
B-03
B-04
B-05
B-06
B-07
B-08
B-09
B-10
B-11
B-12
5
4
8
7
6
8
9
6
7
8
7
8
4.990.000
6.000.000
1.000.000
300.000
400.000
500.000
700.000
300.000
200.000
800.000
200.000
375.000
24.950.000
24.000.000
8.000.000
2.100.000
2.400.000
4.000.000
6.300.000
1.800.000
1.400.000
6.400.000
1.400.000
3.000.000



Jasa

Nomor
Kategori
10
11
12
13
Sistem Operasi
Pemrograman
Aplikasi
Lain – lain - pelatihan



Kode

T-01
T-02
T-03
T-04
T-05
T-06

Deskripsi

Introduction Linux
Database Prog
Office Automation
Internet Dasar
UNIX System
JAVA-Dasar
Kategori
10
11
12
13
10
11
Harga Jual
1.250.00
750.000
750.000
500.000
1.500.000
500.000
Kena Pajak
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Satuan
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang



Transaksi

  1. 1 Desember perusahaan menjual secara tunai barang-barnag berikut ini: 4 unit MiixIT Pro 21, 2 unit scanner OptiScan 4193, 1 unit printer GoPrint 293 Acc
  2. 1 Desember untuk memperluas pasar, perusahaan menyewa etalase pada suatu mal. Biaya sewa etalase Rp 1.200.000
  3. 2 Desember PT. Progresindo membeli 2 unit komputer MixIT Server Pro secara tunai. Barang diantar 4 Desember, dibayar separo harga sisa dibayar pada saat barang diterima
  4. 2 Desember Perusahaan menerima angsuran piutnag dari PT. Cipta Mulia sebesar Rp 1.000.000 disetor ke rekening Bank Bali.
  5. 3 Desember perusahaan memesan 2 unit Mis IT Pro 21 kepada pemasok (PT. OOO)
  6. 3 Desember Karyawan meminjam uang atas nama Neno Rp 1.750.000. Pada hari ini, diterima juga cicilan pembayaran piutnag dari karyawati Sdr. Utari sebesar Rp 200.000
  7. 4 Desember  Perusahaan mengirimkan 2 unit komputer MixIT Server Pro ke PT> Progressindo (transaksi 2 Desember).  Perusahaan juga menerima pelunasan atas transaksi tersebut.
  8. 4 Desember Dibeli bahan habis pakai dengan menggunakan kas kecil (SPMU-001) sebesar Rp 300.000
  9. 5 Desember menerima pembayaran uang muka atas jasa instalasi jaringan komputer pada PT. OOO sebesar Rp 200.000 Total nilai transaksi sebesar Rp 400.000, sisanya akan diterima berikutnya pada tanggal 8 Desember.
  10.  8 Desember Menyelesaikan jasa instalasi LAN pada PT. OOO serta menerima pelunasan transaksi tersebut sebesar Rp 200.000