Friday, 14 April 2017

Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU)

Loading...
Matadunia.id - Selamat malam pengunjung setiap Mata Dunia....!!! pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa soal dan pembahasannya yang biasa digunakan untuk mengetahui tingkat intelegensi seseorang. Tes Intelegensi Umum (TIU) biasanya digunakan untuk menyeleksi calon PNS, calon karyawan dan lain sebagainnya.

Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU)
Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU)
Baiklah tanpa perlu panjang lebar, silahkan simak beberapa soal tes intelegensi umum berikut ini. Semoga dapat menjadi latihan bagi anda yang ingin mengikuti tes.

Kemampuan Verbal 
  Sinonim/Persamaan Kata
1.        Akurat : saksama
2.       Alternatif : cara lain
3.       Algoritma : prosedur pemecahan
4.       Ambiguitas : makna ganda
5.        Aporisma : maksimal
6.       Bagak : pemberani
7.        Bibliografi : daftar pustaka
8.       Boga : makanan nikmat
9.       Bonafide : dapat dipercaya
10.     Bonanza : sumber kesenangan
11.      Bonus : Hadiah
12.     Bubut : cabut
13.     Bulat : bundar
14.     Canggih : sophisticated
15.     Class : group
16.     Dedikasi : pengabdian
17.     Dehidrasi : kehilangan cairan tubuh
18.     Delik : pelanggaran hukum
19.     Distorsi : penyimpangan
20.    Donasi : Kontribusi
21.     Ekamatra : fisika
22.    Eklips : gerhana
23.    Ekskavasi : penggalian
24.    Eksodus : pengusiran
25.    Elaborasi : penjelasan terperinci
26.    Evokasi : menggugah rasa
27.    Friksi : desakan
28.    Gaji : honor
29.    Galat : Keliru
30.    Gasal : ganjil
31.     Genjah : Cepat berbuah
32.    Hayati : hidup
33.    Hibrida : bibit unggul
34.    Hukuman : denda
35.    Identitas : ciri-ciri
36.    Insinuasi : sindiran
37.    Insomnia : tak bisa tidur
38.    Interpelasi : hak bertanya
39.    Iterasi : perulangan
40.    Izin : biar
41.     Kampiun : Juara
42.    Kleptofobia : takut kecurian
43.    Kolusi : kongkalikong
44.    Kontras : perbedaan nyata
45.    Konvensi : kesepakatan
46.    Koordinator : ketua
47.    Latif : indah
48.    Liga : perserikatan
49.    Mobilitas : gerak
50.    Mukjizat : karamah
51.     Negosiasi : perundingan
52.    Nuansa : perbedaan makna
53.    Otodidak : maju dengan belajar sendiri
54.    Porto : biaya
55.     Promosi : Kenaikan pangkat
56.    Proteksi : perlindungan
57.     Promovendus : calon doktor
58.    Provokasi : pancingan
59.    Rabat : potongan
60.    Registrasi : pendaftaran
61.     Residu : sisa 
62.    Serebrum : otak besar
63.    Sine Qua Non : harus ada
64.    Tangkal : cegah
65.    Tuna Grahita : cacat mental
66.    Virtual : nyata
67.    Zenit : puncak

sebagian sinonim bisa di cek di KBBI,biasanya di arti kata ada clue clue gitu :)
ga punya KBBI??? santai aja...ada 
KBBI ONLINE

Antonim/lawan kata
1.        Abadi >< fana
2.       Absurd >< masuk akal
3.       Amal >< mal
4.       Amatir >< kampiun
5.        Anggara >< jinak
6.       Antipati >< simpati
7.        Apriori >< aposteriori
8.       Asli >< duplikat
9.       Bukit >< lembah
10.     Bulat >< oval
11.      Canggih >< sederhana
12.     Cucu >< kakek
13.     Curang >< sportif
14.     Deduksi >< Induksi
15.     Ekletik >< tidak pilih-pilih
16.     Ekspresi >< impresi
17.     Elastis >< kaku
18.     Fonem >< Morfem
19.     Gegai >< kuat
20.    Ibu >< anak
21.     Kebijakan >< kecerobohan
22.    Khas >< umum
23.    Konkaf/cekung >< konveks/cembung
24.    Konklusif ><proposisi
25.    Legislatif >< Eksekutif
26.    Longgar >< sempit
27.    Makar >< jujur
28.    Mandiri >< bergantung
29.    Monoton >< berubah-ubah
30.    Muskil >< mungkin
31.     Nomadik >< Menetap
32.    Pasti >< spekulasi
33.    Perintis >< pewaris
34.    Pertemuan >< perpisahan
35.    Prominen >< biasa
36.    Rawan >< aman
37.    Sekarang >< esok
38.    Sekuler >< keagamaan
39.    Sporadis >< kerap
40.    Takzim >< acuh
41.     Teks >< konteks
42.    Tetiran >< asli
43.    Tinggi >< rendah
44.    Universal >< parsial
45.    Vokal >< konsonan
antonim juga bisa di cek di  KBBI ONLINE...tinggal liat aja artinya apa..trus cari lawan kata yg cocok :)

Analogi / padanan hubungan kata
1.        adagio : allegro (antonim)
o    Lambat : Cepat
2.       Air : Es (air didinginkan jadi es)
o    Uap : Air (uap didinginkan jadi air)
3.       Air : Haus (kalo haus minum air)
o    Makanan : Lapar
4.       Air : Menguap (air dipanaskan akan menguap)
o    Es : Mencair
5.        Apoteker : Obat (apoteker meracik obat)
o    Koki : Masakan (koki meracik masakan)
6.       Bangsa : Ethnologi (ilmu yang mempelajari bangsa ethnologi)
o    Penyakit : Patologi 
o    Ramalan : astrologi
7.        Belajar : Pandai (belajar agar pandai)
o    Berpikir : arif (berpikir agar arif)
8.       Bunga : Buket (kumpulan bunga yg dirakit jadi satu namanya buket)
o    kertas : buku
9.       Bunga : taman (bunga ada di taman)
o    Dosen : universitas)
10.     Burung : terbang : udara (burung dapat terbang di udara)
o    Ikan : berenang : air
11.      Busur : Garis ( busur bengkok, garis lurus)
o    Busur : Panah
12.     Desibel : suara (satuan suara itu desibel)
o    Volt : Listrik (satuan listrik  itu volt)
13.     Gelombang : Ombak (Gelombang kalo kecil namanya ombak)
o    Gunung :Bukit (gunung kalo kecil namanya bukit)
14.     Gundul : Rambut (Gundul karena tidak punya rambut)
o    Bugil : Pakaian
15.     Janji : Bukti (janji harus disertai bukti)
o    Ucapan : Tindakan (ucapan harus disertai tindakan)
16.     Kaka Tua : Merpati (sama2 burung)
o    Gurame : kakap (sama2 ikan)
17.     Kampung : Sawah (dikampung banyak sawah)
o    kota : gedung (dikota banyak gedung)
18.     Kendaraan : Mobil (mobil adalah salah satu jenis kendaraan)
o    Orang : Pemuda
19.     Koran : Makalah : Buletin (sama2 media cetak)
o    Bus : Kereta Api : Delman
20.    Kosong : Hampa (sinonim)
o    Cair : encer
21.     Kulit : sisi
o    atap : genteng
22.    Laba : Penjualan
o    Keberanian : Kemenangan
23.    Lampu : Gelap (tidak ada lampu maka gelap)
o    makanan : lapar
24.    Macan : Belang (macan memiliki belang)
o    Gajah : Gading
25.    Marah : cemburu (marah karena terlalu cemburu)
o    Tidak toleransi : fanatik
26.    Mata : telinga
o    Lidah : Hidung
27.    Matahari : bumi (matahari dikelilingi bumi)
o    bumi : bulan
28.    Matahari : terang (ada matahari jadi terang)
o    Api : Panas (ada api jadi panas)
29.    Merah : Mawar (merah adalah warna bunga mawar)
o    Putih Melati
30.    Mulut : Monyong ( mulut monyong itu kurang indah)
o    Hidung : pesek
31.     Pedas : cabai (cabai rasanya pedas)
o    Manis : sakarin
32.    Penghormatan : jasa (berjasa akan diberi penghormatan)
o    Insentif : prestasi
33.    Pelukis : gambar (hasil karya pelukis adalah gambar)
o    komponis : lagu
34.    Petunjuk : Afirmasi (diberi petunjuk saja tidak cukup, harus di beri afirmasi)
o    Didenda : ditahan
35.    Pilot : Pesawat
o     Supir : Mobil
36.    Presiden : negara (presiden memimpin negara)
o    ayah : keluarga
37.    Rumput : Lapangan (rumput ada di lapangan)
o    bintang : langit
38.    Sarung tangan : Petinju (Petinju menggunakan sarung tangan saat bekerja)
o    Mikroskop : Bakteriolog 
39.    Seminar : sarjana 
o    Perpustakaan : Peneliti
40.    Serut : Kayu (serut adalah alat yang digunakan untuk kayu)
o    cangkul : kebun
41.     Siswa : belajar (tugas utama siswa belajar)
o    ilmuwan : meneliti (tugas utama ilmuwan meneliti)
42.    Suap : Politik (dalam politik dilarang suap)
o    Contok : Ujian
43.    Sungai : Jembatan ( melewati sungai, cari jembatan)
o    Masalah : jalan keluar (melewati masalah, cari jalan keluar)
44.    Susu : Gelas (susu wadahnya gelas)
o    bubur : piring
45.    Tajam Tumpul (antonim)
o    Dekat : Jauh
46.    Tape : ragi
o    antiseptik : iodium
47.    Teluk : Laut
o    Semenanjung : daratan
48.    Tembakau : Rokok : Isap ( tembakau bahan baku rokok, rokok diisap)
o    Gandum : Roti : Makan
49.    Tiang : Kokoh (tiang yang bagus adalah yang kokoh)
o    Atap : terlindung
50.    Tubuh : Pakaian (tubuh dilindungi dg pakaian)
o    Buku : Sampul
51.     Tukang : gergaji : palu (tukang menggunakan gergaji dan palu saat kerja)
o    Montir : obeng : tang
52.    Tuntunan : santunan
o    Permintaan : Pemberian
53.    Uang : Pundi-pundi 
o     air : tempayan
54.    Ulat : kepompong : kupu2 (siklus hidup kupu2)
o    bayi : kanak2 : remaja
55.     Umum : Lazim (sinonim)
o    Langsing : ramping

Tips dan Trik
1.        Tes Persamaan Kata (Sinonim)
o    jangan pilih kata yang punya bunyi mirip dengan soal...karena sebagian besar itu salah (ga semua ya, sebagian besar,hehe)
o    misal soalnya APORISMA , 
o    pilihan gandanya a. APRIORI    b. Maksimal    c. Bentuk    d. pendekatan    e. PRIMA
o    nah jawaban A dan E ini kan mirip ama soalnya, jadi mending pilih antara C,D dan E :)
2.       Tes Lawan Kata (Antonim)
o    amati pilihan jawabannya, cari jawaban yang berlawanan, jawaban sering berada pada salah satu dari dua kata yang berlawanan tersebut
§  Contoh : Khas??? a. khusus   b.wabil khusus   c.inklusif   d.ekslusif   e.umum
o    Untuk kata-kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal
§  contoh : 
§  Konkaf??? a.konveks   b.optik  c.lensa   d.cekung   d.konveksi
§  Antipati??? a.melawan   b. setuju   c.lekas mati   d.simpati   e.bertahan hidup
o    hati2...diingat2 bahwa yang kamu kerjain itu, antonim, bukan sinonim...soalnya kebanyakan peserta tergesa2 trus kan pertanyaan sinonim ama antonim deketan, jadi peserta masih mikir ngerjain soal sinonim
3.       Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)
o    temukan kata kunci / hubungan khusus dari kata yang diberikan
o    semakin khusus hubungan maka semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai
o    kalo udah nemuin hubungan tapi masih bingung, coba buat jadi kalimat
o    hubungan harus punya urutan yang searah, tidak di bolak balik
§  misal : Kaki : Sepatu --> kaki memakai sepatu kalo ada jawaban anting : telinga berarti salah, karena anting tidak memakai telinga...kalo ada jawaban telinga : anting baru betul

Kemampuan Numerik

Tes Pola Bilangan
1.        9-5-1-2-10-6-2-3-11-7-...
o    3
o    3? dapet darimana? loncat 4 4, 
o    jadi 9,10,11 trus 5,6,7 trus 1,2,3
2.       13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13-...-...-...
o    14-13-14
o    dapet darimana? polanya bagi jadi 4 4
o    13 14 13 14   - 11 12 11 12   - 15 16 15 16  -13 ... ... ...
o    nah ketauan kan angka kedua itu ditambahin satu dari angka pertama
o    kalo angka ke 3 dan 4 copyan dari angka ke 1 dan 2
3.       11-19-10-20-9-21-8-...-...
o    22-7
o    dapet darimana? loncat 2 2
o    11,10,9,8,7 dan 19,20,21,22
4.       5-6-7-8-10-11-14-...-...
o    polanya loncat 2 2
o    5,7,10,14,...  ditambah 2, tambah 3, tambah 4,tambah 5 dst
o    6,8,11,... sama kayak diatas
o    jawabannya 15-19
5.        ...-2-5-6-7-10-9-14
o    polanya loncat 2 2
o    ...,5,7,9 dan 2,6,10,14
o    deret pertama selalu ditambah 2, deret ke dua selalu ditambah dengan 4
o    jawabannya 3
6.       42 13 19 49 19 19 56 25 19 ... ...
o    polanya loncat 3 3 nih
o    42 49 56 ...     selalu ditambah dengan 7
o    13 19 25 ...     selalu ditambah dengan 6
o    19 19 19         tidak berubah
o    jawabannya 63, 31
7.        12 9 9 8 6 7 ... ...
o    loncat 2 2...ada dua pola
o    12,9,6,... selalu dikurangi 3
o    9,8,7,... selalu dikurangi 1
o    jawabannya 3,6
8.       G H I M N J K L M N ... ...
o    hehe saya susah kalo ngeliat huruf...jadi saya pindah dulu dari huruf ke angka
o    7 8 9 13 14 10 11 12 13 14 ... ...
o    udah keliatan kan polanya?
o    jadi jawabannya 13 14 yang berarti huruf M N
9.       A B C C D E F F F G H I I I ... ...
o    bingung?hehehe.coba kita warnain
o    A B C C D E F F F G H I I I
o    urutan selanjutnya berarti I J K L L L L L
10.     A B D B B D C B D D B D ... ...
o    dicoba dulu..baru liat jawabannya :)
o    B D B B D C B D D B D ... ...
o    urutan selanjutnya berarti E B D F B D
11.       ... ... C F E D G H I L K J M N O
o    coba kita warnanin
o    ... ... C F E D G H I L K J M N O
o    yang merah urutannya normal, yang item dibalik, jadi jawabannya A B
12.     81 64 72 56 ... ... 54 40 45 32 36
o    loncat 2 2
o    81,72,...,54,45,36  selalu dikurangi 9
o    64,56,...,40,32 selalu dikurangi 8
o    jadi jawabannya 63 48
13.     1 3 7 15 ... ...
o    perhatikan...
o    1 + 2 = 3
o    3 + 4 = 7
o    7 + 8 = 15
o    15+16=31
o    31+32=63
14.     9 9 9 6 9 3 ... ...
o    loncat 2 2
o    9,9,9,... selalu 9
o    9,6,3,.... selalu dikurangi 3
o    jawabannya 9 0
15.     12 13 ... ... 22 27
o    lihat ada 5 kali operasi dari angka pertama hingga menghasilkan angka terakhir
o    operasi pertama ditambah 1
o    operasi ke lima ditambah 5
o    berarti  13+2=15, 15+3=18, 18+4=22
16.     2 10 4 8 ... ... 8 4
o    loncat 2 2
o    2,4,...,8 selalu ditambah 2
o    10,8,...,4 selalu dikurangi 2
o    jadi jawabannya 6 6
17.     ... 34 35 39 40 44 45
o    loncat 2 2
o    ...,35,40,45 selalu ditambah 5
o    34,39,44 selalu ditambah 5
o    jadi jawabannya 30
18.     11 4 22 9 ... 14 44 19 55
o    loncat 2 2
o    11,22,...,44,55 selalu ditambah 11
o    4,9,14,19 selalu ditambah 5
o    jadi jawabannya 33
19.     5 8 16 ... ... 41 82 85
o    loncat 2 2
o    5,16,...,82 selalu dikali 2 kemudian ditambah 6
o    8,...,41,85 selalu dikali 2 ditambah 3
o    jadi jawabannya 19,38
20.    2 3 6 7 14 15 ... ...
o    loncat 2 2
o    2,6,14,... selalu ditambah bilangan genap setelah angka tersebut
o    3,7,15,...selalu dikali 2 kemudian ditambah 1
o    jadi jawabannya 30,31
21.     92 88 84 80 76 ... ...
o    selalu dikurangi 4 
o    jawaban : 72,68
22.    3 7 16 35 74 ... ...
o    dikali 2 ditambah 1, dikali 2 ditambah 2, dikali 2 ditambah 3 dst
o    jawaban : 153, 312
23.    2 3 5 7 ... ...
o    hayoo??bingung ya??ini bilangan prima :)
o    jawaban : 11,13
24.    4 7 4 7 10 7 10 ... ...
o    loncat 2 2
o    4 4 10 10 ... 
o    7 7 7 ...
o    jawaban : 7 16
25.    1 2 4 5 25 26 ... ...
o    polanya : tambahkan 1, tulis angkanya,kuadratkan untuk angka selanjutnya
o    jawaban : 676,677
26.    1 2 6 24 120 ...
o    polanya : kalikan 1, kalikan 2, kalikan 3 dst
o    jawaban : 720
27.    1 2 4 8 16 ... ...
o    polanya kalikan dengan 2
o    jawaban : 32, 64
28.    12 13 15 18 ... ...
o    pola : tambahkan 1, tambahkan 2, tambahkan 3, dst
o    jawaban 22, 27
29.    2 10 4 8 6 6 ... ...
o    loncat 2 2
o    2,4,6,...
o    10,8,6,...
o    jawaban 8,4
30.    81 64 72 56 63 48 54 40 45 ... ...
o    loncat 2 2
o    81,72,63,54,45,...
o    64,56,48,40,...
o    jawaban : 32,36  
31.     4 4 8 4 16 4 ... ...
o    loncat 2 2
o    4 8 16 ...
o    4 4 4 ...
o    jawaban : 32,4
32.    18 10 20 12 24 16 ... ...
o    loncat 2 2
o    18 20 24 ...
o    10 12 16 ...
o    jawaban 32 24
33.    0 - 1/2 - 4 1/2 - 1 1/2 - 9 - 2 1/2 ... ...
o    loncat 2 2
o    13 1/2 - 3 1/2

Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)
1.        1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =
o    bisa di kerjain pake 2 cara
o    kelompokkan 
§  (1+29)+(2+28)+...(14+16)+15=30*14+15=435
o    rumus
§  penjumlahan bilangan asli   --> ½N x (N+1)
§  (29/2)*(29+1)=435
2.       1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =
o    nah pake itungan biasa aja lebih simpel
§  1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81 = 
§  (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 = 285
3.       Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a3 – 3a2b + 3ab2 – b3 =
o    nah...berdasarkan rumus yg ada di tips n trik.. itu sama aja kayak (a-b)3 
o    jadi jawabannya (5-2)3 =27
4.       (882 + 115)² =
o    997², capek kan itungnya? buletin aja jadi 1000², nah berarti jawabannya yg mendekati 1jt, trus angka terakhirnya 9, kenapa 9? 997, 7 kuadrat kan 49
o    kalo ga yakin, trus pengen jawaban pastinya (anak stis bgt yak -___-) ubah aja jadi 
§  (1000-3)²=1jt-6rb+9=994.009
5.        Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y=
o    (Y/100)*80=32
o    Y=40

   Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y=


7.     berapakah nilai dari akar 61
o    hehe..kalo kayak gini cari aja yg mendekati...bilangan kuadrat yg mendekati adalah 64, yaitu 8 kuadrat, berarti 8 kurang dikit, cari aja di pilihan gandanya :)
8.       Jika x + y = 100 dan x/y=1/4, maka nilai x – y =
o    x/y=1/4  --> y=4x
o    x+y=100  --> x+4x=100 --> x = 20 , y = 80
o    x-y=-60
9.     12 adalah 150% dari ??
o    bikin aja (150/100)* x =12
o    x= 8
10. berapakah 6/7 dari 87,5 % ?
o    6/7  *  7/8  =6/8=0,75
11.      15 adalah 37,5% dari ?
o    3/8  * x=15
o    x=40
12. 3 itu berapa persennya 20? 
o    (3/20)* 100% =15%
13. p = 2, dan q =3 , lalu r=p² + 2pq+q², berapa pqr ?
o    r=(p+q)² =25      , 
o    pqr=2*3*25=150
14. 4,036 : 0,04 = 100,9
15. Jika x=1/16 dan y=16%, maka ...
o     x<y
o    1/16 = 0,0625   , 16%=0,16
16.  (1/4) : (3/5) adalah ...
o     5 : 12
17.  Jika a = 2  dan   b = -2 ,X=(a-b)² dan y=(b-a)², maka ...
o     x =y
18.  Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang. Setiap orang akan memperoleh bagian Rp.60.000,-. Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan jika x rupiah dibagi merata, setiap orang sekarang memperoleh Rp.50.000,-. Berapa rupiah kah x ?
o     300.000
o    x/n=60000   ,  x/(n+1) = 50000
o    n=5, x=300000
19.  Seorang pekerja dibayar Rp.800,- perjam. Dia bekerja dari pukul 8:00 sampai pukul 16:00. Dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 16:00. Jika dia memperoleh bayaran Rp.8.000,- pada hari itu, pukul berapa dia pulang?
o     pukul 8:00 sampai pukul 16:00 --> 8 jam --> 8*800=6.400
o    gaji yang didapat abis lembur 8000-6400=1600
o    gaji lembur perjam 800+(800*50%)=1200
o    waktu lembur = 1600/1200 = 1,333 jam = 1 jam 20 menit
o    jam pulang = 16.00 + 1 jam 20 menit= 17.20 



Tips dan Trik
1.      Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)
o    untuk soal2 perbandingan yang biasanya punya ciri2 pake kata "LEBIH" atau "DARIPADA", maka solusi termudahnya adalah dengan cara digambar/ditulis
o    Dalam soal-soal SILOGISME sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika anda menemui kata: 
§  Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua, maka artinya adalah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA. (jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).
§  Semua/ setiap, artinya adalah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI. (jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).
§  kalimat yang tidak didahului oleh kata 
semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA