Tuesday, 11 April 2017

Rekayasa Lalulintas

loading...
Matadunia.idSalah satu permasalahan yang selalu dihadapi di kota kota besar adalah masalah lalu lintas. Hal ini terbukti dari  adanya indikasi  angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat. Keadaan ini merupakan salah satu perwujutdan dari  perkembangan teknologi modern. Perkembangan lalu lintas itu sendiri dapat member pengaruh baik yang bersifat negative maupun yang bersifat positif bagi kehidupan masyarakat. Sebagai mana diketahui jumlah kendaraan yang beredar di tahun semakin meningkat .hal ini nampak juga membawa pengaruh terhadap keamanan lalu lintas yang semakin sering terjadi pelangaran lalu lintas yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh banyak hal tidak sekedar pengemudi kendaraan yang buruk, pejalan kaki yang kurang hati hati. Kerusakan kendaraan, rangcangan kendaraan yang cacat pengemudi, rancangan jalan dan kuranganya mematuhi rambu rambu lalu lintas. Pemakai jalan memiliki peranan yang sangat penting dan strartegis sehingga penyelengaraanya dikuasai oleh Negara dan pembinanya dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan mewujudtkan lalu lintas dan pengguna jalan yang selamat,aman, cepat, lancar dan tratur.
Rekayasa Lalulintas
Rekayasa Lalulintas

Kecelakaan lalu-lintas adalah kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian manusia atau binatang. Kecelakaan lalu-lintas menelan korban jiwa sekitar 1,2 juta manusia setiap tahun menurut who. volume kepadatan arus Lalu Lintas setiap tahunnya semakin meningkat. Selain faktor kemudahan memiliki kendaraan bermotor, pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi membuat kebutuhan akan moda transportasi semakin meningkat.

Namun, satu fakta yang cukup mengagetkan Indonesia termasuk Negara dengan angka kecelakaan Lalu Lintas tertinggi di Dunia. "Indonesia menempati peringkat ke 5 di Dunia sebagai Negara dengan tingkat kecelakaan Lalu Lintas tertinggi," jelas AKBP Djuwito Purnomo. Setiap jam setidaknya terdapat 12 kasus kecelakaan lalu lintas yang merenggut tiga korban jiwa. Sementara setiap harinya, 69 nyawa melayang di jalan raya.Sedangkan di tahun 2013 lalu terdapat 101.037 kecelakaan Lalu Lintas yang merenggut nyawa 25.157 orang. Sedangkan kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp 254 milyar lebih.

Faktor factor yang mempergaruhi kecelkaan lalu lintas
Ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadikanya kecelakaan, pertama adalah faktor manusia, kedua adalah faktor kendaraan dan yang terakhir adalah faktor jalan. Kombinasi dari ketiga faktor itu bisa saja terjadi, antara manusia dengan kendaraan misalnya berjalan melebihi batas kecepatan yang ditetapkan kemudian ban pecah yang mengakibatkan kendaraan mengalami kecelakaan. Disamping itu masih ada faktor lingkungan, cuaca yang juga bisa berkontribusi terhadap kecelakaan.

1.         Faktor manusia
            Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pula pura-pura tidak tahu.Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk, mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing gairah untuk balapan.

1.        Factor kendaraan.
            Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan.Untuk mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan, disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara reguler.

2.        Factor jalan dan lainya
Faktor jalan terkait dengan kecepatan, rencana jalan, geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan,ada tidaknya median jalan, lampu penerangan jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan. Jalan yang rusak atau berlobang sangat membahayakan penguna  jalan

3.       Faktor Cuaca

Hari hujan juga memengaruhi unjuk kerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruh karena penghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Asap dan kabut juga bisa mengganggu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan.

Usaha usaha yang dapat dilakukan dalam rangka mengurangi kecelakaan lalu lintas
1.        Memasukan pendidikan lalu lintas.
Bekerja sama dengan pemerintah polisi dapat menjalankan program pendidikan lalu lintas ke kurikulum , dalam hal ini polisi bekerja sama dengan dinas pendidikan nasional memasukan materi pendidikan lalu lintas, dalam langkah awalnya bias dilakukan dengan memasukanya ke salah satu mata pelajaran yang ada di disekolah. Dalam program tersebut polisi juga melakukan monitoring terhadap pelaksanaan program tersebut,kususnya bagi siswa siswi SD, SMP, SMA, yang masih rendah akan kesadranya untuk tertib berlalu lintas. Maksut dari program ini adalah menekankan kepada siswa siswi disekolah bahwa menaati praturan lalu lintas wajib dilakukan demi terciptanya suatu kehidupan berlalu lintas yang tertib dan teratur.

2.         Rekayasa atau manajemen lalu lintas
 Dalam rangaka melakukan rekayasa atau manajemen lalu lintas polri rapat kordinasi dengan pihak pihak terkait.  Dalam rapat tersebut polri  memaparkan daerah mana saja  yang bias diberi status khusus sebagai daerah rawan terjadinya kecelakaan akibat pengguna jalan yang sering tidak mematuhi praturan lalu lintas  dan menimbulkan kecelakaan, daerah tersebut diberi nama Black spot. Dalam hal ini polisi mengajak diskusi dinas perhubungan dan perwakilan masyarakat
daerah yang  dijadikan daerah Black spot, stelah ditetapkan daerah Black spot  tersebut polisi akan memberikan perlakuan khusus di daerah tersebut. Seperti mengadakanya patrol gabungan, survey gabungan.

3.        Mengadakanya patrol gabungan
Pihak satuan laka lantas mempunyai tugas tambahan sejak ditetapkan daerah daerah  Black spot  di sebagian daerah, dengan beberapa angota polisi yang memiliki satuan lalu lintas mengadakan patrol rutin, di daerah dimana yang ditetapkan sebagai daerah Black spot tersebut, tujuanya adalah untuk mengawasi dan menjaga daerah tersebut dari pengendara yang tidak  patuh terhadap rambu rambulalu lintas yang ada. Supaya tidak terjadi kecelakaan patroli dilakukan setiap saat selama 24 jam. Polisi juga mengajak kerjasama dengan dinas perhubungan melalui unit lalu lintas angkutan jalan  ( LLAJ ) untuk turut membantu  kegaitan patrol tersebut.

4.        Survey gabungan
Pihak kepolisian bekerja sama dengan dinas perhubungan dan dinas pekerjaan umum bina marga memiliki kegiat bersama sama untuk melakukan survey jalan untuk  melihat kondisi jalan dan juga rambu rambu  sepanjang jalur utama di wilayah daerah Black spot . survey ini bertujuan untuk melihat kondisi jalan raya, apakah yang tersedia sudah cukup atau masih butuh untuk ditambah, demi terciptanya situasi dan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman bagi para pengunanya .