10 Jenis Makanan dan Minuman Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Matadunia – Makanan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk manusia. Jangankan manusia, semua mahluk hidup seperti binatang dan tumbuhan pasti membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Makanan merupakan hal yang paling dekat dengan kita.

Setiap hari ada banyak sekali jenis makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Kita tentunya sebagai manusia bebas untuk memilih makanan apa saja yang akan kita makan sesuai selera. Namun diantara banyak makanan dan minuman yang kita pilih pastinya ada beberapa diantaranya yang kurang baik untuk di konsumsi dan bisa menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan tubuh.

Pada artikel kali ini, admin ingin sedikit berbagi mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan dan wajib kalian perhatikan diantaranya adalah :

1. Daging Babi

daging babi

Bacon ataupun daging babi jadi salah satu santapan kesukaan di Amerika Serikat. Tampaknya, daging babi memiliki nitrat serta nitrit, ialah senyawa yang sangat erat kaitannya dengan kanker serta penyakit leukimia ataupun kanker darah.

Selain itu, di dalam agama islam sudah jelas bahwa mengkonsumsi daging babi hukumnya haram. Kandungan berbahaya lainya yang terdapat dalam daging babi adalah lemaknya yang tergolong lemak tak jenuh yang sangat tinggi kadar sodiumnya dan menjadi penyebab penyakit tekanan darah tinggi.

2. Alkohol

minuman beralkohol

Sudah jelas jika seseorang mendengar kata alkohol pasti yang ada di dalam fikirannya adalah sebuah minuman yang tidak baik untuk di konsumsi. Memang pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar mengingat alkohol juga memiliki manfaat bahkan bisa di jadikan obat jika menggunakannya secara bijak dan takaran yang sesuai.

Salah satu dampak negatifnya yaitu saat minuman beralkohol masuk ke dalam tubuh, hati akan berkerja lebih keras untuk memroses alkohol. Bahaya alkohol ini bisa membuat hati hadapi peradangan serta merangsang timbulnya kendala, semacam penimbunan lemak di hati, sirosis, hepatitis alkoholik, sampai kanker hati.

3. Makanan Instan

makanan instan

Sudah tidak asing lagi jika makanan yang berbentuk instan mengandung banyak dampak buruk bagi kesehatan di dalam tubuh. Salah satu makanan simple atau instan yang sering di konsumsi dan bahkan paling banyak di sukai oleh setiap orang khususnya di indonesia adalah mie instan.

Baca Juga  11 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba

Walaupun sudah tau kurang baik bagi kesehatan namun kebanyakan orang masih saja mengkonsumsi makanan yang satu ini, karena menganggap tidak ada efek apa-apa yang terasa. Ya, Karen dampak yang di timbulkan akan terasa di suatu hari nanti dan tidak secara langsung. Makanan yang di kemas secara instan umumnya mengandung zat pengawet. Hal tersebut lah yang menjadikan makanan instan ini berbahaya.

4. Coklat

coklat

Coklat di percaya memiliki manfaat yang bagus terutama bagi orang yang sedang merasa sedih. Memang ada benarnya juga, namun tetap saja coklat ini mengandung kadar gula yang banyak sehingga bisa menimbulkan dampak negative bagi kesehatan jika mengkonsumsinya terlalu banyak.

Mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Sebab cokelat bersifat asam dan makanan asam dapat meningkatkan asam di perut Anda yang menyebabkan masalah asam lambung, serangan mulas, hingga menyebabkan radang lambung yang meradang.

5. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Banyak yang sudah mengetahui bahkan sudah tidak asing lagi kalau sebuah minuman yang mengandung soda tidak baik bagi kesehatan tubuh. Minuman bersoda dapat mengusik kesehatan badan disebabkan terdapatnya isi yang tidak menyehatkan. Bahaya minuman bersoda ini berasal dari bahan- bahan yang digunakan semacam pemanis, perona, serta pengawet.

Tidak hanya bisa menimbulkan kegemukan, minum soda tiap hari pula hendak tingkatkan resiko seorang menderita sindrom metabolik, kendala kandungan gula darah, tekanan darah besar serta kandungan kolesterol besar yang bisa tingkatkan resiko serbuan jantung.

6. Gorengan

gorengan

Biasanya makanan yang satu ini banyak di gemari oleh masyarakat, bahkan tak jarang orang mengkonsumsinya hampir setiap hari. Mungkin Karen belum mengetahui bahaya dari mengkonsumsi gorengan setiap hari.

Ternyata makanan yang satu ini tidak bisa di anggap remeh. Sebagian riset menemukan ikatan antara makan gorengan serta resiko penyakit kronis. Secara universal, makan lebih banyak santapan yang digoreng berhubungan dengan resiko penyakit jantung.

Selain itu pastinya jika membeli gorengan dari penjual yang berada di pinggir jalan bisa saja menggunakan minyak dengan beberapa kali. Dan itu sudah pasti. Biasanya selama minyak masih terlihat layak untuk di gunakan pasti tidak akan di ganti. Dan pastinya minyak dengan beberapa kali penggunaan sangat tidak baik bagi kesehatan.

7. Permen dan Manisan

permen dan manisan

Jika kamu salah satu orang yang sering mengkonsumsi makanan manis yang satu ini sebaiknya agak di kurangi. Biasanya masalah yang paling umum terjadi di rasakan oleh orang saat mengkonsumsi banyak permen atau manisan adalah sakit gigi.

Baca Juga  5 Rekomendasi Kuliner Seblak di kota Bandung yang Wajib Kalian Coba

Ya, hal itu semua memang benar apa adanya. Kandungan gula pada sebuah permen memang sangat berbahaya bagi kesehatan gigi bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan kerusakan gigi permanen.

8. Saus Kemasan

saus kemasan

Apakah kamu salah satu orang yang suka dengan pedas? Jika iya, pastinya kamu sering mengkonsumsi saus. Terlebih lagi jika saus kemasan. Ternyata saus kemasan yang biasa kamu konsumsi memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Tanpa disadari, saus tomat serta sambal kemasan merupakan sumber natrium yang besar.

Alasannya, saus kemasan telah ditambahkan banyak garam yang memiliki natrium. Dari Food Standards Agency( FSA), ialah badan pengawas santapan di Inggris, santapan yang tercantum besar garam memiliki 0, 5 hingga 0, 6 gr natrium per 100 gr. Sebaliknya saus botolan memiliki sampai 1, 2 gr natrium per 100 gr. Mengkonsumsi banyak garam dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

9. Popcorn Panggang

popcorn panggang

Popcorn merupakan salah satu cemilan yang banyak di sukai oleh masyarakat. Biasanya cemilan ini menjadi teman saat sedang menonton televise atau menonton film di bioskop.

Namun ternyata, dibalik itu semua popcorn menyimpan sebuah kandungan yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak buruk yang ditumbulkan dari mengkonsumsi popcorn terlalu sering adalah gangguan pada pencernaan. Karena pasalnya popcorn dapat mengiritasi saluran pencernaan.

10. Daging Olahan

daging olahan

Ada banyak sekali daging olahan yang ada di sekitar kita bahkan mungkin sering kita konsumsi. Salah satu contoh olahan daging yaitu berupa sosis atau kornet. Ternyata di dalam daging olahan ini memiliki banyak sekali zat berbahaya yang tidak kita sadari.

Zat yang sangat beresiko yang ada pada daging olahan yaitu nitrat serta nitrit. Pada suhu tinggi, zat ini dapat mengikat amina sehingga dapat membentuk nitrosamin. Nitrosamin inilah yang bersifat karsinogenik yang dapat memicu kanker, diantaranya Kanker usus besar/ kanker kolon.

Maka dari itu jika kamu sering mengkonsumsi daging olahan, ada baiknya untuk mengurangi mengkonsumsi makan tersebut. Terlebih lagi jika kamu sering mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak setiap hari.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

kuliner seblak bandung

5 Rekomendasi Kuliner Seblak di kota Bandung yang Wajib Kalian Coba

Matadunia – Seblak merupakan salah satu jajanan yang paling populer dan banyak disukai oleh masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *