10 makanan khas bandung

10 Makanan Terfavorit Khas Bandung Yang Wajib Kalian Coba

Posted on

Matadunia – Bandung mempunyai ratusan destinasi wisata yang keren. Mulai dari spot wisata alam, museum, sampai tempat melancong belanja. Tetapi bukan cuma sebab itu saja yang membuat Bandung jadi salah satu tujuan wisata kesukaan traveller luar serta dalam negari.

Kulinernya yang istimewa jadi alibi lain buat mendatangi kota ini. Santapan khas Bandung memanglah diketahui sangat bervariasi serta mempunyai cita rasa yang besar. Tetapi demikian, kalian tidak perlu menyiapkan duit banyak buat dapat merasakannya.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi kota Bandung, Pada artikel kali ini admin ingin memberikan beberapa rekomendasi makanan khas bandung yang menjadi banyak favorit orang dan bisa kamu coba saat berada di Bandung diantaranya adalah :

1. Seblak

Sudah pasti makanan yang satu ini wajib sekali untuk kamu coba saat berada di kota Bandung. Karena seblak sendiri pertama di buat oleh seseorang yang berasal dari bandung. Selain itu, seblak buatan Bandung memiliki rasa yang khas.

Terdapat sebagian tempat asik buat merasakan seblak, tetapi salah satu yang layak untuk direkomendasikan yaitu Seblak Jebred yang mempunyai bonus ceker di isiannya, di tambah tahu krispi, sosis serta kikil. Selain memiliki rasa yang enak, makanan yang satu ini juga layak untuk di rekomendasikan karena harganya yang terbilang murah.

seblak bandung

2. Serabi

Untuk makanan yang selanjutnya tak kalah enak dan wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke kota Bandung. Serabi merupakan sebuah makanan yang terbuat dari santan dan tepung beras yang dimasang menggunakan cetakan khusus yang di letakan di atas bara api. Surabi memiliki rasa asin dan biasanya di beri toping oncom di atasnya. Namun seiring berjalannya waktu serabi sudah memiliki banyak rasa dan toping yang beraneka ragam. Bahkan tidak sedikit juga serabi yang memiliki rasa manis.

3. Colenak

Colenak merupakan sebuah makanan yang terbuat dari peuyeum. Proses pembuatannya menggunkanan sistem di bakar. Dengan tambahan sedikit sambal yang terbuat dari parutan kelapa dan dicampur dengan gula merah menjadikan makanan khas bandung yang satu ini terasa sangat manis dan bisa memanjakan lidah kalian.

Colenak ini merupakan sebuah singkatan yang berasal dari dicocol enak. Dan uniknya lagi makanan ini ternyata sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka yang dijual pada saat itu oleh pak Murdi. Hingga sekarang usaha pak Murdi tersebut masih terus berjalan yang di lanjutkan oleh para anaknya.

Jika kamu berkunjung ke kota bandung maka kamu wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. Selain memiliki rasa yang enak, makanan yang satu ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi di kota Bandung.

Baca Juga  5 Tips Ketika Memilih Makanan Halal

colenak bandung

4. Mochi Es Krim

Siapa sih yang tidak mengenal dengan jenis Es Krim yang satu ini. Es krim Mochi menjadi makanan yang popular belakangan ini dan di kenal oleh banyak masyarakat. Siapa sangka ternyata makanan ini merupakan asli buatan Bandung karena pertama kali di buatnya tentu saja di Kota Bandung ini.

Olahan panganan yang satu ini juga dapat dibilang masih baru. Bekerjasama dengan oleh- oleh khas Sukabumi, Bandung merubah mochi lewat padu padan dingin serta segarnya es krim. Mocha es krim ada dalam bermacam varian rasa semacam Chocolate, Vanilla Blue, Strawberry, Durian, dan Greentea.

5. Peuyeum Bandung

Jika membahas tentang makanan yang ada di Bandung, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas makanan yang satu ini yaitu peuyeum Bandung. Peuyeum telah menjadi salah satu oleh-oleh ikonic khas bandung selama bertahun-tahun.

Peyeum merupakan santapan sejenis tape tetapi mempunyai tekstur yang lebih kering. Apabila tape umumnya memiliki banyak air yang terasa manis serta sedikit masam, hingga peyeum kebalikannya walaupun terbuat dari bahan yang sama, ialah singkong dan proses untuk pembuatan peyeum bisa dikatakan tidaklah susah.

Pertama- tama, singkong dikupas serta dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu dikukus sampai matang serta didinginkan. Sehabis itu, singkong ditaburi dengan ragi serta ditaruh dalam suatu wadah setelah itu ditutup. Singkong baru dibuka kembali sehabis 2 ataupun 3 hari.

6. Batagor

Mungkin sebagian dari kalian banyak yang mengetahui jajanan murah meriah yang satu ini. Makanan ini ternya merupakan asli buatan kota Bandung. Pastinya di bandung sendiri terdapat banyak sekali jenis dan ankea bumbu yang memiliki cirri khas masing-masing dari tiap pedagang.

Umumnya makanan khas bandung yang satu ini terbuat dari bahan utama yaitu tepung tapioka dan digabungkan dengan kulit pangsit kemudian di goreng. Tetapi sebab pertumbuhan selera serta kreatifitas, adonan tersebut hendak ditambah pula dengan ikan tenggiri.

Buat memenuhinya, hendak terdapat bonus berbentuk bumbu kacang yang menyelimuti kumpulan batagor goreng, sehingga hendak timbul perpaduan rasa pedas gurih dikala memakan batagor.

batagor bandung

7. Mie Kocok

Jika membahas makanan yang satu ini sbenarnya tidak jauh berbeda dengan mie ayam ataupun mie bakso pada umumnya yang sering kita jumpai. Tetapi terdapat perbandingan yang lumayan banyak dari keduanya, sebab kuah yang dipakai pada mie kocok cenderung memiliki tekstur lebih kental, sebaliknya mie ayam/ bakso, lebih encer.

Tidak hanya itu, kaldunya pula terbuat dari daging sapi serta ditambah pula terdapatnya tulang sapi. Dalam jatah lengkapnya, mie kocok terdiri dari mie kuning gepeng, kikil, taoge, dengan siraman kaldu dari tulang serta daging sapi tersebut. Pemakaian kikil pula wajib didapat dari daging kaki sapi dengan tekstur yang kenyal serta empuk supaya penikmatnya menggemari mie kocok.

Baca Juga  Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer

8. Cireng

Untuk makanan yang selanjutnya datang dari salah satu jajanan yang memiliki harga ramah di kantong. Ya, makanan tersebut ialah cireng. Mungkin banyak dari kalian yag sudah mengetahui makanan yang satu ini. Kata cireng itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari kata Aci di Goreng.

Dari namanya saja sudah jelas kalau makanan yang satu ini memiliki bahan dasar Aci yang di olah lalu di goreng. Untuk saat ini ada banyak sekali variasi cireng yang dijual dan pastinya berbeda beda. Mulai dari segi isinya, bentukya, hingga bumbu tambahan yang di sajikan bersama cireng tersebut.

9. Wajit Cililin

Santapan yang satu ini bisa jadi belum begitu sering di dengar buat banyak orang. Walaupun penyebutan namanya sedikit rumit, tetapi menciptakannya tidak begitu susah. Kamu bisa mampir ke toko oleh- oleh khas Jawa Barat setelah itu memfokuskan pemikiran kamu ke makananan yang terbungkus oleh daun buah jagung yang telah kering.

Bisa ditentukan kalau santapan tersebutlah yang namanya wajit cililin. Nama makanan cililin diambil dari salah satu wilayah atau desa yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Rasa santapan ini memiliki rasa manis yang pekat dengan tekstur yang lengket. Perihal itu disebabkan terdapatnya gula merah, kelapa, dan beras ketan yang jadi bahan utamanya.

wajit cililin bandung

10. Tahu Susu Lembang

Tahu khas buatan lembang ini memiliki keunikan dan cirri khas tersendiri jika di bandingkan dengan tahu pada umumnya. Sebenarnya jika di lihat dari bentuknya masih mirip dengan tahu pada umumnya, cuman perbedaan yang terdapat pada tahu ini yaitu bahan dasar dalam pembuatannya yang di tambahkan dengan susu segar.

Latar belakang terciptanya tahu susu ini karena banyaknya produksi susu segar di daerah Lembang. Pastinya di dalm tahu ini memiliki sedikit rasa susu yang akan terasa dan pastinya lebih menyehatkan. JIka kamu berkunjung ke daerah Bandung khususnya Lembang, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini buat oleh-oleh di bawa ke rumah.

Itulah 10 rekomendasi admin mengenai makanan khas bandung terfavorit yang wajib kalian coba. Jika kalian sedang melakukan travel wisata ke wilayah kota bandung ini, mungkin 10 rekomendasi makanan diatas dapat kalian coba untuk dimakan ataupun sebagai oleh-oleh bagi keluarga serta kerabat kalian.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *