11 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba

11 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba

Posted on

Matadunia – Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan keberagaman suku, budaya, bahasa, dan masih banyak lagi. Salah satu kekayaan lainnya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah makanan khas daerah.

Karena banyaknya daerah yang memiliki keberagaman budaya di Indonesia, pastinya makanan yang menjadi ciri khas dari tiap daerah tersebut berbeda juga. Buat kamu yang ingin mencoba atau hobi traveling, pada artikel ini admin akan memberikan beberapa rekomendasi 11 makanan khas daerah yang wajib untuk kamu coba.

1. Mie Aceh

mie aceh

Mungkin kalau sekedar makan mie semua orang sudah sering dan terbiasa, namun mie aceh ini memiliki keunikan sendiri dan berbeda dari mie yang biasanya. Dari namanya saja sudah jelas kalau mie ini datang dari provinsi di ujung sabang sana yaitu provinsi aceh.

Mie ini memiliki cirri khas tekstur yang lebih tebal di bandingkan dengan mie biasanya. Selain itu, mie aceh ini juga di sajikan dengan sebuah sup sejenis kari yang memiliki rasa gurih dan pedas. Makanya mie yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang gemar mengkonsumsi makanan pedas.

2. Otak-otak

otak otak bakar

Siapa di antara kalian yang suka membeli jajanan otak-otak yang ada di pinggir jalan? Jika kamu mengira jajanan ini sama dengan otak-otak yang sering kamu beli tersebut maka kamu salah besar. Otak-otak khas dari kepulauan riau ini berbeda dengan otak-otang yang biasanya.

Otak-otak ini dimasak dengan cara dibakar dan di bungkus oleh sehelai daun pisang. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yang terbuat dari ikan dan cumi yang memiliki rasa lebih pedas. Jika kamu berkunjung ke kepulauan riau maka tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini.

3. Pempek

pempek palembang

Pasti banyak di antara kalian yang sudah mengetahui makanan yang satu ini. Pempek merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan dan sagu. Pempek ini biasanya di sajikan kuah berwarna cokelat yang disebut cuko.

Cuko ini terbuat dari air mendidih yang di beri gula merah, udang rebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Pempek ini memiliki rasa yang gurih dan agak pedas. Biasanya pempek ini memiliki bentuk, rasa, dan isi yang berbeda-beda. Makanan yang satu ini wajib sekali kamu coba jika berkunjung ke plembang, Sumatera selatan.

Baca Juga  Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer

4. Serabi

serabi

Serabi merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari jawa barat, makanan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu serabi yang rasanya manis dan serabi yang rasanya asin. Untuk serabi yang memiliki rasa manis biasanya dibuat menggunakan kinca dan serabi asin yang biasa diberi oncom atau bisa juga tanpa oncom.

Biasanya serabi yang di beri taburan oncom memilikirasa yang pedas. bahan dasar yang di pakai dalam pembuatan serabi ini adalah tepung beras dan santan kelapa. Serabi ini dimasak menggunakan sebuah adonan khusus yang di letakan di atas tungku api tradisional.

5. Juhu Singkah

juhu singkah

Juhu singkah adalah makanan khas mayarakat Dayak, Kalimantan Tengah yang memiliki rasa sangat lezat. Makanan ini biasanya dijumpai di kota Palangkaraya Kalimantan Tengah dan Makanan juhu singkah ini terbuat dari rotan yang di racik kemudian di satukan dengan ikan betok.

Makanan khas yang satu ini memiliki rasa asin dan cukup gurih. Umbut rotan ini diperoleh warga atau masyarakat sekitar dengan mencarinya di sekitaran hutan tempat meraka tinggal. Makanan ini wajib untuk kamu coba jika berkunjung ke Kalimantan Tengah khususnya kota palangkaraya.

6. Lapa – Lapa

lapa lapa

Lapa-lapa adalah makanan khas asli dari wilayah Sulawesi Tenggara, Lapa-lapa memiliki cara penyebutan yang banyak baik etnis tolaki, mekongga, buton, muna, ereke, wawonii, morunene, dan wakatobi. Lapa-lapa dibuat dari bahan dasar beras. Cara pembuatannya juga terbilang sederhana, Beras dimasak dengan santan kelapa lalu jika sudah matang masakan ini cukup di angkat.

Setelah dingin kemudian di bungkus dengan janur kelapa, lalu di urut supaya beras setengah mateng menyatu dengan baik. Biasanya makanan ini di sajikan bersama dengan sate pokea. Tidak ada salahnya untuk mencoba lapa-lapa ini jikakamu berkunjung ke daerah Sulawesi Tenggara.

7. Rendang

rendang

Sumatera barat terkenal dengan makanan padang yang berasal dari kota padang itu sendiri. Rendang merupkan sebuah masakan olahan dengan bahan dasar daging yang dimasak dalam waktu lama sehingga tekstuk yang dimiliki oleh daging tersebut terasa empuk dan bumbunya menyerap secara maksimal.

Rendang asli yang dibuat oleh orang padang memiliki cirri khas tersendiri dengan bumbu yang kaya akan rasa. Selain itu makanan padang juga terkenal dengan kepedasannya. Jadi sangat cocok untuk kamu yang hobi makan makanan pedas.

8. Bika Ambon

bika ambon

Jangan salah jika kamu mendengar makanan ini dan langsung mengira kalau makanan ini berasal dari daerah ambon. Jika kamu berfikir seperti itu maka kamu salah besar. Bika Ambon ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

Baca Juga  10 Makanan Terfavorit Khas Bandung Yang Wajib Kalian Coba

Selain rasa manis saja, biasanya makanan ini dibuat dengan berbagai macam rasa, contohnya rasa durian. Makan ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung tapioca, telur, gula, dan santan. Jika kamu berkunjung ke daerah Medan maka tidak ada salahnya jika kamu mencicipi makanan yang satu ini.

9. Anyang Pakis

Anyang Pakis

Di provinsi Sumatera Utara tepatnya di kabupaten Asahan, terdapat makanan khas daerah tersebut yang dinamakan dengan Anyang Pakis. Jika dilihat secara sekilas, anyang pakis ini terlihat mirip dengan urap.

Anyang pakis ini terbuat dari pucuk daun pakis yang direbus dan disajikan dengan bumbu kelapa yang telah disangrai. Dari segi rasanya anyang pakis ini akan terasa asin dengan bumbunya yang khas dan sedikit pedas saat berada di lidah.

10. Kerak Telor

kerak telor

Untuk makanan khas daerah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, Ya Kerak telor ini merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Jakarta. Jika kamu melihat dari sisi sejarah, ternyata makanan ini ada unsure gabungan dari masakan portugis.

Makanan ini terbuat dari beberapa bahan yang tidak asing kita dengar seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Makanan yang satu ini bisa kamu jumpai dengan mudah di kawasan Jakarta pada acara-acara tertentu seperti cfd.

11. Gulai Belacan

Gulai Belacan

Untuk makanan khas selanjutnya datang dari daerah Riau, yaitu Gulai Belacan. Maknan ini memiliki komponen dasar yaitu udang yang di lumuri oleh kuah yang memiliki bahan dasar yaitu terasi.

Nama belacan ini sendiri katanya di ambil dari nama salah satu suku yang ada kepulauan di riau yaitu suku belacan yang artinya terasi. Jadi tidak heran kalau makanan ini memiliki bahan dasar terasi.

Itulah 11 rekomendasi makanan khas indonesia yang wajib kalian coba, semoga penjelasan admin diatas mengenai makanan khas indonesia ini dapat membantu kalian yang sedang mencari makanan ataupun oleh-oleh saat berpergian diluar kota.Terima kasih!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *