in

11 Tips Menghemat Budget Saat Traveling

tips hemat saat traveling

Matadunia – Traveling merupakan sebuah momen yang sangat menyenangkan dan banyak di senangi oleh orang-orang. banyak orang memiliki impian untuk ber traveling dengan orang kesayangan, baik itu keluarga ataupun pasangan.

Namun salah satu kendala yang paling banyak dialami oleh orang-orang yang ingin melakukan traveling adalah permasalahan biaya. Tentunya traveling memerlukan biaya yang tidak sedikit tergantung jauh atau tidaknya tempat yang di tuju.

Buat kamu yang hendak berangkat untuk traveling namun memiliki budget yang pas-pasan, pada artikel ini admin akan memberikan beberapa tips untuk menghemat budget saat sedang traveling yang siapa tau aja bisa membantu meringankan beban biaya travelingmu.

1. Membawa Bekal dari Rumah

bekal dari rumah

Biaya untuk makan biasanya menjadi salah satu biaya yang cukup besar di keluarkan saat sedang traveling. Hal tersebut dikarenakan makanan yang dijual di tempat tempat liburan memiliki harga yang lebih tinggi dari rata-ratanya. Namun pastinya tidak makan juga rasanya tidak mungkin.

Jadi buat kamu yang ingin berlibur terlebih lagi bersama keluarga tidak ada salahnya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Namun cara yang satu ini hanya berlaku untuk kamu yang ingin berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh sampai harus menggunakan pesawat.

2. Memilih Hostel Ketimbang Hotel

memilih hostel

Salah satu hal penting lainnya yang harus di pikirkan saat hendak berlibur adalah tempat untuk kita tidur. Biasanya ada banyak sekali tempat penginapan di suatu kawasan wisata dari berbagai jenis yang bisa kamu pilih. Hostel cukup popular di para kalangan traveler yang suka berlibur sendirian dan perlu di ingat bahwa hostel tentu berbeda dengan hotel.

Hostel menyediakan tempat tidur yang mirip dengan asrama dan memungkinkan kamu akan berada dalam satu ruangan dengan para traveler lainnya dari berbagai kota. Hostel sangat cocok di pilih untuk kalian yang ingin berlibur dengan budget yang pas-pasan.

3. Memilih Hotel Bintang Satu

hotel bintang satu

Jika kamu bersikeras mau menginap di sebuah hotel maka kamu bisa memilih hotel berbintang satu. Pastinya hotel dengan berbintang satu akan memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang dengan hotel yang memiliki bintang dua ke atas.

Selain harga yang bisa di bilang cukup murah namun kenyamanan yang di dapatkan pasti sedikit lebih nyaman ketimbang kamu memlihi menginap di hostel. Tapi itu kembali lagi ke selera masing masing, jika dirasa menginap di hostel sudah cukup nyaman maka saya lebih menyarankan untuk memilih hostel saja.

4. Booking Lewat Internet

boking lewat internet

Untuk saat ini banyak sekali yang menyediakan jasa booking hotel, tiket pesawat hingga tiket kereta lewat sebuah aplikasi atau website. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat biaya saat berlibur. Kenapa demikian?

Karena biasanya booking lewat sebuah aplikasi atau website terdapat banyak sekali diskon dan potongan harga yang pastinya sangat lumayan dan uang diskonnya bisa kamu pergunakan untuk membeli hal-hal lain. Selain itu keuntungan yang kamu dapatkan dengan booking lewat aplikasi atau website adalah kamu tidak perlu mengantri di loker tiket saat berada di bandara ataupun statsiun kereta.

5. Jangan Ragu Meminta Potongan Harga

meminta potongan harga

Saat kamu membeli sebuah barang ataupun makanan di tempat wisata, jangan ragu untuk menawar dan meminta potongan harga. Biasanya barang atau makanan yang di jual di tempat wisata memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari harga normal pasarannya.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menawar karena kemungkinan besar si penjual akan memberikan potongan harganya selama kamu menawarnya dengan wajar. Maka dari itu sangat penting sebelum kamu bepergian untuk menambah terlebih dahulu pengetahuan seputar harga-harga dari barang yang mungkin akan kamu beli nanti.

6. Lakukan Hitchhiking

Hitchhiking saat travael

Hitchhiking sering akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan sebutan nebeng. Ya, sesuai namanya kamu akan nebeng kepada orang yang memiki tujuan yang sama. Kamu bisa mencari tumpangan di pinggir jalan dan bisa menyetopnya lalu bertanya tujuan kepada sanga supir dan meminta ijin terlebih dahulu.

Biasanya cara yang satu ini umum dilakukan oleh para pemuda yang sedang berkelana. Namun cara yang satu ini kurang efektif dilakukan bagi kamu yang berencana liburan bersama keluarga ataupun pasangan.

7. Booking Jadwal Penerbangan Dini Hari

boking penerbangan

Buat kamu yang sedang berencana untuk berlibur ke luar negri atau memungkinkan untuk naik transportasi udara, saya sarankan untuk memilih jadwal penerbangan di pagi hari. Jadwal penerbangan yang satu ini sangat jarang sekali di pilih oleh orang dan kurang populer.

Jika jadwal penerbangan cenderung sepi biasanya pihak penerbangan akan memberikan harga yang lebih murah ketimbang dengan jadawal penerbangan di waktu lainnya. cara yang satu ini sangat cocok kamu manfaatkan untuk menghemat biaya ongkos perjalanan.

8. Numpang ke Rumah Teman

numpang rumah traveler

Jika kamu mempunyai seorang teman yang memiliki rumah di dekat tempat wisata yang akan kamu tuju maka kam bisa memanfaatkan cara yang satu ini. Kamu bisa menumpang untuk menginap di tempatnya untuk sementara waktu.

Pastinya kalau dia teman kamu, dia akan dengan senang hati untuk mengijinkanmu numpang tinggal di tempatnya. Dengan begitu pastinya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa sebuah penginapan.

9. Pergi Dengan Banyak Orang

pergi dengan teman

Percaya atau tidak jika kamu pergi bersamaan dengan banyak orang baik bersama teman atau keluarga pasti akan mengeluarkan biaya yang lebih kecil ketimbang kamu pergi sendirian.

Jika kamu berlibur dengan banyak orang pastinya akan mengurangi biaya akomodasi karena akan dibayar secara patungan. Hal tersebut pastinya akan berguna dan sangat terasa sekali keuntungannya, terlebih lagi dalam urusan menyewa penginapan.

10. Masak Sendiri

masak sendiri

Berbeda dengan yang telah dibahas sebelumnya. Jika tadi kamu di rekomendasikan untuk membawa makanan sendiri dari rumah maka kali ini kamu bisa memasak masakan sendiri. Biasanya ada banyak sekali penginapan yang lengkap dengan menyediakan dapur untuk memasak.

Tentunya hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menghemat uang makan kamu. Dengan membeli bahan mentah sendiri di pasar yang ada di sekitar tempat wisata pastinya akan mendapatkan harga lebih murah ketimbang membeli makanan yang langsung jadi.

11. Jangan Malas Jalan Kaki

jalan kaki

Biasanya ada beberapa momen yang memungkinkan kamu untuk berjalan kaki dari tempat A ke B. Misalnya dari statsiun ke penginapan. JIka dirasa tempatnya dekat dan bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki maka berjalan kakilah dan jangan malas.

Biaya yang di keluarkan untuk membayar ojek bisa kamu simpan dan bisa kamu belikan bahan mentah yang tadi untuk olahan masakan. Atau biasanya yang sering terjadi adalah dari tempat penginapan ke tempat wisata. Apalagi jika kamu menyewa jasa ojek atau kendaraan lainnya hanya untuk berkeliling di tempat wisata.

Itulah 11 tips dari admin mengenai hemat budget saat traveling, semoga penjelasan admin diatas dapat membantu kalian yang saat ini sedang berencana untuk liburan tetapi terhalang oleh budget atau biaya. Terima kasih!

What do you think?

Written by Valdi Febriansyah

Hello!, saya Valdi Febriansyah, saya seorang digital marketer Indonesia yang tinggal dan menetap di Jakarta. Saya telah melakukan pekerjaan sebagai praktisi search engine optimization atau yang lebih sering disebut sebagai SEO sejak tahun 2018. Selain SEO, saya juga senang melakukan design website dan design gambar melalui photoshop. Sesekali juga saya mempraktekkan SEM dalam proses branding website, namun sangat jarang terjadi dan biasanya saya lebih memilih melakukannya dengan cara SEO.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
tips memilih pasangan

Tips Memilih Pendamping Hidup Dalam Syariat Islam

tempat wisata di indonesia

9 Tempat Wisata Paling Banyak di Kunjungi – Indonesia