Friday, 20 May 2016

Jenis-jenis dan Kegunaan Penilaian Kinerja

Loading...

Jenis-jenis dan Kegunaan Penilaian Kinerja

Ini mmerupakan lanjutan materi kita mengenai penilaian kinerja , pada pembahasan sebelum kita telah membahas pengertian dan tujuan dari penilaian kinererja. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai jenis-jenis dan kegunaan dari penilaian kinerja. Silahkan simak pembahasan berikut.


 
Jenis-jenis dan Kegunaan Penilaian Kinerja
Penilaian Kinerja

Jenis-jenis Penilaian Kinerja

a.    Penilaian hanya oleh atasan
yaitu cepat dan langsung dan dapat mengarah ke distorsi karena pertimbangan-pertimbangan pribadi.

b.    Penilaian oleh kelompok ini
atasan dan atasannya lagi bersama –sama membahas kinerja dari bawahannya yang dinilai yaitu obyektifitas lebih lebih akurat dibandingkan kalau hanya oleh atasannya sendiri dan Individu yang dinilai tinggi dapat mendominasi penilaian.

c.    Penilaian oleh kelompok staf 
atasan meminta satu atau lebih individu untuk bermusyawarah dengannya; atasan langsung yang membuat keputusan akhir.

d.    Penilaian melalui keputusan  komite
sama seperti pada pola sebelumnya kecuali bahwa manajer yang bertanggung jawab tidak lagi mengambil keputusan akhir; hasil didasarkan pada pilihan mayoritas.

e.    Penilaian berdasarkan peninjauan lapangan
sama sepeti kelompok staf , namun melibatkan wakil dari pimpinan pengembangan atau departemen SDM yang bertindak sebagai peninjau independen.

f.     Penilaian yang dilakukan oleh bawahan dan sejawat.


Kegunaan Penilaian Kinerja

a.    Posisi tawar
Kegunaan dari posisi tawar  untuk memungkinkan manajemen melakukan negosiasi yang obyektif dan rasional dengan serikat buruh (kalau ada) atau langsung dengan karyawan.

b.    Perbaikan Kinerja
Umpan balik pelaksanaan kerja yang bermanfaat bagi karyawan, manajer dan spesialis personil dalam bentuk kegiatan untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja karyawan.

c.    Penyesuaian Kompensasi
Penilaian kinerja membantu pengambilan keputusan dalam penyesuaian laba/rugi, menetukan siapa yang perlu dinaikan upah/bonusnya atau kompensasi lainnya.
d.    Keputusan Penempatan
Membantu dalam promosi, keputusan penempatan, dan pemindahan dan penurunan pangkat pada umumnya didasrkan pada masa lampau atau mengantisipasi kinerja. Sering promosi adalah penghargaan untuk kinerja yang lalu.

e.    Pelatihan dan pengembangan
Kinerja yang buruk mengindikasikan adanya suatu kebutuhan untuk latihan.

f.     Perencanaan dan pengembangan karier
Umpan balik penilaian kinerja dapat digunakan sebagai panduan dalam perencanaan dan pengembangan karier karyawan, penyusunan program pengembangan karier yang tepat dapat menyelaraskan antara kebutuhan karyawan dengan kepentingan karyawan.

g.    Evaluasi proses staffing
Prestasi kerja yang baik atau buruk mencerminkan kekuatan atau kelemahan prosedur staffing departemen SDM.

h.    Defisiensi proses penempatan karyawan
Kinerja yang baik atau buruk mengisyaratkan kekuatan atau kelemahan dalam prosedur penempatan karyawan di departemen SDM.

i.      Ketidakakuratan informasi
Kinerja lemah menandakan adanya kesalahan di dalam informasi analisis pekerjaan , perncanaan SDM atau sistem informasi SDM.

j.      Kesalahan dalam merancang pekerjaan.
Kinerja yang lemah mungkin merupakan gejala dari rancangan pekerjaan yang kurang tepat.

k.    Kesempatan kerja yang adil
Penilaian kinerja yang akurat terkait dengan pekerjaan dapat memastikan bahwa keputusan penempatan internal tidak bersifat diskriminatif.

l.      Mengatasi tantangan-tantangan eksternal
Kadang-kadang kinerja dipengaruhi oleh faktor di luar lingkungan kerja. Jika faktor ini tidak dapat diatasi karyawan bersangkutan, departemen SDM mungkin mampu menyediakan bantuan.

m.  Elelem-elemen pokok sistem penilaian kinerja
Departemen SDM biasanya mengembangkan penilaian kinerja bagi karyawan di semua departemen. Elemen-elemen pokok sistem penilaian ini mencakup kriteria yang ada hubungan dengan pelaksanaan kerja dan ukuran-ukuran kriteria.

n.    Umpan balik ke SDM
Kinerja baik atau buruk din seluruh perusahaan mengindikasikan seberapa baik departemen SDM berfungsi.

Nah  sekian dari kami moga bermanfaat. Good luck

0 komentar