Saturday, 25 June 2016

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikomsumsi Penderita Malaria

Loading...
Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasukdemam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, ataukematian. Gejala biasanya muncul sepuluh sampai lima belas hari setelah digigit. Jika tidak diobati, penyakit mungkin kambuh beberapa bulan kemudian. Pada mereka yang baru selamat dari infeksi, infeksi ulang biasanya menyebabkan gejala ringan.resistensi parsial ini menghilang selama beberapa bulan hingga beberapa tahun jika orang tersebut tidak terpapar terus-menerus dengan malaria.


Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikomsumsi Penderita Malaria

Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Gigitan nyamuk memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang. Parasit bergerak ke hati di mana mereka dewasa dan bereproduksi. Lima spesiesPlasmodium dapat menginfeksi dan disebarkan oleh manusia. Sebagian besar kematian disebabkan oleh P. falciparum karenaP. vivax, P. ovale, and P. malariae umumnya menyebabkan bentuk yang lebih ringan dari malaria. Spesies P. knowlesi jarang menyebabkan penyakit pada manusia. Malaria biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan mikroskopis darah menggunakan film darah, atau dengan uji diagnostik cepat berdasarkan-antigen. Metode yang menggunakan reaksi berantai polimerase untuk mendeteksi DNA parasit telah dikembangkan, tetapi tidak banyak digunakan di daerah di mana malaria umum karena biaya dan kompleksitasnya.

Setelah parasit berbahaya ini telah masuk ketubuh, maka akan langsung menuju ke hati dan berkembang biak. Beberapa hari setelah itu, maka parasit yang telah dewasa memasuki aliran darah dan mulai menginfeksi sel darah merah. Dalam waktu kurang lebih 48 sampai 72 jam, parasit di dalam sel-sel darah merah multiply, menyebabkan sel-sel yang terinfeksi terbuka.

Bagi anda yang saat ini menderita penyakit malaria ( keluarga atau orang disekitar anda ) maka pada kesempatan ini Mata Dunia akan memberikan beberapa daftar makanan yang tidak boleh anda makan selama menderita penyakit malaria. Berikut daftarnya.

Makanan yang harus dihindari penderita malaria adalah:

§  Kopi
§  Teh kental
§  Makanan olahan
§  Saus
§  Bumbu masak
§  Acar
§  Gula
§  Tepung putih
§  Minuman beralkohol
§  Semua produk daging

Makanan yang tepat untuk penderita malaria adalah:

Setelah mengetahui beberapa pantangan makanan diatas tidak berarti semua makanan tidak boleh bagi penderita malaria. Bagi penderita malaria sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan zat besi.

Asam folat dan zat besi dapat meningkatkan hemoglobin Anda yang sebelumnya rendah akibat penyakit malaria. Makanan apa sajakah yang mengandung protein seperti itu? Simak selengkapnya dibawah ini :
§  Sayuran hijau (kangkung, bayam, brokoli)
§  Buah-buahan (jeruk, pisang, pepaya)
§  Susu
§  Daging
§  Jagung
§  Kacang-kacangan
§  Gandum
§  Telur
§  Ubi jalar

Demikianlah beberapa makanan yang perlu dikomsumsi oleh orany yang menderita penyakit Malaria serta makanan yang tidak boleh dikomsumsi.

0 komentar