Saturday, 30 July 2016

Pengertian Neraca dan Laba/rugi, dan Perbedaan Neraca dan Laba/Rugi Dalam Laporan Keuangan

Loading...

Pengertian Neraca dan Laba/rugi, dan Perbedaan Neraca dan Laba/Rugi Dalam Laporan Keuangan

Sebelumnya kita telah telah mengetahui bahwa neraca dan laporan laba rugi, merupakan laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi. nah, selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian neraca dan laba/rugi dalam laporan keuangan.
selamat menyimak dan good luck!!!
Perbedaan Neraca dan Laba Rugi Dalam Laporan Keuangan
Laporan Keuangan

Pengertian Neraca 

aktiva (harta kekayaan), kewajiban dan modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat tertentu dimana Judul suatu neraca terdiri nama organisasi atau perusahaan, nama laporan (dalam hal ini neraca) dan tanggal neraca. Sedangkan Badan atau isi laporan terdiri atas tiga bagian yaitu Aktiva, kewajiban dan modal. 

Bagian Yang Wajib Kita Ketahui Dalam Laporan Neraca

yang perlu kita ketahui dalam laporan ini yaitu bahwa jumlah aktiva selalu sama dengan jumlah pasiva (kewajiban dan modal). Keseimbangan ini biasanya digambarkan sebagai persamaan akuntansi, yaitu suatu persamaan yang menunjukkan bahwa jumlah semua harta atau sumber-sumber yang tercantum pada sisi kiri adalah berasal dari kreditur dan pemilik. Sebaliknya jumlah kontribusi kreditur dan pemilik harus sama dengan jumlah harta perusahaan.
  1. Aktiva Adalah sumber-sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan yang biasanya dinyatakan dalam suatu uang. Jenis-jenis sumber ekonomi atau lazim disebut harta perusahaan bisa bermacam-macam seperti: tanah, gedung, mesin, piutang dagang, pembayaran di muka(uang muka) dsb. Aktiva dicantumkan dalam neraca dengan urut-urutan yang sudah tertentu yang dimulai dengan aktiva lancar (kas, piutang dagang, persediaan dll) diikuti dengan aktiva-aktiva yang bersifat permanen (tanah, gedung, mesin dsb)
  2. Kewajiban adalah utang yang harus dibayar oleh perusahaan dengan uang atau jasa pada suatu saat tertentu di masa yang akan datang. Dengan kata lain kewajiban merupakan tagihan para kreditur kepada perusahaan. Kewajiban dilaporkan dalam neraca menurut urutan saat pelunasannya. Pertama-tama dicantumkan kewajiban jangka pendek seperti utang dagang, utang wesel dan kewajiban jangka pendek lainnya. Dibawah kewajiban jangka pendek (kewajiban lancar) dicantumkan kewajiban jangka panjang seperti utang hipotik dan utang obligasi.
  3. Modal dicantumkan dalam neraca di bawah kewajiban. Modal pada hakekatnya merupakan hak pemilik perusahaan atas kekayaan (aktiva ) perusahaan. 

Definisi Laporan Laba / Rugi


Laporan laba/ rugi Disusun dengan maksud untuk menggambarkan hasil operasi perusahaan dalam periode waktu tertentu. Dengan kata lain laporan rugi-laba menggambarkan keberhasilan atau kegagalan operasi perusahaan dalam upaya mencapai tujuannya. Hasil operasi perusahaan diukur dengan membandingkan antara pendapatan perusahaan dengan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut. 

Bagian Yang Wajib Kita Ketahui Dalam Laporan Laba/Rugi

Yang Perlu  Diketahui Dalam Laporan Laba / Laba RugiLaporan rugi laba harus diberi judul yang terdiri atas nama perusahaan dan nama laporan (laporan rugi-laba) serta periode laporan dan Isi laporan rugi-laba terdiri atas tiga komponen pokok yaitu:
  1. Pendapatan adalah aliran penerimaan kas atau harta lain yang diterima dari konsumen sebagai hasil penjualan barang atau pemberian jasa.
  2. Biaya adalah harga pokok barang yang dijual dan jasa-jasa yang dikonsumsi untuk menghasilkan pendapatan.
  3. Laba (atau rugi) adalah selisih lebih (atau kurang) antara pendapatan dengan biaya 

Perbedaan Neraca dan Laporan laba/rugi 

Neraca dibuat dengan maksud untuk menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada suatu saat tertentu, sedangkan laporan rugi-laba menggambarkan hasil-hasil usaha yang dicapai dalam suatu periode waktu tertentu. Pada umumnya kedua laporan ini disusun setahun sekali (tahunan).

Sekian dan terimakasih kepada pengunjung blog kami, semoga memberikan manfaat yang besar kapada kita semua.
 










0 komentar