6 Destinasi Wisata Lombok yang Menyimpan Pesona Alam Indah

6 Destinasi Wisata Lombok yang Menyimpan Pesona Alam Indah – Berbicara mengenai daerah wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan destinasi wisata yang unik dan layak untuk dikunjungi. Selain sebagai tempat wisata, dengan hal tersebut mampu meningkatkan pendapatan penduduk sekitar. Sekarang ini program pengangkatan daerah wisata sedang banyak yang mengambil peluang dengan membangun tempat yang unik sebagai wisata desa.

Indonesia kaya sekali akan wisata perairan tidak lain ialah pantai dan wisata bawah laut. Tidak hanya itu, wisata pegunungan pun banyak disukai oleh sebagian orang yang menghasilkan pemandangan yang tak kalah mempesona. Wisata alam bisa menyejukkan mata dengan pesona alam yang sangat indah. Tidak heran jika banyak yang menyukai bepergian atau menghabiskan waktu liburan dengan berwisata di alam lepas.

Salah satu wilayah yang kaya akan pesona alam yang indah ialah daerah Lombok. Di sana memang kaya sekali akan wisata alam yang mampu membuat mata kembali segar  dengan suasana yang sangat menyejukkan, seperti adanya Kepulauan Gili,  yang tergambar seperi surganya dunia. Ada juga Gunung Rinjani yang sangat menggoda sekali untuk ditaklukkan. Selain beberapa hal di atas, masih banyak sekali wisata yang bisa Anda temukan di Lombok. Berikut ini beberapa destinasi ini.

Jembatan Gantung Kuno

Jembatan gantung kuno ini merupakan salah satu peninggalan jaman Belanda. Jembatan ini dibangun pada tahun 1932, setinggi 100 meter dari atas permukaan tanah. Ada banyak cerita dari jembatang gantung di Lombok ini, besi-besi yang digunakan untuk membangun jembatan ini berasal dari Australia sedangkan ahli konstruksi bangunannya berasal dari Jawa. Dulu jembatan gantung ini pernah rusak dua kali karena terterjang arus. Namun saat ini sudah bisa digunakan kembali.

Dahulu jembatan di Lombok ini memiliki peran yang sangat penting sekali untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil pada jaman dahulu yang belum ada banyak jalan alternatif jalan. Sekarang ini jembatan ini lebih banyak digunakan untuk kendaran bermotor dan beberapa orang yang ingin mengabadikan momen di jembatan kuno ini.

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Berada di pantai Penyisok Lombok ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan tebing yang indah dengan hamparan padang savana yang membentang hijau. Dari atas tebing Anda bisa menyaksikan birunya samudra hindia yang terlihat tak terbatas. Di sana Anda pun dapat melihat tebing karang yang berlapis-lapis dengan warna keemasaan yang membuat Anda seolah-olah sedang berada di benua lain.

Baca Juga  11 Fakta Gunung Gede Pangrango yang Harus Kamu Ketahui

Pantai dengan sejuta pesona ini berada di kecamatan Jerowaru, Lombok. Pantai Penyisok ini merupakan surga yang tersembunyi  yang sangat memanjakan mata dengan birunya laut dan hamparan savana yang hijau. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak coba untuk mendatangi tempat di Lombok ini.

Bukit Pengasingan, Gunung Rinjani

Selain pantai Penyisok Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah pesona gunung Rinjani serta hamparan sawah dari atas bukit pengasingan. Lombok memang kaya akan pesona alam yang indah Anda bisa menghabiskan waktu bersama teman ataupun keluarga di tempat yang sangat spetakuler ini. Anda bisa melihat petak-petak sawah dan juga kenun yang berwarna-warni dan dikelilingi oleh daratan pegunungan yang tinggi.

Jika Anda di sana pada waktu cuaca yang bagus, Anda akan bisa menyaksikan langit yang biru dan awan yang mengapung-apung ditengah udara Lombok. Sangat indah sekali, bentangan alam yang dapat Anda nikmati bisa menyejukkan mata sekali.

Di atas bukit kini telah dimanfaatkan menjadi sebuah tempat wisata paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa melakukan piknik di sini. Sangat menarik sekali bukan, akan sangat sayang sekali jika terlewatkan bukan.

Pantai Semeti

Pantai Semeti dipenuhi dengan formasi bebatuan dan karang di sekeliling pantai. Bebatuan karang yang meruncing dan berlapis ini layaknya dinding kristal yang ada di Panet Krypton. Ada juga kumpulan karag yang bentuknya menyerupai betuk piramida yang muncul dari permukaan air laut.

Jalur menuju tempat wisata pantai ini pun cukup susah karena terjal dan berliku, akses menuju tempat ini juga harus melewati tebing karang yang tingginya sepanjang 20 meter. Dari balik tebing inilah Anda bisa menikmati segala keindahan yang ada di pantai Semeti Lombok. Memang jalan yang ditempuh sangat susah namun, semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah sekali.

Tanjung Poki

Ingin merasakan hempasan ombak? Di sini tempatnya, Tanjung Poki memiliki obak yang sangat indah. Keindahan alam disekelilingnya pun juga sangat menawan. Ombak-ombak dari arah laut menuju tanjung yang tertabrak oleh tebing ini membuat efek yang sangat indah sekali.  Namun ketika berada di sini haruslah berhati-hati karena obak yang cukup besar bisa berbahaya bagi Anda untuk berdiri di dekat gulungan ombak tersebut.

Baca Juga  Wisata Jakarta yang Cocok untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Kawasan ini memang tidak cocok untuk digunakan renang karena kondisi ombaknya yang sangat besar sekali. Oleh karena itu haruslah berhati-hati. Anda akan mendapatkan spot foto yang menarik layaknya diluar negeri dengan mengambil baground foto di sekitar tebing, Lombok.

Pantai Tebing

Pantai Tebing, Lombok ini sering juga disebut sebagai Grand Canyonnya Jawa Timur karena memang memiliki kondisi tebing-tebing indah seperti yang ada di Grand Canyon Amerika. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri nih untuk dapat menikmati pemandangan tebing yang indah seperti Grand Canyon, cukup datang saja ke Pantai tebing Anda sudah bisa menikmati pemandangan tebing yang indah.

Tebing ini memiliki tekstur yang berlekuk seperti pahatan. Tebing ini merupakan hasil dari erupsi gunung Rinjani, Lombok yang terjadi sangat dahsyat pada tahun 1257 yang membawa endapan awan sehingga bertemu material dan dinginnya air laut dan terlontar hingga ke daratan lalu terbentuklah tebing yang indah tersebut.

Pantai tebing ini berada di dusun Luk, desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, wilayah Lombok Utara. Untuk mengakses tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan mobil, motor, ataupun angkutan umum. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda memerlukan uang sekitar kurang lebih Rp25 ribu per orang untuk mencapai pantai Tebing dari terminal Mandalika di Mataram. Untuk jaraknya dengan jalan raya kurang lebih sekitar 200 meter.

Akan sangat puas sekali bukan melabuhkan diri dan menghabiskan waktu Anda untuk berlibur dan mengelilingi wilayah Lombok dengan melihat pesona alam yang menggoda mata memandang. Di sana terdapat banyak sekali tempat tujuan yang bisa Anda kunjungi untuk merefreshing pikiran dari kepenantan. Lombok memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan tidak kalah cantik dengan pesona alam yang dimiliki oleh Raja Ampat Papua.

Berbagai pilihan destinasi wisata di atas bisa Anda jadikan sebuah rekomendasi tujuan wisata. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi nih mau kemana setelah sampai di Lombok, semoga liburan Anda menyenangkan. Dapatkan informasi lengkap lain hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *