in

6 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

6 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Matadunia – Hidung tersumbat karena flu adalah salah satu gejala yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang salah satunya pasti kalian pernah merasakannya.

Hidung tersumbat sangat mengganggu sekali dan bahkan menjengkelkan bagi setiap orang yang mengalaminya. Terlebih lagi jika hidung tersumbat terjadi saat hendak tidur. Tak jarang ketika hal tersebut terjadi kita jadi susah untuk tidur, akhirnya waktu istirahat berkurang dan kesehatan pun menurun.

Tentu hal tersebut sangat mengganggu, hidung tersumbat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karna terlalu banyak menghirup polusi, asap kendaraan, dan asap rokok. Faktor lain yang bisa menyebabkan hidung tersumbat antara lain alergi, sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza.

Pada artikel kali ini admin akan membahas dan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidur Dengan Posisi Miring

Cara yang satu ini terbilang sangat sederhana namun efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Ambilah posisi seakan akan kamu tidur terlentang kemudian miringkan badanmu ke kiri atau ke kanan sesuaikan dengan hidung kamu yang tersumbat.

Jika yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan maka miringkan badanmu ke sebelah kiri. Sebaliknya, jika hidung yang tersumbat sebelah kiri maka miringkan badanmu ke sebelah kanan. Lakukan cara ini selama 10 menit atau sampai gejala tersebut benar-benar hilang.

2. Mandi Air Hangat

Terjadinya hidung tersumbat bisa disebabkan oleh kondisi suhu yang cukup dingin. Dengan demikian salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mandi menggunakan air hangat.

Uap yang dihasilkan oleh air hangat tersebut bisa menipiskan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat. Kamu bisa mandi dan berendam di dalam air hangat tersebut minimal selama 30 menit sampai lendir yang ada pada hidung hilang.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

3. Minum Air Hangat

Jika mandi menggunakan air hangat dirasa terlalu ribet kamu bisa menggunakan metode yang satu ini. Cara kerjanya sama yaitu agar mendapatkan uap dari air hangat tersebut yang bisa menghilangkan lendir penyebab tersumbatnya hidung.

Kamu bisa meminum secangkir bahkan dua cangkir air hangat hingga lendir yang ada pada hidung benar-benar hilang. Kamu bisa meminum sebuah kopi bahkan teh. Apapun itu yang penting minuman tersebut hangat dan menghasilkan uap.

4. Membuang Ingus

Biasanya menghilangkan ingus dengan cara sementara (membiarkan masuk kedalam) akan berpotensi hidungmu tersumbat kembali. Maka dari itu mengeluarkannya secara langsung dengan manual akan lebih efektif. Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan cara ini. Mengeluarkan ingus tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Jika mengeluarkannya dengan asal dan terlalu kencang maka dahak pembawa kuman akan terkirim ke saluran telinga. Maka dari itu jika ingin membuang ingus kamu bisa menutup salah satu lubang hidung dan bisa melakukannya secara bergantian.

5. Menyimpan Bantal Pada Leher

Salah satu metode yang paling mudah untuk menghilangkan hidung tersumbat yaitu dengan cara tidur terlentang dan menempatkan bantal pada bagian leher. Kamu bisa menambahkan 1 hingga 2 bantal sampai poisis lubang hidung menghadap ke atas. Hal ini bertujuan aga ingus bisa mengalir ke dalam dan tidak menyumbat pada lubang hidung.

6. Mengompres Hidung

Buatlah sebuah kompresan menggunakan kain, lalu celupkan kain atau handuk kecil kedalam air hangat. Tempatkan kain tersebut tepat di atas hidung. Diamkan 10 hingga 15 menit. Hal ini bertujuan agar ingus yang menyumbat pada hidung bisa mengencer dan dan tidak lagi menghalangi lubang pernafasan.

Jika kompresan sudah tidak terasa hangat namun hidung kamu masih tersumbat celupkan lagi kedalam air hangat dan lakukan hal yang serupa. Ulangi hal tersebut hingga ingus benar benar hilang.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

8 Tips Mengetahui Kejujuran Seseorang Lewat Bahasa Tubuh

6 Tips Menghilangkan Sifat Pemalas Pada Diri Sendiri

6 Tips Menghilangkan Sifat Pemalas Pada Diri Sendiri