in

6 Tips Untuk Melamar Pekerjaan Untuk Para Pemula – Inspirasi

6 tips melamar pekerjaan

Matadunia – Halo semua sahabat dan para pembaca setia matadunia, apa kabar? admin berharap semuanya dalam keadaan baik-baik saja dan selalu bersemangat di setiap aktifitasnya. Pada kesempatan hari ini, admin ingin sedikit berbagi tips untuk kalian semua yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang kalian inginkan.

Tips ini sangatlah berguna dan bisa menjadi jawaban ketika kalian melamar pekerjaan khususnya untuk para pemula yang baru ingin mencoba mencari rezeki dan pengalaman dalam dunia pekerjaan.

Untuk mencoba melamar sebuah pekerjaan disalah satu perusahaan yang kalian inginkan ataupun sebuah info lowongan pekerjaan yang kalian dapatkan memanglah sangat mudah. Tetapi, apakah kalian akan diterima di perusahaan tersebut ataupun tidak adalah jawaban yang belum bisa ditentukan. Setiap perusahaan pasti memiliki kriteria masing-masing dalam memilih karyawan nantinya yang akan direkrut menjadi karyawan diperusahaan tersebut.

Jika kalian ingin melamar pekerjaan di salah satu perusahaan, kalian harus bisa menarik perhatian kepada perusahaan tersebut. Membuat sebuah perusahaan terkesan saat melihat kita tentu saja tidak ada salahnya terutama dalam peraturan melamar pekerjaan bahkan yang wajib kalian ingat adalah begitu banyak perusahaan yang ada di indonesia makanya begitu banyak pula orang lain yang mencoba melamar pekerjaan diperusahaan tersebut.

Jadi tentu saja kalian harus bisa bersaing dengan orang lain yang juga ingin melamar pekerjaan diluar sana, baik dari strategi dalam melamar pekerjaan ataupun cara lain yang bisa kalian lakukan saat ingin melamar pekerjaan.

Maka dari itu, admin ingin sedikit berbagi tips kepada kalian semua khususnya para pemula mengenai cara untuk bisa membuat hrd atau perusahaan tertarik kepada kita saat mengajukan lamaran pekerjaan. Berikut ini adalah 6 tips yang mungkin sangat bermanfaat bagi kalian semua saat ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan :

6 tips melamar kerja

1. Email

Email merupakan salah satu faktor penting saat ingin melamar pekerjaan di salah satu perusahaan, mengapa admin berkata seperti itu? Karena hampir kebanyakan perusahaan saat ini menyeleksi untuk pegawai barunya melalui kiriman via email. Email yang diterima akan langsung dibaca apa saja dalam isinya, baik itu surat lamaran maupun berkas berkas lain yang kalian lampirkan.

Perhatikan email kalian saat mengirim ke salah satu perusahaan yang kalian tuju, pastikan bahwa file yang kalian kirimkan keperusahaan sudah sangat lengkap. Kemudian perhatikan juga alamat email yang kalian gunakan untuk mengirim email tersebut, pastikan alamat email yang kalian gunakan terlihat relevan dengan nama anda.

Walaupun presentasi diterima ataupun dibaca oleh perusahaan kita tidak akan pernah tahu, tetapi sebaiknya kalian menunjukkan keseriusan kalian dalam melamar pekerjaan dengan cara memperhatikan alamat email kalian tidak alay dan kata kata yang kalian gunakan terlihat jelas atau santun. Dengan begitu, pihak perusahaan atau hrd akan tertarik dan terkesan dengan email yang kalian kirimkan ke alamat email perusahaan tersebut.

lamar kerja

2. Social Media

Social media merupakan situs berbagi informasi yang sangat populer di kalangan masyarakat dan tentunya hampir semua orang memilikinya. Tidak dipungkiri bagi kalian, pasti kalian memiliki media social pribadi milik kalian sendiri seperti facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi yang lainnya. Social media merupakan sarana untuk melihat kepribadian seseorang, begitu juga yang dapat dilakukan oleh seorang hrd sebuah perusahaan.

Tidak ada kemungkinan bahwa seorang hrd atau seorang penanggung jawab para karyawan mengecek akun social media kalian agar terlihat sedikit gambaran para pelamar pekerja diperusahaan tersebut. Meyakinkan sebuah perusahaan dengan gambaran pribadi kita dalam media social merupakan salah satu aspek penting yang wajib kalian ketahui. Jadi, lebih baik kalian merapihkan media social kalian mulai saat ini sehingga memperkecil hal yang tidak ingin terlihat dimasa lalu dan memperbesar kesempatan kalian untuk bisa diterima dalam sebuah perusahaan.

tips melamar kerja

3. CV

Bagi para pelamar kerja pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan CV betul tidak? CV merupakan salah satu aspek nomor 1 dalam menentukan karyawan yang akan dipilih atau diterima dalam sebuah perusahaan.

Curiculum Vitae merupakan kepanjangan dari kata CV, ini adalah hal utama yang wajib kalian perhatikan jika ingin melamar disebuah perusahaan. Hampir dari semua perusahaan yang ada di indonesia akan berpatokan dengan cv yang kalian buat atau lampirkan keperusahaan, jadi buatlah cv dengan sangat jelas dan perhatikan baik kata maupun lampiran.

Tidak jarang seorang hrd atau perusahaan menemukan cv yang dibuat oleh pelamar pekerjaan dengan asal-asalan atau ala kadarnya. Cv yang kalian buat atau lampirkan akan menjadi gambaran akan diri kalian dimata perusahaan, jika kalian membuat dengan asal makanya seorang hrd akan memandang kalian buruk dan tidak akan di masukan dalam kandidat calon pelamar pekerjaan di perusahaannya.

Tetapi kalian juga jangan sembarangan membuat cv, cukup banyak juga pengelaman seorang hrd yang menemukan sebuah cv yang dibuat dengan cara memalsukan data agar terlihan bagus dimata seorang hrd. Cara itu merupakan kesalahan paling besar jika kalian melakukannya, seorang hrd tidak akan mudah tertipu hanya dengan sebuah cv yang dibuat secara berlebihan agar sebuah perusahaan tertarik.

Tetapi seorang hrd akan menghargai sebuah cv yang dibuat secara jelas bukan hasil memalsukan data diri. Berikut ini lampiran cv yang sangat di hargai oleh seorang hrd dan bisa membuat sebuah perusahaan tertarik saat membacanya :

  • Lampirkan sebuah cv yang berisi data diri kamu secara jelas baik dari segi nama kalian, alamat, pengalaman kerja kalian jika ada dan perhatikan tulisan yang kalian buat atau ketikan dengan bahasa yang terlihat sopan.
  • Lampirkan foto copy sertifikat atau pengalaman yang pernah kalian dapatkan selama hidup kalian.
  • Lampirkan foto copy pendidikan terakhir kalian seperti smp, smk, d3, s1 dan s2.
  • Lampirkan foto diri kalian sesuai dengan permintaan perusahaan seperti ukuran 3×4 atau 4×6.
  • Lampirkan foto copy kartu tanda pengenal kalian (KTP) agar mempermudah domisili tempat tinggal.

Setelah semua yang admin telah jelaskan dan kalian lakukan, selanjutnya adalah pakaian kalian yang nanti akan di gunakan saat menghadiri panggilan. Perhatikan pakaian kalian ketika nanti bertemu dengan seorang hrd, utamakan tampilan kalian dengan menggunakan kemeja yang bersih dan berpenampilan rapih layaknya seorang yang ingin melamar sebuah pekerjaan.

6 tips melamar kerja 2020

4. Memilih Bidang atau Divisi

Mencari lowongan pekerjaan pada massa ini sangatlah mudah, banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan disetiap tahunnya bahkan ada yang membuka lowongan pekerjaan untuk perusahaan yang baru ingin dibuat. Setiap orang yang melihat atau mendapatkan sebuah informasi mengenai lowongan pekerjaan, pasti mereka sangatlah antusias dan berlomba untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Tetapi kalian harus tahu, janganlah mudah tertarik dengan sebuah lowongan pekerjaan yang menurutmu bukan bidang keahlian kamu.

Jika kamu seseorang yang belum lama resign mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, sebaiknya kamu mencari lowongan pekerjaan yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Karena seorang hrd akan melihat kandidat atau calon pelamar berdasarkan pengalaman kerja sebelumnya.

Sebaliknya, jika kalian seseorang yang baru saja lulus dari bidang pendidikan sarjana atau sekolah menengah sebaiknya memilih lowongan pekerjaan yang menurut kamu pantas dan bisa dalam bidang tersebut. Sehingga kamu akan mendapatkan kenyamanan dalam hal bekerja dan juga membuat kamu semakin ingin meraih sebuah cita cita atau impian.

Jadi, janganlah kamu terlalu napsu dengan sebuah lowongan pekerjaan yang bukan keahlian atau bidang kamu. Walaupun banyak yang berkata ini hanya sebatas sebagai batu loncatan atau pengalaman kerja kamu untuk kedepannya.

6 tips melamar pekerjaan 2020

5. Jangan Sering Resign atau Gonta-ganti Pekerjaan

Jangan sering risegn atau gonta-ganti pekerjaan yang ingin admin sampaikan ini masih berhubungan dengan point pembahasan di atas. Ini semua berhubungan dengan awal kalian yang sedikit saja mendapatkan informasi lowongan pekerjaan langsung bersemangat untuk mendaftarkan diri sebagai kandidat, padahal lowongan pekerjaan yang kalian tuju bukanlah bidang atau keahlian kalian.

Sehingga membuat kalian cepat sekali merasa jenuh dalam bekerja dan bila kalian mendapatkan sebuah informasi lagi mengenai lowongan pekerjaan, kalian langsung bergegas cepat mengundurkan diri dan mencoba melamar kembali diperusahaan tersebut. Kejadian ini sudah sering kali terjadi dan berulang-ulang dilakukan oleh kebanyakan orang yang saat ini sedang tidak bekerja alias menganggur.

Perusahaan yang berpengalaman akan memiliki seorang hrd yang juga sangat berkompeten dalam bidangnya, membuat dia akan mudah membaca karakter calon pelamar pekerjaan hanya dari keterangan kalian yang mudah gonta-ganti pekerjaan. Bisa disimpulkan bahwa karakter seperti ini tidak akan masuk dalam katagori kandidat karyawan yang akan diterima.

Kalian harus memperhatikan point ini agar kalian tidak menyesal di kemudian hari, pilihlah pekerjaan yang benar benar sesuai dengan bidang kamu atau keahlian kamu agar kalian bisa merasakan bagaimana indahnya menjadi seorang karyawan.

tips melamar pekerjaan

6. Cari Tahu Informasi Tentang Perusahaan

Mengirimkan sebuah cv baik melalui email ataupun datang langsung ke tempat lokasi lowongan pekerjaan tersebut memang sudah sangat sering kita lakukan, bahkan admin sendiri pernah merasakan ini semua ehehehe. Tapi, pernahkah kalian semua melakukan yang pernah admin lakukan? Admin setiap ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan pasti mencari tahu tentang perusahaan tersebut.

Mencari tahu tentang informasi perusahaan yang ingin kita datangi untuk melamar pekerjaan memang terdengar seperti masalah yang sepele dan bahkan ada pula yang beranggapan untuk apa melakukan itu?

Padahal jika kalian berusaha untuk mencari tahu tentang profil atau gambar pekerjaan pada perusahaan tersebut, kamu memiliki 1 point lebih yang bisa membuat seorang hrd terkesan terhadapmu saat melakukan wawancara atau interview kamu bisa menjawab tentang gambaran atau profil perusahaan yang hendak kalian ajukan lamaran.

Mencari informasi mengenai perusahaan tidaklah sulit, kalian bisa melakukannya dengan bertanya kepada seseorang ataupun bisa juga kalian mencari melalui internet mengenai perusahaan tersebut. Hal ini sangatlah berguna untuk kalian semua sebelum melamar pekerjaan atau mendapat panggilan interview pekerjaan di perusahaan, agar kalian memiliki peluang atau kesempatan cukup besar diterima dalam posisi jabatan di perusahaan yang hendak kalian tuju.

Mungkin cukup sampai disini penjelasan admin mengenai tips untuk kalian semua yang ingin melamar pekerjaan khususnya untuk seorang pemula agar bisa mendapatkan sebuah pekerjaan di massa yang sulit ini.

Jika kalian ingin mendapatkan sebuah posisi pekerjaan dengan pendapatan sesuai yang kalian harapkan tidaklah mudah, kalian tentu harus berusaha dan mau berkorban. Buatlah seorang hrd tersebut terkesan dengan cara mengikuti semua tips yang admin berikan dengan benar dan semoga saja tips yang admin berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua.

What do you think?

Written by Ilham Maulana

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Emir Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Emir Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah Meninggal Dunia – Muslim Berduka

rekomendasi makanan ikan oscar

Rekomendasi Makanan Untuk Ikan Oscar Kesayangan Anda