in

7 Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun Terpopuler Di Indonesia

rekomendasi wisata air terjun

Matadunia – Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali air terjun yang cukup tinggi dan memiliki pemandangan yang cukup bagus.

Selain harganya yang terbilang cukup murah bahkan bisa saja gratis, berwisata ke tempat air terjun juga kita akan mendapatkan suasana yang sejuk dan bisa menenangkan fikiran. Selain itu terdapat juga beberapa air terjun yang bisa kita renangi.

Jika kamu sedang berniat untuk berlibur ke tempat air terjun dan sedang mencari referensi, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi air terjun terpopuler di Indonesia yang bisa kamu coba dan kunjungi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile

Untuk air terjun yang pertama datang dari sebuah daerah Lombok. Jika biasanya Lombok terkenal dengan pantainya yang cantik, maka kali ini Lombok menunjukan keindahannya lewat sebuah air terjun. Dari segi sejarah air terjun ini di percaya oleh masyarakat setempat merupakan tempat pemandian para bidadari.

Air terjun ini termasuk kedalam taman nasional gunung rinjani, air terjun sendang gile ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu sekitar 600 m diatas permukaan air laut. Kedalamannya hampir mencapai 31 m dari dasar sungai.

Air terjun Sendang Gile mempunyai 2 tingkatan. Tingkatan awal dari puncak, air mengalir ataupun terjun ke kolam yang terletak di antara tingkatan awal serta kedua. Sebaliknya tingkatan kedua ialah arus air kolam tadi yang terjun ke dasar mengalir bersama dengan sungai yang terletak di dasar air terjun.

2. Air Terjun Ponot

air terjun ponot

Air terjun yang satu ini tidak heran jika dikenal banyak orang dan menjadi salah satu favorit banyak orang karena memiliki ketinggian yang bukan main. Air terjun yang satu ini merupakan air terjun yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 250 meter yang hampir 2 kali dari ketinggian monas.

Air terjun Ponot ini berletak di daerah samosir, sumatera utara. Jika kamu menemulainya dari kota medan kamu akan menempuh waktu sekitar 6 jam menggunakan kendaraan darat. Jika sudah sampai di lokasi, jangan lupa untuk membasuh muka di air terjun tersebut. Pastinya kamu akan mendapatkan kesegaran yang luar biasa.

3. Air Terjun Nokan Nayan

Air Terjun Nokan Nayan

Panorama Nokan Nayan ini memanglah tidak tanggung- tanggung. Dengan ketinggiannya yang menggapai 180 m. Air terjun ini memiliki suasana dan pemandangan yang sekilas mirip dengan air terjun niagara. Apabila di lihat dari segi bahasa dari salah satu suku yang terdapat di Kabupaten Sintang.

Nama Nokan memiliki makna bagaikan air terjun. Sebaliknya, Nayan sendiri diambil dari aliran sungai Lonayan. Air terjun yang sati ini memiliki curah dan volume yang sangat besar terlebih lagi jika saat sedang hujan. Sehingga kamu perlu memerhatikan cuaca saat berkunjung ke air terjun yang satu ini.

4. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan

Air terjun ini sering diketahui dengan istilah air terjun Penimbungan Torean. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian yang hampir mencapai 110 m yang terdapat dikawasan gunung Rinjani. Air yang mengalir dan jatur di Penimbungan bersumber langsung dari Danau Segaran Anak, sehingga tidak heran bila aliran air terjun Penimbungan sangat deras serta memiliki corak biru toska.

Tidak hanya itu, Air terjun Penimbungan pula bisa memunculkan kabut dibawahnya, perihal ini disebabkan air terjun Penimbungan ini di kelilingi oleh tebing yang menjulang besar. Sebab diapit oleh tebing yang menjulang lumayan tinggi tersebut hingga membuat aliran air yang jatuh ke dalam kolam memunculkan suara gemuruh yang lumayan riuh.

Bila Kamu hendak menikmati keelokan alam ditempat ini hingga Kamu dapat melihatnya dari atas Lembah Sungai Lokok Putih. Perihal ini disebabkan jalur buat mengarah ke dasar air terjun Penimbungan cukuplah terjal serta pula masih dilarang sebab dapat membahayakan nyawa pengunjungnya. Air terjun yang satu ini bertempat atau berlokasi di desa sajang kecamatan Sembalun, yang berada di Kabupaten Lombok Timur.

5. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang satu ini bertempat di Probolinggo Provinsi Jawa Timur tepatnya di desa Sapeh kecamatan lumbang. Air terjun yang satu ini termasuk kedalam taman nasional Bromo Tengger Semeru. Tak heran juga air terjun yang satu ini sering di singgahi oleh para pendaki yeng telah mendaki gunung Bromo ataupun Semeru.

Selain memiliki ketinggian yang sangat menjulang yaitu sekitar 200 meter, air terjun yang satu ini memiliki keindahan yang sangat menawan nan eksotik. Tak ada salahnya jika kamu mencoba dan berkunjung ke salah satu air terjun yang ada di probolinggo ini.

6. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo

Jika dilihat dengan sekejap mata, air terjun yang satu ini tidak memiliki ketinggian seperti air terjun pada umumnya. Air terjun yang satu ini mengalir secara bertingkat dan ada banyak sekali tingkatan yang terdapat. Sehingga menciptakan sebuah ketinggian yang hampir mencapai 100 meter.

Dengan tingkatan yang banyak tersebut menjadikan air terjun yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dan keindahan yang sudah tidak diragukan lagi. Air terjun yang satu ini terletak di dalam hutan suaka alam wilayah semenanjung, provinsi kota Sulawesi Tenggara.

Sepanjang perjalanan sekitar 2 kilometer sebelum sampai ke lokasi, kamu akan disuguhkan dengan hijaunya hutan yang masih sangat asri dan terdapat banyak air terjun kecil.

7. Air Terjun Curug Ngebul

Air Terjun Curug Ngebul

Untuk rekomendasi air terjun yang selanjutnya datang dari daerah Cianjur yaitu curug Ngebul. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Panorama yang disuguhkan di kawasan air terjun ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Jika kamu belum tahu, kata ngebul ini sendiri diambil dari sebuah kisah yang diyakini masyarakat setempat ada seorang putri yang mandi di bawah curug tersebut dan tiba tiba menimbulkan asap yang sangat tebal. Oleh sebab itu sampai saat ini dinamakan dengan curug ngebul.

Itulah 7 Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun Terpopuler Di Indonesia, semoga artikel ini dapat membuat kalian lebih mudah untuk memilih terutama untuk kalian yang sedang ingin mencoba berlibur ke daerah air terjun. Terima kasih!

What do you think?

Written by Valdi Febriansyah

Hello!, saya Valdi Febriansyah, saya seorang digital marketer Indonesia yang tinggal dan menetap di Jakarta. Saya telah melakukan pekerjaan sebagai praktisi search engine optimization atau yang lebih sering disebut sebagai SEO sejak tahun 2018. Selain SEO, saya juga senang melakukan design website dan design gambar melalui photoshop. Sesekali juga saya mempraktekkan SEM dalam proses branding website, namun sangat jarang terjadi dan biasanya saya lebih memilih melakukannya dengan cara SEO.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
10 makanan khas bandung

10 Makanan Terfavorit Khas Bandung Yang Wajib Kalian Coba

bahan dasar telur

Resep 6 Olahan Makanan Dengan Bahan Dasar Telur