7 Tips Liburan bersama Anak-anak Selama Masa Pandemi, Tetap Menyenangkan Walau Ada Batasan

Posted on

7 Tips Liburan bersama Anak-anak Selama Masa Pandemi, Tetap Menyenangkan Walau Ada Batasan – Masa pandemi belum berakhir, sekali pun saat ini pemberian vaksin sudah diberikan dan sedang digencarkan kepada pihak-pihak yang diutamakan. Meskipun begitu, keinginan untuk berlibur tidak bisa selamanya ditunda. Apalagi ketika membicarakan anak-anak yang sudah mulai bosan hanya bisa beraktivitas di dalam rumah saja dan minim sekali hiburan.

Tidak ada salahnya untuk berwisata ketika masa pandemi ini selama mampu menjaga diri dan keluarga dengan baik. Selain diri sendiri dan keluarga, sebagai bagian dari masyarakat, maka harus bisa juga menjaga keamanan dan keselamatan bersama supaya tetap terhindar dari virus yang sudah mengorbankan banyak nyawa. Supaya liburan Anda bersama anak-anak bisa tetap terlaksana, ada baiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

Pastikan Tubuh Sehat

Di tengah keadaan rentan terpapar virus covid-19, terutama pada anak-anak dan manula, menjaga supaya tubuh tetap sehat menjadi tips liburan paling utama yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Jangan paksakan diri untuk pergi jika ada salah satu anggota keluarga yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Seseorang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun juga rentan terhadap tertuarnya corona.

Itulah kenapa sebelum bepergian atau liburan setiap orang diwajibkan untuk melakukan rapid test atau swab terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi mencegah orang-orang yang berpotensi memiliki virus corona tidak menyebarkannya kepada orang lain yang sehat. Sekali pun pada akhirnya terbukti tidak memiliki virus corona, setidaknya tindakan tersebut mencegah supaya orang tersebut tidak terpapar.

Selalu Bawa Peralatan Kebersihan (Hygiene Kit)

Di tengah masa pandemi ini ada peralatan yang tidak boleh sampai absen dari barang bawaan untuk berlibur. Bukan uang, peralatan mandi pribadi atau pakaian saja yang jangan sampai ketinggalan, peralatan kebersihan pribadi atau hygiene kit pun tidak boleh sampai ketinggalan. Walaupun sedang berlibur, menjaga kebersihan harus tetap dilakukan terutama di tengah masa-masa krusial seperti ini.

Beberapa alat kebersihan pribadi yang harus selalu dibawa selama liburan di antaranya adalah hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair dan tidak lupa beberapa masker cadangan, apalagi jika liburan akan dilakukan lebih dari satu hari. Membawa perangkat kebersihan pribadi ini menjadi tips liburan yang tidak boleh dilupakan di tengah masa pandemi terlebih lagi ketika membawa anak-anak.

Baca Juga  11 Fakta Gunung Gede Pangrango yang Harus Kamu Ketahui

Bawa Bekal Sendiri atau Pilih Tempat Makan yang Sesuai

Bicara tentang makanan, ada baiknya ketika berlibur Anda membawa bekal makanan sendiri jika memungkinkan. Untuk liburan satu hari atau liburan tanpa menginap, hal ini setidaknya bisa dilakukan. Lalu, bagaimana jika Anda bermaksud berlibur lebih dari satu hari dan ada acara menginap? Tidak perlu khawatir, masalah ini ada solusinya namun harus dilakukan dengan cermat dan baik.

Tips liburan pertama untuk memilih makanan ketika menginap adalah membawa bahan makanan sendiri untuk dimasak sendiri. Ini bisa dilakukan jika Anda berlibur di alam terbuka dan tersedia peralatan memasak yang memadai. Kedua, Anda bisa memilih tempat makan yang tepat dan sesuai. Hal ini bisa dilihat apakah tempat makan tersebut menerapkan protokol kesehatan atau tidak demi mencegah adanya penularan.

Tips liburan
Tips liburan

Pilih Destinasi Wisata yang Tidak Terlalu Ramai

Menjaga jarak dari satu sama lain merupakan salah satu protokol yang dianjurkan pemerintah untuk diterapkan oleh semua orang, setidaknya satu hingga dua meter. Akan tetapi, tempat liburan cenderung identik dengan keramaian apalagi di tengah puncak masa liburan. Setiap pengunjung bisa berdesakan dan melupakan protokol yang sudah diterapkan pemerintah.

Pengelola tempat wisata pun sudah mencoba membatasi jumlah pengunjung dalam sehari yang boleh masuk dan berada di kawasan lokasi di saat bersamaan. Sebagai wisatawan, Anda juga bisa mengambil sebuah langkah pencegahan. Pilihlah tempat wisata yang tidak terlalu dikunjungi banyak wisatawan. Dengan begitu, anak-anak dan keluarga bisa terhindar dari kerumunan banyak orang.

Selain itu, supaya tidak terjebak keramaian di tempat wisata maka ingatlah tips liburan ini, pilihlah untuk berangkat bukan di hari libur. Dengan begitu, Anda terhindar dari banyak orang, bisa menikmati tempat wisata sepuasnya dan di saat bersamaan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak mengapa sedikit sepi tanpa pengunjung lain selama maksud berlibur bersama anak-anak bisa tercapai dan terlaksana dengan baik.

Berlibur di Dalam Kota

Ketika membicarakan tentang liburan, jangan hanya pikirkan berwisata ke luar kota, luar pulau atau luar negeri saja. Liburan di dalam kota sendiri pun tidak ada salahnya, sekali pun membawa anak-anak. Tidak sedikit keluarga yang mengenal berbagai tempat wisata di luar tapi tidak mengenal tempat wisata di dalam kota sendiri. Di masa pandemi ini bisa menjadi salah satu kesempatan untuk mengenalnya.

Baca Juga  9 Tempat Wisata Paling Banyak di Kunjungi - Indonesia

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh ketika berlibur di dalam kota. Anda bisa menghemat biaya dan juga tidak perlu membuat persiapan yang rumit. Dengan begitu waktu yang dihabiskan bersama keluarga juga bisa lebih banyak dan mengurangi menghabiskan waktu di perjalanan. Tips liburan ini bisa Anda coba ketika sedang mendapat waktu libur singkat atau budget tipis namun tetap ingin berwisata.

Selain mendatangi tempat wisata, ada jenis wisata lain yang bisa dilakukan di dalam kota. Cobalah untuk melakukan staycation bersama anak-anak Anda dengan mendatangi hotel setempat yang berlokasi di kota Anda dan dekat dengan tempat bermain, baik itu taman atau pusat permainan kota. Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda menikmati semua fasilitas di dalam hotel sepuasnya.

Tips liburan
Tips liburan

Pilih Tempat Wisata Alam Terbuka atau Outdoor

Di tengah masa pandemi ini ada salah satu jenis tempat wisata yang menjadi hits dan banyak dikunjungi. Tempat tersebut adalah tempat wisata alam terbuka atau outdoor yang tampak lebih alami dan memiliki udara segar. Tempat-tempat seperti ini bagus untuk dijadikan sebagai tempat refreshing sekaligus mengenalkan kepada anak-anak tempat yang jarang mereka temui ketika berada di kota.

Ada banyak pilihan tempat wisata alam terbuka, misalnya hutan lindung, hutan mangrove, gunung, danau, air terjun, pantai dan lain sebagainya. Di sini Anda bisa mengajak anak-anak menikmati pemandangan, bermain air, memancing, bermain pasir, mendaki gunung bahkan hingga berkemah! Tips liburan ini bisa memberi pengalaman baru kepada anak-anak dan lebih mengenal alam.

Buat Kesepakatan dengan Anak

Tips terakhir ketika akan berlibur dengan anak-anak di tengah masa pandemi adalah dengan membuat kesepakatan dengan anak. Tentunya kesepakatan ini harus didiskusikan terlebih dahulu dengan anak. Beritahukan kepada mereka apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat yang akan dituju, terutama yang terkait dengan protokol kesehatan dan keselamatan mereka.

Upayakan jangan buat kesepakatan yang pada akhirnya akan menyusahkan dan membebani anak-anak. Buatlah waktu liburan tersebut tetap menarik dan menyenangkan walaupun ada beberapa pembatasan dengan membuat beberapa permainan atau perlombaan dengan anak-anak Anda. Tips liburan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan Anda dan anak-anak. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa simak di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *