in

8 Tips Berkendara Yang Baik dan Aman

Tips Berkendara Yang Baik dan Aman

Matadunia – Dalam berkendara, keamanan dan keselamatan merupakan hal utama yang perlu di perhatikan. Sayangnya tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan dan acuh akan hal tersebut. Di Indonesia masih banyak pengendara yang tidak memenuhi syarat dan aturan dalam berkendara.

Nyatanya masih banyak angka kematian yang disebabkan dari kecelakaan lalu lintas. Kesadaran dan pemahaman masyarakat yang kurang menjadi salah satu alasan utamanya. Maka dari itu perlunya peningkatan pemahaman dan yang baik tentang mengenai aturan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam berkendara.

Pada artikel kali ini admin ingin memberikan beberapa tips untuk kalian semua dalam berkendara baik roda dua maupun roda empat denagn baik dan benar, agar bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

1. SIM

Bukan sebuah tips namun memiliki sebuah sim adalah syarat utama dalam berkendara. Tanpa sebuah sim seseorang tidak diperbolehkan untuk mengendari kendaraan di jalanan.

Jika seseorang berkendara tanpa memiliki sebuah sim maka hal tersebut termasuk kedalam pelanggaran yang sudah ditentukan dalam undang-undang. Sayangnya di Indonesia masih banyak pengendara yang mengabaikan hal tersebut.

Masih banyak pengendara dibawah umur yang belum mempunyai sim tetap memaksa untuk berkendara ke jalanan. Alhasil banyak kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara dibawah umur.

2. Helm

Helm merupakan pelindung kepala yang harus digunakan saat berkendara dijalan khusunya bagi kalian yang memiliki kendaraan beroda dua atau sepeda motor. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka kepala masih bisa terlindungi.

Karena kepala merupakan bagian tubuh yang bisa sangat fatal apabila terkena sebuah benturan yang keras. Mak dari itu jangan lupa untuk memakai helm jika ingin berkendara menggunakan sepeda motor.

Tips Berkendara Yang Baik

3. Kecepatan

Mengendarai sebuah kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan. Biasanya para pengendara akan menaikan kecepatan ketika melalui jalanan yang lurus dan disaat jalanan terasa sepi.

Meskipun begitu kita belum tau apa yang akan terjadi di jalanan. Bisa saja ada seorang anak-anak yang tiba-tiba menyebrangi jalan. Hal tersebut tentunya akan sangat berdampak fatal. Bawalah kendaraan dengan kecepatan yang cukup. Jangan terlalu kencang hingga merugikan banyak orang.

4. Handphone

Handphone sangat berbahaya bila digunakan saat berkendara. Hal tersebut sangat berpotensi besar terjadinya kecelakaan. Biasanya bermain handphone di jalan raya sering dilakukan oleh para pengendara roda empat.

Banyak sekali yang sering memainkan handphone saat mengemudi terutama menelpon. Hal tersebut jelas melanggar sebuah peraturan. Ada baiknya matikan handphone saat berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Rem

Rem termasuk salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan. Banyak sekali kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh kendaraan yang rem nya blong.

Untuk mengjindari hal buruk alangkah baiknya periksa terlebih dahulu rem pada kendaraanmu. Apabila tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu. Kamu bisa memperbaikinya sendiri di rumah atau membawanya ke bengkel terdekat.

6. Lampu Sent

Lampu sent sama pentingnya dengan rem. Sent merupakan lampu yang dapat memberikan aba-aba ke pengendara lain saat hendak berbelok. Jika lampu sent pada kendaraan mati, hal tersebut bisa berakibat sangat fatal. Banyak kecelakaan yang terjadi di Indonesia hanya karena masalah lampu sent.

Oleh karena itu cek terlebih dahulu lampu sent pada kendaraanmu dan jangan sampai salah menyalakan lampu sent saat hendak berbelok. Jangan sampai ketika kamu hendak berbelok ke kiri malah menghidupkan lampu sent kanan, atau sebaliknya.

8 Tips Berkendara Yang Baik dan Aman

7. Kaca Spion

Fungsi dari spion hampir sama dengan lampu sent yaitu sama sama berguna saat hendak berbelok. Bedanya, kalu lampu sent untuk memberi aba-aba kepada orang lain, sedangkan spion untuk kita melihat kendaraan yang ada dibelakang.

8. Rambu Lalu Lintas

Pastinya jika ingin aman dan selamat saat berkendara harus mematuhi rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas merupakan peraturan atau arahan yang sudah dibuat sedemikian rupa agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ada banyak sekali rambu lalu lintas yang ada di jalan. Kamu bisa mempelajari dan menghafalnya terlebih dahulu sebelum mulai untuk berkendara agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
5 Tips Mudah Berbicara di Depan Banyak Orang

5 Tips Mudah Berbicara di Depan Banyak Orang

8 Tips Mengetahui Kejujuran Seseorang Lewat Bahasa Tubuh