in

8 Tips Mengetahui Kejujuran Seseorang Lewat Bahasa Tubuh

Matadunia – Kita tidak pernah tau jika seseorang yang kita berikan sebuah pertanyaananya menjawabnya dengan jujur atau tidak. Namun menurut Dr. Albert Mehrabian yang telah admin kutip, seorang penulis dari Silent Messages berpendapat bahwa kamu akan menerima sekitar 90 persen informasi tentang apakah seseorang bersikap jujur atau gak dari bahasa tubuh mereka. Ya, kamu bisa memanfaatkan bahas tubuh untuk mengenali dan mengetahui kejujuran seseorang.

Kemudian Dikutip dari Wikipedia.com menjalaskan bahwa Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Bahasa tubuh dapat dikatakan juga sebuah refleks dari rangsangan yang diterima, dengan itu jika seseorang berohong maka bahasa tubuh akan mengisyaratkannya. Kamu bisa memanfaatkan bahasa tubuh untuk mengetahui kejujuran seseorang. Pada artikel kali ini admin akan memberikan beberapa cara untuk membaca bahasa tubuh agar bisa mengetahui kejujuran seseorang.

1. Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang paling mudah untuk dijadikan sebagai patokan kejujuran seseorang. Saat bertanya kepada seseorang dan dia mulai memaparkan penjelasan kamu bisa menatap matanya.

Biasanya seseorang yang berbohong akan cenderung mengalihkan pandangan dan enggan menatap balik. Meskipun dia menatap balik pasti tidak akan lama dan sesekali akan mengalihkan pandangannya ke arah lain.

Tips Mengetahui Kejujuran Seseorang Lewat Bahasa Tubuh

2. Menjilat dan Menggigit Bibir

Secara logika orang yang berbohong pasti akan merasa tegang saat ditanya oleh seseorang. Faktanya ketika seseorang merasa tegang akan lebih sulit untuk berbicara dan mulut akan terasa lebih kering.

Hal tersebut dikarenakan menurunnya produksi air liur oleh sistem syaraf otonom. Jadi orang yang berbohong cenderung akan lebih sering menjilat mulut dan menggigit bibir.

3. Salting

Orang yang berbohong pastinya akan merasa bingung dan cemderung berfikir keras saat ada yang menanya. Karena dia akan mencari sebuah lasan untuk menutupi kebohongan tersebut.

Namun dia juga tidak ingin terlihat berfikir karena takut kebohongannya akan terungkap. Maka dari itu biasanya orang yang berbohong menjadi salah tingkah karena dia berfikir keras untuk mencari alasan namun berusaha terlihat agar tidak sedang berfikir.

4. Berusaha Menghindar

Hal tersebut pastinya sudah sangat umum dan diketahui banyak orang. Jika kamu menanyai seseorang yang kamu curigai kemudian dia berusaha mencari alasan dan berusaha untuk membicarakannya lain kali maka kamu perlu mencurigainya.

Jika seseorang berusaha menghindar saat dimintai penjelasan itu bisa dikarenakan dia masih belum ada alasan untuk menutupi kebohongan tersebut. Daripada dia ambigu dan membuatmu curiga makanya dia akan lebih memilih untuk menghindar.

5. Menggaruk Kepala

Menggaruk kepala saat memaparkan penjelasan bisa jadi pertanda seseorang sedang berbohong. Menggaruk kepala merupakan sebuah isyarat seseorang yang sedang kebingungan. Tentu saja tidak mungkin seseorang yang jujur akan merasa kebingungan saat memberikan sebuah penjelasan.

6. Memegang Leher

Salah satu hal yang bisa dirasakan seseorang saat berbohong yaitu tenggorokan akan terasa kering. Penyebabnya masih berkaitan dengan poin yang ke 2.

Selain kering tenggorokan akan terasa sedikit pegal dan agak hangat. Jika hal itu terjadi biasanya tak jarang seseorang akan melakukan refleks memegang lehernya tersebut.

8 Tips Mengetahui Kejujuran Seseorang Lewat Bahasa Tubuh

7. Menatap ke Atas

Salah satu hal lainnya yang akan dilakukan oleh seorang yang sedang merasa kebingungan, yaitu cenderung mengarahkan pandangannya ke atas. Hal tersebut merupakan ciri seseorang yang sedang berfikir. Dari hal tersebut sudah terlihat jelas kalau dia sedang mencari alasan untuk menutupi sebuah kebohongan.

8. Menggunakan Jari Telunjuk Saat Berbicara

Seseorang yang berbohong akan berusaha sekeras mungkin untuk meyakinkan orang yang menanyainya. Biasanya cara yang dipakai seorang pembohong agar terlihat meyakinkan yaitu memaparkan penjelasan sambil menujuk menggunakan jari telunjuk.

Hal tersebut bertujuan agar dia terlihat begitu yakin dan mempertegas penjelasan yang diberikan. Padahal orang yang jujur selalu terlihat santai dan biasa-biasa saja saat memberikan sebuah penjelasan.

Demikian sedikit informasi dari admin mengenai tips mengetahui kejujuran seseorang lewat bahasa tubuh, semoga penjelasan admin diatas dapat membantu kalian semua untuk mengetahui tentang kejujuran menggunakan bahasa tubuh. Terima kasih !

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Tips Berkendara Yang Baik dan Aman

8 Tips Berkendara Yang Baik dan Aman

6 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

6 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu