in

8 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Pada Mata

8 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Pada Mata

Matadunia – Mata merupakan salah satu bagian tubuh kita dan sekaligus juga sebagai indra penglihat yang sangat penting bagi kita. Layaknya mahluk hidup mata juga bisa sakit apabila tidak dirawat dengan benar, bahkan bisa jadi menimbulkan kerusakan permanen.

Jika sudah terdapat gangguan bahkan kerusakan pada mata akan sangat sulit untuk menyembuhkannya. Tentu saja hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh semua orang. Namun sayang, masih banyak orang yang sering mengabaikan kesahatan matanya. Jika ingin mata tetap sehat maka kamu perlu merawat dan mepergunakannya secara bijak.

Pada kesempatan kali ini, admin ingin berbagi sedikit mengenai tips dalam merawat kesehatan pada mata kita. Berikut ini admin sudah menjabarkan 8 Tips untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Banyak mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan begitu banyak manfaatnya bagi manusia, diantaranya yaitu bisa menjaga kesehatan pada mata kita. Jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A.

Ada banyak sekali buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A, Contohnya aplukat, semangka, blewah, jambu biji, mangga, dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat menjadi jus.

2. Banyak mengkonsumsi sayuran

Selain buah-buahan, sayuran juga dinilai bagus untuk menjaga kesehatan mata. Contoh sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah bayam, ubi jalar, dan wortel. Mengkonsumsinya secara rutin akan berdampak baik bagi kesehatan mata dan menjaganya agar selalu sehat sehingga mata bisa berfungsi dengan baik.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Pada Mata

3. Jangan terlalu sering begadang

Salah satu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata yaitu terlalu banyak begadang. Layaknya manusia, mata juga memerlukan istirahat. Jika mata dipaksa utuk terus bekerja maka akan menurunnya kesehatan dan menimbulkan beberapa dampak, salah satunya mata akan menjadi merah dan kelopak mata akan sedikit membengkak.

4. Kurangi pemakaian gadget

Gadget adalah salah satu hal yang sangat dekat dengan manusia. Banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya didepan sebuah gadget. Nyatanya gadget dapat menghasilkan sebuah sebuah bluelight yang dapat merusak mata dan membuat mata cepat lelah jika kita terus menerus menerima cahaya tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membatasi penggunaan gadget demi menjaga kesehatan mata. Gunakanlah handphone atau gadget yang kita miliki dengan bijak (seperlunya). Seandainya kamu terpaksa untuk berada di depan gadget seharian karena sebuah pekerjaan, kamu bisa mengurangi sinar biru atau cahaya pada gadget yang kalian miliki.

5. Jangan menonton tv terlalu dekat

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan orang adalah menonton TV dengan jarak terlalu dekat. Tanpa disaring hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Menonton TV yang terlalu dekat akan menyebabkan mata mudah lelah dan mudah terasa pusing. Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kerusakan pada mata. Maka dari itu aturlah jarak saat menonton TV dengan jarak minimal sekitar 4-5 meter.

6. Jangan membaca diruangan gelap

Membaca di ruangan yang minim penerangan juga menjadi salah satu penyebab mata mudah lelah. Saat membaca diruangan yang gelap mata akan bekerja secara maksimal dan menyebabkan mata menjadi mudah merasa lelah. Maka dari itu carilah tempat yang cukup cahaya saat hendak membaca buku atau tulisan lainnya.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

7. Banyak meminum air putih

Secara tidak langsung ternyata banyak meminum air putih bisa menjaga kesehatan mata. Meminum banyak air putih dapat meningkatkan fokus dan membuat mata terasa lebih segar. Hal tersebut karena otak dan mata sangat berhubungan erat. Selain itu dengan banyak mengkonsumsi air putih bisa menghilangkan lingkaran hitam pada area bawah mata.

8. Rutin mengecek

Jika semua cara diatas sudah kamu jalankan, tips yang terakhir kamu hanya perlu mengecek kesehatan mata secara rutin ke klinik terdekat. Kunjungilah klinik kesehata se minimal minimalnya sekali dalam setahun. Dengan adanya pengecekan secara rutin kamu bisa mengetahui kondisi matamu seperti apa dan apabila ada gangguan bisa ditangani sengan segera agar tidak semakin memburuk.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
9 Tips Menjadi Pribadi Yang di Sukai Banyak Orang

9 Tips Menjadi Pribadi Yang di Sukai Banyak Orang

8 Game Android Terbaik di Tahun 2020

8 Game Android Terbaik di Tahun 2020