9 Rekomendasi Wisata Gunung Indonesia Terbaik Untuk Mendaki

Gunung merupakan sebuah tempat favorit bagi para pendaki. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali gunung yang terdapat dan pastinya memiliki pemandangan yang bagus-bagus. Namun, pastinya tidak semua gunung dapat didaki secara umum dan tidak semua gunung menjadi tempat yang cocok untuk sebuah pendakian. Jika kamu berniat mau mendaki sebuah gunung, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi gunung yang cocok untuk para pendaki. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gunung Semeru

gunung sameru

Di kalangan para pendaki pastinya nama semeru sudah tidak asing lagi di telinga. Semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif dan gunung yang satu ini menjadi gunung tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. medan yang di tempuh untuk mencapai puncak dari gunung semeru yaitu puncak mahameru, tentunya tidak mudahdan perlu persiapan fisik serta mental yang matang.

Di jalan menuju puncak mahameru kamu akan menemukan sebuah danau bernama ranu kumbolo. Di tempat ini sering dijadikan tempat beristirahat para pendaki untuk menginap dan melanjutkan perjalanan di keesokan hari. Jika kamu berniat untuk mendaki gunung semeru, persiapkan terlebih dahulu segala macam yang di perlukan dan jangan lupa pelajari tentang apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan di gunung semeru ini.

2. Gunung Bromo

gunung bromo

Bergeser sedikit dari semeru kamu akan menemukan sebuah gunung bernama bromo. Gunung bromo ini masih dalam satu kawasan dengan gunung semeru yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Namun bebeda dengan gunung sebelumnya, gunng yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dalam dunia pendakian dan masih pertama kali untuk mendaki. Kamu bisa memilih gunung bromo ini karena tidak terlalu tinggi yaitu hanya 2.329 mdpl. Untuk akses transportasi nya juga sangat mudah dan kamu bisa menyewa sebuah jeep untuk sampai ke lokasi.

3. Gunung Sumbing

gunung sumbi

Gunung Sumbing ini terletak di 3 kabupaten sekaligus, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo di provinsi Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Gunung Sumbing terletak bersampingan dengan Gunung Sindoro. 2 gunung ini sering di bilang kembar apabila dilihat dari arah Temanggung.

Di tengah-tengah antara Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro, ada jalur raya provinsi yang menjadi penghubung antara kota Temanggung serta Wonosobo. Jalur raya provinsi ini dinamakan dengan Kledung Pass. Walaupun diucap kembar sebab kenampakan alam serta tingginya yang tidak jauh beda, tetapi dalam perihal pendakian, Gunung Sumbing memilik trek yang lebih berat sebab tingkatan kemiringannya yang terjal serta rutenya yang lebih panjang.

Baca Juga   8 Aktivitas Seru di Gili Trawangan

4. Gunung Sindoro

gunung sindoro

Pastinya jika membahas gunung sumbing tidak lepas dengan gunung sindoro. Gunung ini banyak disebut oleh orang sebagai kembaran dari gunung sumbing yang telah dibahas tadi. Gunung ini memiliki ketinggian 3.150 mdpl pastinya lebih rendah sedikit jika dibandingkan dengan gunung sumbing.

Jika kamu mendaki ke gunung Sindoro ini, kamu akan disuguhkan dengan lautan awan yang terhampar luas. Selain itu di gunung ini terkenal dengan matahari terbit (sunrise) yang sangat indah. Gunung Sindoro ini juga terkenal dengan hamparan puncak yang sangat luas.

Banyak gunung yang memiliki cerita mistis serta mitos tidak terkecuali Gunung Sindoro. Bila kamu memiliki niat mendaki ke Gunung Sindoro, kamu wajib menguasai serta mentaati seluruh peraturan yang wajib di patuhi serta pantangan yang tidak boleh sama sekali kamu jalani dikala kamu terletak di Gunung Sindoro. Entah itu pada waktu di ekspedisi ke atas ataupun saat berada di puncak.

5. Gunung Rinjani

gunung rinjani

Beralih dari pulau jawa, ada sebuah gunung di daerah Lombok, Nusa Tenggara barat yang tidak kalah menarik dengan gunung-gunung lainya untuk kamu daki. Gunung ini memiliki ketinggian sedikit lebih dari Gunung Semeru yaitu 3.726 mdpl. Gunung Rinjani ialah gunung berapi paling tinggi kedua di Indonesia dan termasuk kedalam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung yang satu ini dikelilingi oleh hutan yang lebat dan masih sangat terasa keasriannya dengan luas yang mencapai 76.000 hektar. Untuk akses menuju ke pulau Lombok terdapat dua pilihan, yaitu jalur darat dengan menggunakan bis dan perahu. Untuk akses yang kedua kamu bisa menggunakan jalur udara yang langsung mendarat di pulau Lombok.

6. Gunung Merapi

gunung merapi

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini. Gunung merapi merupakan salah satu gunung yang terkenal dengan kedahsyatan saat erupsi kala itu. Siapa sangka dibalik cerita erupsi tersebut ternyata gunung yang satu ini sangat cocok untuk kamu daki bahkan tak sedikit para pendaki yang menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung favorit mereka. Dengan ketinggian 2.930 mdpl, gunung merapi menawarkan sebuah panorama yang indah nan eksotik. Berdiri tegak di sebelah utara Yogyakarta, gunung ini terlihat begitu megah dan kokoh.

Baca Juga  Jelajahi Sejarah Lewat Wisata di Kalimantan Barat

7. Gunung Prau

gunung prau

Gunung Prau menjadi salah satu gunung yang paling saya rekomedasikan. dengan ketinggian yang tidak terlalu menjulang seperti gunung-gunung yang lainnya menjadikan gunung ini sangat cocok dicoba untuk para pemula. Gunung prau ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya yang telah dibahas, panorama yang disuguhkan di atas puncak gunung prau sangat memanjakan mata.

Saat matahari terbit kamu akan melihat hamparan lautan awan yang disinari oleh matahari yang masih berwarna ke orenan. Selain itu kamu akan melihat beberapa gunung yang menjulang di sekitarnya seperti gunung merapi, sumbing, dan sindoro.

8. Gunung Raung

gunung raung

Meskipun terkenal sebagai gunung pendakian tapi gunung Raung ini tidak direkomendasikan untuk para pemula yang baru mau mulai mendaki. Berbeda dengan gunung-gunung yang sebelumnya, gunung raung ini memiliki medan trek yang sangat curam. sepanjang perjalanan kamu akan menginjakan kaki pada sebuah jalan dengan tekstur batu dan akan sangat licin jika turun hujan.

Meskipun begitu, ada sebuah pemandangan yang bisa membayar perjuangan keras tersebut. Panorama yang di suguhkan di gunung ini sangat cantik dengan kawah yang sangat luas. Gunung ini terletak di daerah Banyuwangi dengan ketinggian 3260 mdpl. Jika kamu memiliki rencana untuk mendaki gunung raung ini perlu diingat bahwa kamu harus menyiapkan segalanya terutama fisik dan mental demi kelancaran dan keselamatan saat mendaki.

9. Gunung atau Puncak Wijaya (Carstensz Pyramid)

puncak wijaya

Untuk rekomendasi gunung yang terakhir datang dari daerah timur yaitu papua. Papua memiliki sejuta keindahan dan kekayaan yang tersembunyi didalamnya. Salah satu kekayaan yang dimiliki pulau Papua adalah gunung Wijaya ini. Dengan ketinggiannya yang mencapai 4884 mdpl puncak wijaya ini menjadi gunung yang paling tinggi di Indonesia dengan puncak yang paling tinggi bernama Carstensz.

Selain ketinggiannya, yang menjadikan gunung ini unik adalah keberadaan salju yang berada di puncak wijaya tersebut. Salju ini menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia sekaligus salju terakhir yang ada di Indonesia. Untuk mendaki gunung yang satu ini diperlukannya pengalaman dan persiapan yang sangat matang.

Itulah 9 rekomendasi wisata gunung yang ada di indonesia untuk kalian para pendaki. Jika kalian sedang ingin liburan mendaki, mungkin salah satu rekomendasi gunung di atas dapat menjadi referensi kalian semua. Terimakasih!

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *