11 Fakta Gunung Gede Pangrango yang Harus Kamu Ketahui

11 fakta gunung gede pangrango – Gunung Gede merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2958 meter diatas permukaan laut (mdpl). Gunung Gede sendiri terletak di perbatasan antara wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Kondisi alam sekitar yang terkesan masih asri membuat gunung ini memiliki beragam flora dan fauna.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa Gunung Gede ini memiliki banyak sekali fakta yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Untuk itu, berikut ini akan diberikan ulasan seputar apa saja fakta dari Gununf Gede ini untuk Anda.

Memiliki Tiga Jalur Pendakian

Fakta pertama dari Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Gunung Gede masuk dalam kategori gunung berapi aktif yang dimiliki Jawa Barat.

Fakta yang bisa Anda temukan dari Gunung Gede ini adalah dimana untuk jalur pendakian Gunung Gede ini ada tiga pilihan jalur. Nah, Anda bisa memilih jalur yang sesuai dengan lokasi awal keberangkatan Anda.

Pilihan jalur yang bisa Anda gunakan adalah dari jalur Cibodas, jalur Selabintana yang ada di Sukabumi, dan jalur Gunung Putri yang ada di Cipanas. Tentunya jalur ini sudah sangat aman digunakan karena banyak dilewati oleh para calon pendaki.

Memiliki Telaga Berwarna Biru

Fakta kedua dari Gunung Gede Pangrango ini adalah dimana ternyata Gunung Gede ini memiliki telaga yang berwarna biru. Telaga atau biasanya disebut juga dengan danau ini disebut dengan telaga biru karena air danau atau air telaganya sangat jernih dan berwarna kebiruan.

Nah, warna kebiruan dari air telaganya ini didapat dari begitu banyaknya ganggang biru yang ada disekitaran area telaga tersebut. Hal inilah yang menyebabkan air telaga seolah berwarna kebiruan.

Ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir

Fakta selanjutnya yang bisa Anda ketahui dari Gunung Gede ini adalah dimana Gunung Gede ini ternyata telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977 silam. Penetapan ini tidak hanya berlaku untuk Gunung Gede saja, melainkan juga untuk seluruh kawasan dari Taman Nasional Gunung Gedenya.

Penetapan ini diberikan bukan tanpa sebab. Penetapan resmi oleh UNESCO ini tentu saja karena memang keindahan alam dari Gunung Gede ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga  Keindahan Pantai Siung Yogyakarta

Menerapkan Sistem Booking Pendakian

Fakta berikutnya dari Gunung Gede Pangrango adalah dimana gunung ini telah menerapkan sistem booking pada setiap pendakian yang akan dilakukan. Para calon pengunjung dari Gunung Gede ini diwajibkan untuk melakukan reservasi atau booking terlebih dahulu minimal 30 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Selain itu, calon pendaki juga wajib mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan surat pernyataan sehat yang bisa didapatkan dari dokter maupun klinik setempat. Hal ini dimaksudkan agar para calon pendaki bisa mendapatkan surat ijin untuk memasuki kawasan konservasi yang ada di Gunung Gede tersebut.

Gunung Pangrango Belum Pernah Meletus

Ada juga fakta Gunung Gede yang perlu Anda ketahui bahwa ternyata Gunung Gede ini tidak pernah atau beluk pernah sama sekali meletus. Hal ini dibuktikan dengan tampilan puncak gunung yang terbilang masih mengerucut dan relatif mulus.

Sementara itu, kabar yang beredar mengenai Gunung Gede meletus adalah karena adanya kawah aktif yang ada disekitaran Gunung Gede tersebut.

Merupakan Dua Gunung Berbeda

Selain itu, Gunung Gede Pangrango juga memiliki fakta lain yang menyatakan bahwa ternyata Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini merupakan dua gunung yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kedua gunung ini memang seringkali dianggap menyatu, namun kenyataan yang sebenarnya adalah dimana kedua gunung ini tidaklah sama. Gunung Pangrango memiliki ketinggian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Gunung Gede. Ketinggian dari Gunung Pangrango sendiri mencapai 3019 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Memiliki Lembah Mandalawangi

Sepertinya, memang hampir semua gunung memiliki lembah didalamnya. Begitu pula yang terjadi dengan Gunung Gede yang mana memiliki Lembah Mandalawangi. Lokasi dari lembah ini ada disekitaran dari Gunung Gede itu sendiri.

Faktanya, aktof kenamaan Soe Hok Gie kerap kali menghabiskan waktu bersantainya di Lembah Mandalawangi ini. Bahkan, Soe Hok Gie ini sempat membuat sebuah puisi yang diberi judul Mandalawangi – Pangrango. Hal inilah yang menyebabkan Gunung Gede Pangrango dijadikan sebagai salah satu tempat teristimewa, terlebih bagi para pendaki.

Pendaki Pertama Adalah Warga Asing

Bagi Anda yang berpikir baha pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung Gede ini adalah warga negara Indonesia sendiri, maka Anda salah. Fakta mengatakan bahwa yang pertama berhasil mendaki Gunung Gede ini merupakan seorang warga asing.

Baca Juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun Terpopuler Di Indonesia

Pendaki tersebut berasal dari negara Jerman yang berjenis laki-laki. Pendaki tersebut bernama C. G. C Reinwardt. Reinwardt ini ternyata mampu menaklukksn Gunung Gede pada April 1829 silam.

Memiliki Alun-Alun Surya Kencana

Fakta berikutnya yang membahas terkait dengan Gunung Gede Pangrango adalah dimana gunung ini juga memiliki alun-alun disekitarnya. Alun-alun ini bermama alun-alun Surya Kencana.

Alun-alun ini terletak disebelah Timur dari Gunung Gede. Alun-alun ini juga dihiasi oleh padang rumput dengan berbagai tanaman edelweis yang sangat indah. Terbayangkan bukan bagaimana keindahan yang ditawarkan?

Masuk Dalam Kawasan Taman Nasional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Gunung Gede termasuk dalam Kawasan Taman Nasional itu sendiri. Faktanya, taman ini ternyata merupakan salah satu taman dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan dan diresmikan di Indonesia.

Destinasi Wisata Terkenal

Salah satu fakta terakhir sari Gunung Gede Pangrango adalah bahwa gunung ini merupakan salah satu area destinasi wisata terkenal di Jawa Barat. Disini terdapat beberapa destinasi wisata terkenal seperti Curug Cibeureum dan Canopy Trail. Kedua destinasi ini cukup terkenal dikalangan milenials.

Selain itu, di Gunung Gede ini terdapat banyak sekali warga sekitar yang menjajakan barang dagangannya di sepanjang jalanan. Terlebih Anda bisa menjumpai banyak sekali pedagang di Alun-Alun Surya Kencana.

Hal ini tentu akan sangat dimanfaatkan oleh para warga sekitar untuk mencari pundi-pundi uang sebagai tambahan pemasukan sehari-harinya. Bagaimana tidak jika kawasan daerahnya dijadikan sebagai tempat wisata bagi banyak orang.

Ada beberapa makanan yang dijadikan sebagai menu andalan dari daerah Gunung Gede ini. Dua diantaranya adalah gorengan dan nasi uduk. Kedua menu masakan ini harus sekali Anda coba jika berkunjung ke Gunung Gede.

Inilah beberapa fakta dari Gunung Gede Pangrango yang perlu Anda ketahui untuk kemudian Anda nikmati ketika berkunjung ke Gunung Gede tersebut. Bagi Anda yang memang suka mendaki, jangan lupa untuk memasukkan Gunung Gede kedalam bucket listnya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang hangat ketika berwisata ke Gunung Gede ini, karena udara disekitar area pegunungan tentunya akan terasa dingin. Sebelum berangkat, upayakan terlebih dahulu untuk mengecek performa dari kendaraan Anda. Dapatkan juga informasi lebih lengkap hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *