Susah buang air besar atau yang menyebabkan sembelit merupakan kondisi dimana seseorang mengalami susah buang air besar dikarenakan mengerasnya feses atau tinja saat buang besar, hal ini memicu terjadinya susah buang air besar dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini akan membuat penderitanya tidak nyaman karena ketika sembelit terjadi penderitanya akan merasakan kembung serta perut terasa penuh seperti belum buang air  besar hingga ingin muntah. Bila ada rasa seperti itu bisa dipastikan orang tersebut mengalami sembelit.

 

Masalah kesehatan sembelit tidak bisa dibiarkan begitu saja perlu ditangani serius karena bila sudah lebih dari seminggu tidak ada perubahan maka segera lakukan pengobatan ke medis agar bisa ditangani secara intensif.Sembelit yang berkepanjangan bisa menimbulkan kronis dan akan menimbulkan BAB bercampur darah. Oleh karenanya sebelum itu terjadi diperlukan pengobatan agar sembelit bisa diatasi.

 

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit salah satunya karena kurangnya menerapkan gaya hidup sehat, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Tidak hanya itu saja sembelit terjadi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh sehingga menimbulkan susah buang air besar.  Untuk itu agar terhindar dari masalah sembelit maka kita perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga, minum air putih yang banyak, dan juga mengonsumsi makanan yang berserat seperti buah pisang, apel, wortel, dan juga sayur-sayuran yang mengandung serat.

 

Nah itulah beberapa gejala yang dirasakan ketika tubuh mengalami  susah buang air besar dan juga sembelit. Ketika BAB sulit selama seminggu perlu melakukan pengobatan agar BAB bisa kembali lancar. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk atasi masalah sembelit diantaranya:

 

1. Minum air putih yang banyak

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika BAB tidak lancar kamu perlu mengonsumsi air putih yang cukup sehingga terhindar dari dehidrasi. Air putih memiliki peranan penting dalam meringankan sembelit, boleh jadi terjadinya sembelit dikarenakan kurangnya cairan dalam tubuh. Cukup minum air putih 2 liter sehari buang air besar bisa lancar.

 

2. Mengonsumi makanan berserat

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ketika susah buang air besar atau sembelit, kamu perlu mengosumsi makanan yang mengandung serat. Boleh jadi terjadinya susah buang air besar dikarenakan tubuh kekurangan serat sehingga menimbulkan BAB menjadi tidak lancar. Banyak jenis makanan serat yang bisa dipilih untuk melancarkan BAB salah satunya adalah buah pisang, sayur kangkung, buncis, daun pepaya, dan juga bisa dengan mengonsumsi biji-bijian seperti kacang dan masih banyak lagi.

 

3. Melakukan aktifitas fisitas fisik seperti olahraga

Tidak hanya mengonsumsi makan berserat saja, ketika terjadi susah buang besar kamu juga perlu melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Cobalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti jogging, berenang, bersepeda, dan masih banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan sehingga bisa membantu mengurangi sembelit.

4. Mengonsumsi makanan probiotik

Ketika sedang mengalami masalh kesehatan susah buang air besar atau sembelit, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan buang air besar dengan mengonsumsi makanan prebiotik. Prebiotik sendiri terbukti ampuh untuk mengatasi susah BAB. Banyak jenis makanan probiotik yang bisa dipilih seperti yogurt, tempe, keju, dan masih banyak lagi.

 

5. Mengonsumsi obat herbal

Banyak obat herbal yang bisa dipilih untuk bisa mengatasi susah buang air besar diantaranya seperti daun senna misalnya. Daun senna juga bisa dijadikan pilihan sebagai alternatif obat herbal karena daun ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk melancarkan BAB.

 

6. Minum suplemen

Tidak lupa juga untuk mengonsumsi suplemen agar bisa membantu proses penyembuhan sembelit. Banyak jenis suplemen yang tersedia di pasaran yang bisa dipilih, salah satu suplemen untuk melancarkan BAB dengan Vegeta herbal. Minuman vegeta serbuk ini memiliki kandungan yang terbukti ampuh untuk atasi sembelit sehingga buang air besar menjadi lancar.

 

Jadi diatas merupakan langkah yang perlu dilakukan ketika sembelit atau susah BAB. Dengan melakukan cara diatas mudah-mudahan sembelitnya bisa sembuh dan aktivitas menjadi lancar karena tidak ada lagi gangguan seperti sembelit. Selain itu, ketika sulit BAB langsung diatasi maka kamu terhindar dari sembelit kronis yang menimbulkan pendarahan saat melakukan BAB.

 

Terapkan hidup sehat agar masalah kesehatan seperti yang disebutkan diatas tidak terjadi dan yang pasti buang air besar menjadi lebih lancar. Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menangani sembelit, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua ya.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.