Pesona Keindahan Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Keindahan pantai parangtritis Yogyakarta – Parangtritis merupakan salah satu pantai selatan terluas yang ada di wilayah Yogyakarta. Disini, Anda akan dimanjakan dengan beragam jenis kegiatan menarik yang akan membuat Anda semakin betah berlama-lama berada di pantai ini.

Parangtritis memang menjadi salah satu ikon dari Yogyakarta yang dikenal karena legendanya dengan Ratu Kidul sebagai penguasa dari pantai selatan. Namun dibalik itu semua, ada keindahan yang memang tidak bisa diragukan lagi.

Di pantai ini, para wisatawan bisa bebas melakukan banyak aktivitas menarik dan seru karena area pantainya yang terbilang sangat luas. Disini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti berkeliling dengan berkuda, menggunakan ATV, maupun menggunakan delman.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak jenis olahraga air seperti bermain ombak dipinggiran pantai, duduk-duduk santai menikmati suasana pantai, bermain bola pasir, hingga bermain layang-layang.

Ada mitos unik yang hingga saat ini masih dipercaya oleh warga sekitar maupun wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Parangtritis ini. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, maka ada larangan bagi Anda untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau karena dipercaya nantinya akan ditarik oleh penguasa kedalam laut.

Terlepas dari mitos yang beredar diantara masyarakat, Parangtritis memang memiliki keindahan laut yang sangat indah. Pantainya sendiri sangatlah luas dengan dihiasi pasir besi hitam.

Selain melakukan banyak kegiatan menarik, Anda juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tidak hanya itu, setelah berenang dan bermain air laut tentunya perut akan terasa lapar. Nah, untuk itu Anda tidak perlu khawatir lagi karena di pantai ini sudah tersedia puluhan warung makan dengan beragam suguhan hasil laut.

Pantai Parangtritis termasuk dalam kategori pantai spesial di Indonesia. Hal ini dikarenakan pantainya memiliki padang pasir selayaknya yang dimiliki oleh belahan dunia Arab. Disini Anda bisa menemukan gundukan pasir pantai yang menyerupai padang pasir si Arab. Nah, padang pasir yang ada di Parangtritis ini disebut dengan Gumuk Pasir.

Lokasi Parangtritis

Objek wisata Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Jarak antara objek wisata Parangtritis dengan pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 27 km. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, telah disediakan dua jalur yang bisa dipilih sesuai dengan lokasi keberangkatan.

Baca Juga   8 Aktivitas Seru di Gili Trawangan

Jalur yang pertama adalah dimana Anda bisa lewat dari Jalan Parangtritis menuju Kretek dan berakhir di pantai tersebut. Jalur kedua adalah dimana Anda bisa lewat melalui Yogyakarta lalu masuk ke Imogiri hingga sampai di Parangtritis.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki area Pantai Parangtritis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, karena harga tiket yang ditetapkan cukup terjangkau dan relatif murah. Untuk harga tiketnya adalah 10 ribu rupiah saja per orangnya.

Harga tiket tersebut sudah meliputi semua objek wisata yang ada di Parangtritis, seperti wisata Gumuk Pasir, Pantai Depok, dan masih banyak objek wisata lainnya yang juga tercover dengan tiket tersebut.

Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Jadi, bagi Anda yang ingin datang dan bermalam di pantai ini, tentu saja bisa. Terlebih bagi Anda yang tidak ingin melewatkan indahnya sunset maupun sunrise dari Parangtritis.

Fasilitas Parangtritis

Di Pantai Parangtritis ini sudah disediakan berbagai fasilitas lengkap untuk memanjakan para pengunjungnya. Pengelolaan ini dilakukan langsung oleh Pemkab Bantul, sehingga kelengkapan fasilitas pariwisatanya sudah pasti lengkap dan sesuai standar.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Parangtritis adalah seperti area parkir yang cukup luas, sehingga mampu menampung banyak kendaraan dari para pengunjung yang datang silih berganti. Tidak hanya itu, disediakan pula persewaan kamar mandi yang bisa digunakan sebagai tempat bilas setelah bermain di pantai.

Di pantai ini juga ada banyak sekali toko yang menjual aneka pernak-pernik kerajinan khas warga setempat yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Disepanjang pantai juga terdapat banyak warung makan dengan menu khas Yogyakarta dengan hasil laut yang segar.

Selain dijaga langsung oleh Tim SAR, pada musim liburan berlangsung pantai ini juga akan diamankan langsung oleh Posal atau Pos Angkatan Laut Samas bersama dengan tim kemaritiman. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan diwilayah Pantai Parangtritis.

Objek Wisata Parangtritis

Objek wisata yang pertama di Parangtritis ini adalah paralayang. Wahana yang satu ini cukup menantang adrenalin Anda. Bagi Anda yang memang ingin menikmati keindahan dari Parangtritis dari atas, bisa menyewa paralayang ini.

Objek wisata kedua yang ada di Parangtritis adalah Gelaran Acara. Masyarakat setempat meyakini bahwa kawasan dari pantai ini merupakan perwujudan kesatuan antara Gunung Merapi, Parangtritis itu sendiri, dan Keraton Yogyakarta. Nah, kejadian yang banyak terjadi pun kerap kali dihubungkan dengan ketiga tempat tersebut.

Baca Juga  Wisata Sulawesi yang Sangat Keren dan Wajib untuk Dikunjungi

Hal inilah yang akhirnya mendorong warga untuk melakukan acara Gelaran yang dilangsungkan dikawasan Parangtritis. Gelaran ini diantaranya adalah seperti Lenterne Ferstival De Paris, Jogja Air Show, dan Malam Tahun Baru Jawa atau yang bissa dikenal dengan malam Sura.

Pada saat Gelaran Acara berlangsung, tentu saja ada banyak sekali pengunjung yang datanf ke Pantai Parangtritis ini. Gelaran adat dan budaya yang dilangsungkan merupakan bagian dari tradisi serta kepercayaan masyarakat terhadap adat yang selama ini diyakini.

Selain itu, Gelaran Acara tersebut dilakukan dalam rangka untuk mendukung adanya promosi dan untuk mengangkat potensi wisata dari Parangtritis itu sendiri.

Objek wisata berikutnya yang ada di Parangtritis adalah Palung. Karakteristik dari Parangtritis sendiri sangatlah berbeda dengan jenis pantai lainnya. Kawasan Parangtritis menghadap langsung kearah Samudra Hindia tanpa adanya karang sebagau penghalangnya.

Pihak pengelola pantai menghimbau agar para pengunjung tidak mandi di pantai ini dikarenakan perairan tepi lautnya memiliki beberapa palung. Jumlah dari palung itu sendiri sering berubah, bahkan letaknya pun kerap bergeser akibat dari pengaruh angin dan gelombang laut.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Palung yang ada di Pantai Parangtritis ini memiliki ciri bergelombang tenang serta tidak adanya buih putih diatas air pantainya.  Tim SAR selalu melakukan berbagai upaya untuk mencegah agar para pengunjung tidak mandi di area sekitaran palung.

Hal ini dilakukan dengan cara menandai titik palung dengan menggunakan papan pemberitahuan atau peringatan, penjagaan personel yang diperketat, serta memberikan spanduk peringatan besar agar mudah dibaca.

Bagi Anda yang mungkin berasal dari luar kota dan lelah dengan perjalanan yang dilakukan, maka bisa menginap di hotel maupun penginapan yang ada disekitar wilayah pantai. Uniknya, ada beberapa hotel dan penginapan yang memiliki lokasi diatas bukit sehingga Anda bisa dengan leluasa menikmati keindahan Parangtritis dari atas ketinggian.

Inilah keindahan dari Pantai Parangtritis yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi pantainya. Jika Anda berlibur ke Yogyakarta tidak akan afdol jika belum mengunjungi Parangtritis. Jangan lupa untuk tetap mematuhi semua arahan yang diberikan ketika sedang berada di pantai, ya! Coba dapatkan informasi lain yang terlengkap hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *