Keindahan Pantai Siung Yogyakarta

Keindahan pantai siung Yogyakarta – Di Indonesia, ada banyak sekali destinasi wisata alam yang begitu menawan dan wajin Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Wisata yang ditawarkan mulai dari wisata alam berupa pegunungan, laut, hingga wisata buatan. Bagi Anda yang merupakan seorang traveler, tentu saja akan sangat menyukai wisata alam.

Nah, salah satu wisata alam yang cukup ramai digandrungi oleh masyarakat dan para milenials adalah wisata pantai. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pantai dengan pesona yang sangat menakjubkan.

Di bagian Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta, ada salah satu pantai yang cukup terkenal dengan keeksotisannya yakni Pantai Siung. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Purwodadi, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Nah, lokasi dari objek wisata ke pusat Yogyakarta adalah sejauh 70 km. Meskipun pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun kebersihan dan keindahannya masih sangat terjaga. Destinasi wisata ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang indah.

Ada hal menarik dari pantai ini, yakni dimana pantainya memiliki 250 jalur panjat tebing yang sudah berstandar internasional. Ada pula sebuah tebing yang menjulang dengan tingginya dari arah Timur ke Barat, uniknya tebing ini berbentuk seperti gigi kera atau yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan Siung Wanara.

Hal inilah yang melatarbelakangi diberikan nama Siung pada destinasi pantai ini. Informasi ini didapatkan dari berbagai cerita masyarakat berdasarkan mitos yang terus berkembang hingga saat ini.

Pantai Siung bisa dikatakan memiliki jarak yang tidak cukup jauh dengan pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Semua pantai tersebut hanya dipisahkan oleh tebing yang menjulang tinggi.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan dari destinasi wisata pantai ini, maka Anda perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya retribusi dari Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Harga tersebut tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan panorama alam yang disuguhkan.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, maka Anda perlu membayarkan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah saja untuk sepeda motor dan 5 ribu rupiah saja untuk mobil. Namun, jika Anda berencana untuk melakukan camping, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Rute Wisata Pantai

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata Pantai Siung ini, ada beberapa rute perjalanan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan lokasi awal dari keberangkatan yang Anda lakukan. Pertama, jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta, maka Anda bisa masuk dari arah Jalan Piyungan yang kemudian dilanjutkan ke Wonosari.

Baca Juga  Wisata Hutan Pinus Jogja yang Alami Keindahannya

Dari Wonosari, perjalanan diteruskan menuju ke Selatan arah Pantai Baron. Sekitar 9 km lagi ada pertigaan di Desa Mulo, Anda lurus menuju arah Pantai Baron. Kemudian Anda masuk jalur Mentel menuju Bintaos lanjut ke Tepus dan masuk ke Pertigaan Winangun. Setelah itu belok kanan ke arah Siung.

Jarak tempuh yang dibutuhkan dari Wonosari ke pantai ini adalah sekitar 40 km dengan kondisi jalan berkelok dan agak sempit, sehingga membuat perjalanan sedikit terasa lebih lama.

Jika Anda berangkat dari Klaten, maka Anda tinggal masuk ke arah Semanu, lanjut ke Giripanggung, lalu Sumberwungu, Klayu, Gude, dieruskan ke Blekonang, Winangun, hingga sampai di Pantai Siung.

Jika Anda memulai perjalanan dari Solo, maka Anda tinggal masuk ke arah Paci, kemudian ambil arah ke Kecamatan Rangkop, lanjut ke Nglindur. Setelah itu, di pertigaan sebelum pasar Ngancah Anda belok kanan masuk ke Pasar Jepitu. Ambil jalan lurus ke arah pertigaan Winangun, belok kiri, dan Anda pun sampai di pantai tersebut.

Objek Wisata

Selain memiliki panorama yang cukup memukau, destinasi pantai ini juga memiliki beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati ketika berlibur ke pantai tersebut. Berikut ini akan dijabarkan apa saja objek wisata yang ada di daerah Pantai Siung.

Panjat Tebing

Objek wisata pertama yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah panjat tebing. Ceritanya adalah dimana pada tahun 1989, tebing dari pantai ini digunakan sebagai media panjat tebing oleh sekelompok pecinta alam yang berasal dari Jepang. Nah, karena hal itulah hingga saat ini pemerintah setempat tetap melestarikan kegiatan panjat tebing sebagai daya tarik wisatanya.

Menariknya, destinasi wisata pantai ini juga pernah dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan perlombaan panjat tebing dalam rangka ASEAN Climbing Gathering. Peserta dari acara tersebut mencapai 250 orang yang berasal dari beberapa negara Eropa dan Asia.

Adanya hal inilah yang menyebabkan pantai tersebut mendapatkan julukan tersendiri yakni Siung Beach, the Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Camping atau Berkemah

Objek wisata berikutnya yang ada di Pantai Siung ini adalah camping atau berkemah. Jika memang Anda masih ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, maka Anda bisa mendirikan tenda disekitaran area camping yang sudah disediakan, yakni dibagian Timut dari pantai tersebut.

Baca Juga  Wisata Pekanbaru yang Cocok untuk Backpacker

Jika senja telah tiba, Anda bisa menikmati indahnya sunset dengan suara debur ombak yang begitu menenangkan. Ketika malam tiba, Anda juga bisa menikmati indahnya hamparan bintang dilangit.

Selain itu, di area camping juga telah disediakan rumah panggung yang digunakan untuk melihat pemandangan dengan lebih luas. Nah, rumah panggung ini sendiri mampu menampung sebanyak 15 orang pengunjung.

Menaiki Bukit

Selain bisa menikmati pemandangan yang ada, Anda juga bisa menjelajahi bagian tepi Pantai Siung ini dengan menaiki sebuah bukit. Bagi Anda yang masih ragu dan takut untuk menaikinya, tidak perlu khawatir lagi, karena pihak pengelola sudah menyediakan jalur khusus yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk mempersingkat waktu tempuh.

Dihimbau kepada seluruh pengunjung yang ingin menaiki bukit untuk tetap berhati-hati karena adanya jurang yang cukup curam dan terjal disebelah tebing. Di atas bukit ini Anda bisa menikmati keindahan pantai dan bisa juga digunakan sebagai spot untuk melihat sunset.

Melihat Kera

Tidak hanya panorama alamnya saja yang cukup memikat para pengunjung, melainkan juga terlihat diatas tebing segerombolan kera yang akan turun ke area pantai ketika sedang sepi pengunjung.

Anda tentu tidak perlu khawatir akan kera liar tersebut, karena jika Anda tidak mengganggu maka kera tersebut pun tidak akan mengganggu Anda. Anda pun bisa berfoto dengan kera liar tersebut, namun dari jarak jauh. Hati-hati juga dengan barang bawaan Anda ketika ingin melihat kera dari jarak dekat.

Bermain Pasir Putih

Tentu tidak akan afdol jika Anda berlibur ke pantai namun tidak bermain pasir pantainya. Di pantai ini Anda bisa menikmati pasir putih pantainya dengan bersantai dibawah pohon sambil mendengarkan merdunya deburan ombak.

Inilah beberapa pesona dari Pantai Siung yang bisa Anda nikmati ketika berlibur ke Yogyakarta. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pantai sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk tidak membuang sampah sembarangan demi menjaga keindahan dan kebersihan dari area disekitaran pantainya. Dapatkan lebih lengkap lagi informasi lain hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *