Makanan Khas Bali dengan Cita Rasa yang Nikmat

Makanan Khas Bali dengan Cita Rasa yang Nikmat – Bali merupakan alah satu wilayah di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Banyak turis-turis dari luar negeri yang memilih untuk berkunjung ke pulau Bali dibandingkan daerah lain di Indonesia. Hal ini dikarenakan keindahan alam di Bali sangatlah memukau apalagi pantai bali yang dijadikan tempat berjemur para bule.

Bila Anda mengunjungi Bali maka Anda tidak hanya bisa melakukan wisata alam ataupun wisata religi, sebab Anda juga bisa melakukan wisata kuliner dengan menjajal seluruh makanan khas Bali. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa makanan-makanan khas pulau Bali memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan juga berhasil menarik berhatian banyak orang untuk melakukan kunjungan ke pulau Bali.

Adapun makanan Bali yang wajib untuk Anda coba ketika berkunjung ke kota Bali adalah sebagai berikut. Siapkan makanan Anda untuk membaca informasi berikut ini, jangan sampai Anda ngiler dan merasa kelaparan karena kenikmatan makanan khas Bali ini.

Sate Lilit

Makanan khas Bali pertama yang wajib untuk Anda coba adalah sate lilit, jenis sate ini sangatlah terkenal karena keunikan dan cita rasa enak yang dimilikinya. Daging yang digunakan untuk sate ini adalah daging hewan sepertii sapi, ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Yang membuatnya berbeda dari jenis sate lainnya adalah karena daging yang digunakan dicincang halus terlebih dahulu kemudian diberikan bumbu.

Karena dagingnya adalah daging cincang berbumbu maka pastinya sate tersebut tidak ditusuk layaknya sate biasa. Daging cincang tersebut diolah menjadi sate lilit yang direkatkan hingga menempel pada tusukan sate yang terbuat dar bambu ataupun batang serai. Namun lebih sering menggunakan serai dibandingkan bambu apalagi sate lilit yang digunakan sesajen ketika acara keagamaan.

Ketika Anda berkunjung ke Bali maka Anda bisa menjumpai sate lilit di setiap warung yang ada di Bali. Sebab sebagai makanan Khas Bali maka pastinya banyak orang yang mencari makanan yang satu ini. Menikmati pantai dengan sajian sate lilit adalah aktivitas yang sangat menyenangkan ketika sedang berada di Bali.

Nasi Campur Bali

Makanan yang juga wajib untuk Anda nikmati ketika sedang berkunjung ke Bali adalah nasi campur bali. Mungkin tidak begitu berbeda dengan nasi campur pada umumnya, tetapi yang menjadikan nasi campur Bali ini berbeda adalah karena bumbu dari lauk yang disajikan adalah bumbu-bumbu khas makanan bali yang tidak bisa Anda rasakan pada masakan dari daerah lainnya.

Baca Juga  11 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba

Dengan cita rasa yang mantap tanpa adanya penggunaan gula di dalam setiap makanannya membuat makanan bali ini benar-benar nikmat untuk disantap. Nasi Campur ini menggunakan lauk seperti sate, ayam bumbu bali, sayur, dan juga tidak pernah ketinggalan pastinya selalu ada sambal matah.

Nasi Jinggo

Jenis makanan khas Bali selanjutnya adalah nasi jinggo, yakni sebuah hidangan nasi yang dilengkapi dengan berbagai lauk seadanya yang dibungkus dengan daun pisang. Bungkusan daun pisang inilah yang membuat nasi jinggo menjadi sangat unik. Makanan ini pertam hadir pada tahun 1997 di Bali ketika krisis moneter sedang melanda Indonesia.

Pada masa itu makanan ini dijual dengan harga 1500 rupiah yang mana dalam bahasa Hokkien disebut jeng go sehingga hadirlah makanan ini sebagai makanan penyelamat masyarakat Bali pada masa itu.

Ayam Betutu

Makanan Bali berikutnya yakni ayam betutu, sebuah olahan ayam yang terkadang mengunakan bebek yang dimasak dengan keadaan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu. Ayam ini di masak dengan memasukkan berbagai jenis bumbu dan rempah terlebih dahulu ke bagian perut ayam. Setelah bumbu dan rempah dimasukkan ke dalam perut ayam maka selanjutnya pada bagia luar ayam juga dibaluri dengan bumbu halus khas bali.

Setelah dibumbui maka ayam ini dibungkus menggunakan daun pisang ataupun daun pinang kemudian dipanggang. Proses pemanggangan ayam ini juga sedikit unik karena dipanggang di dalam panas bara api yang berasal dari sekam. Dengan cara pengolahan seperti ini, maka makanan khas Bali ini dapat dinikmati bahkan dalam waktu sehari semalam tanpa basi. Untuk rasanya sendiri sangatlah gurih dan membeikan cita rasa yang pedas. Seluruh bumbu meresap sempurna sampai ke dalam daging ayam.

Serombotan

Makanan olahan khas bali berikutnya adalah serombotan, sebuah olah sayur yang mirip dengan sayur urap. Namun yang menjadikannnya berbeda adalah penggunaan sayur yang digunakan. Untuk Serombotan sendiri menggunakan sayur bayam, kangkung, buncis, taogem kacang panjang, pare, dan terong bulat. Dari segi bumbu juga berbeda sebab tidak hanya menggunakan kacang tetapi bumbu serombotan juga menggunakan kunyit, lengkuas, kencur, dan juga bumbu kacang yang pedas.

Serombotan ini bisa Anda makan sendiri layaknya urap gado-gado tetapi juga dapat Anda santap menggunakan nasi sehingga dapat dijadikan sebagai lauk makanan Anda.

Baca Juga  5 Tips Ketika Memilih Makanan Halal

Bubur Mengguh

Makanan khas Bali berikutnya adalah bubur Mengguh, sejenis bubur ayam dengan cita rasa yang khas dan berbeda dengan bubur ayam biasanya. Bubur mengguh terdiri dari bubur putih, ayam suwir, dan juga potongan ayam dengan ukuran sedang yang telah dibumbuh dengan berbagai rempah kemudian disiramkan kaldu ayam kental di atas bubur tersebut sehingga menciptakan rasa bubur yang sangat gurih dan enak untuk disantap.

Bubur Mengguh ini sendiri asli berasal dari daerah buleleng, bali bagian utara sehingga bumbu yang digunakan memang berasal dan khas Bali tanpa adopsi bumbu dari bubur ayam pada umumnya.

Sate Plecing

Untuk Anda yang hobi makan makanan pedas maka Anda sangat cocok untuk mencoba jenis sate yang satu ini, yakni sate plecing yang merupakan sate daging sapi atau ayam yang disajikan dengan sambal plecing yang mempunyai rasa pedas, asam segar, dan juga gurih. Bila Anda tidak begitu tahan dengan pedasnya cabai maka Anda bisa menyantapnya dengan menambahkan kecap manis.

Pada awalnya sate ini hanya dijadikan sebuah hidangan di kerajaan ketika sedang membuat perayaan keluarga. Namun saat ini sate plecing telah menjadi hidangan yang mudah di dapatkan di warung-warung yang ada di Bali.

Bebek Timbungan

Bila Anda seseorang yang tidak suka dengan bebek karena tekstur yang keras, maka pastinya Anda tidak akan menolak bila diberikan hidangan bebek timbungan. Sebab makanan khas Bali yang satu ini merupakan olahan bebek yang dimasak dalam kurun waktu yang cukup lama, yakni sekitar 12 jam menggunakan rempah-rempah pilihan. Proses masak yang sangat lama ini membuat seluruh bumbu masuk ke dalam daging dan membuat daging bebek menjadi sangat empuk.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan daging bebek yang akan keras, karena sekali Anda menggigitnya maka daging-daging yang menempel akan dengan sangat mudahnya terlepas dari tulangnya. Selain itu bumbu rempah yang digunakannya sangatlah khas dan begitu gurih dan sangat terasa.

Demikianlah beberapa makanan khas Bali yang sangat wajib untuk Anda nikmati ketika Anda sedang berada di Bali, belum lengkap rasanya mengunjungi suatu daerah jika belum mencoba makanan khas dari daerah tersebut.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

makanan khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer

Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer – Mengunjungi suatu daerah tidak akan lengkap rasanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *