Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer

Makanan Khas Jawa Barat yang Sangat Populer – Mengunjungi suatu daerah tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas daerah tersebut. Begitu halnya jika Anda berkunjung ke Jawa Barat, maka tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba aneka makanan khas yang ada di daerah ini. Sebab cita rasa makanan suatu daerah tidak akan kamu dapatkan di daerah lainnya.

Jawa Barat selain terkenal dengan objek wisata dan aneka brend-brend distro terkenal, jawa barat juga terkenal dengan aneka makanan khas yang memiliki rasa yang nikmat dan juga mampu mengunggah selera. Makanan di daerah Jawa Barat berbeda dengan makanan di daerah lainnya yang memiliki cita rasa manis disetiap makanannya. Namun di jawa barat lebih dominan dengan makanan pedas dibandingkan makanan asin namun manis.

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke Jawa Barat entah itu ke Bandung, sumedang, cirebon atau ke kota – kota lain yang ada di Jawa barat maka Anda jangan sampai melewatkan makanan khasa Jawa Barat yang paling populer dan banyak disukai oleh masyarakat lokal maupun masyarakat dari daerah lainnya. Lantas apa saja makanan-makanan khas yang sangat populer tersebut? berikut ini informasi lengkapnya mengenai hal tersebut.

Combro

Makanan khas pertama yang sudah sangat terkenal adalah Combro, sebuah makanan yang sangat populer sehingga sudah banyak ditemukan di daerah-daerah lainnya dengan berbagai macam olahan. Namun sebenarnya combro merupakan sebuah singkatan dari oncom di jero yang artinya oncom yang dijadikan isian. Sambal oncom yang dibentuk bulat dijadikan isian singkong yang telah dihaluskan dan dibulatkan.

Sambal combro di masukkan menjadi isian singkong yang telah dihaluskan dan diberikan bumbu seperti bawang merah, putih, dan juga cabai. Sehingga ketika Anda menggigit combro baik itu telah mengenai oncomnya atau baru singkongnya maka rasa yang dihasilkan adalah rasa gurih dan juga pedas, serta menghasilkan sensasi garing karena bulatan singkong dan oncom tersebut digoreng hingga garing.

Rasa dari combro ini benar-benar menggambarkan karakteristik dari makanan khas Jawa Barat yang pedas dan juga gurih. Walaupun combro sudah banyak dijual di daerah lain, tetapi menyantap combro asli Jawa Barat akan memberikan sensasi berbeda tersendiri dan cita rasa yang lebih nikmat pastinya.

Karedok

Makanan selanjutnya yang juga sangat wajib untuk Anda santap ketika Anda sedang berkunjung ke Jawa Barat adalah karedok, sejenis makanan sehat yang berbentuk menyerupai gado-gado tetapi sangat jauh berbeda. Yang menjadikannya berbeda adalah penggunaan sayur dalam karedok ini adalah sayur mentah yang tanpa di rebus terlebih dahulu, sehingga rasanya masih sangat segar.

Baca Juga  5 Tips Ketika Memilih Makanan Halal

Sayur-sayur mentah tersebut diiris kecil-kecil kemudian disiramkan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah goreng, gula jawa, bawang putih, kencur, cabai, terasi, asam, dan juga garam sehingga rasa dari makanan khas Jawa Barat ini lebih gurih dan juga sudah memberikan sensasi pedas pada bumbunya walaupun tidak diberikan tambahan sambel ketika dihidangkan.

Cita rasa dari karedok juga berbeda dari gado-gado ataupun ketoprak karena penggunaan kencur pada karedok yang menjadikan rasanya benar-benar menggiurkan dan memberikan wangi yang sanagt nikmat.

Lotek

Makanan Jawa Barat berikutnya yang juga merupakan makanan khas adalah lotek, sejenis makanan yang menyerupai lotek dan gado-gado tetapi yang membedakannya adalah lotek menggunakan sayur yang direbus hingga matang. Serta penggunaan terasi pada bumbunya dan juga ketika disajikan, lotek akan disajikan dengan ketupat, telur rebus, kerupuk, dan juga bakwan sebagai pelengkap pada makanan tersebut.

Selain itu bumbu kacang dari lotek jauh lebih manis dan juga lebih kental daripada bumbu dari karedok yang agak sedikit cair dari lotek.

Serabi

Bila Anda mengunjungi Jawa Barat khususnya Bandung maka Anda pastinya akan menemukan banyak rumah makan atau tempat makan yang menjual kue serabi ini. Hal ini karena serabi merupakan suatu makanan khas Jawa Barat khususnya di kota Bandung. Meskipun sebenarnya serabi juga terdapat di beberapa provinsi lain, tetapi serabi Jabar ini memiliki cita rasa yang khas dan cara pengolahan yang juga sangat khas.

Ukuran serabi dari Jabar jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran serabi didaerah lain, kemudian serabi Jabar ini dimasak diatas yungku yang panas menggunakan kayu dan juga api sehingga bau asap dari tungku membuat aroma dari serapi menjadi sangat enak. Sebenarnya serabi Jawa barat asli terdapat dua jenis, yakni serabi asin dan serabi manis tanpa adanya tambahan toping apapun, tetapi adonan serabi yang memang asin dan juga manis.

Akan tetapi saat ini serabi sebagai makanan khas telah mengalami perkembangan dengan penambahan toping di atas serabi itu sendiri. Contoh topingnya seperti coklat, keju, mayonaise, sosis, dan jenis toping asin dan manis lainnya.

Baca Juga  10 Makanan Terfavorit Khas Bandung Yang Wajib Kalian Coba

Tahu Sumedang

Sangat tidak lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke Jawa Barat khususnya Sumedan kemudian Anda tidak mencoba tahu sumedang yang memiliki bentuk kecil dan tekstur luar yang sangat renyah. Walaupun mirip dengan tahu goreng kriuk biasanya namun jangan salah tahu sumedang sebagai makanan khas Jawa Barat memiliki cita rasa renyah, gurih, tetapi bagian dalam tahu kupong tetapi tetap memberikan rasa tahu yang kuat.

Bila Anda ingin mencoba tahu sumedang ini maka Anda harus menyiapkan cabai rawit hijau untuk memberikan sensasi pedas ketika mengonsumsinya. Tahu sumedang dapat Anda jadikan sebagai cemilan ataupun sebagai lauk yang disajikan bersama nasi hangat.

Peuyeum

Makanan khas dari Jawa Barat berikutnya adalah Peuyeum sebuah jenis makanan hasil fermentasi tetapi memiliki cita rasa yang enak dan juga manis asam. Peuyeum merupakan singkong rebus yang telah diberikan ragi dan mengalami fermentasi hingga menghasilkan rasa manis dan sedikit asam, tetapi rasa manis lebih mendominasi dibandingkan dengan rasa asamnya.

Sebenarnya di daerah lain juga memiliki olahan makanan ini yang lebih dikenal dengan tape singkong. Tetapi memiliki perbedaan dari segi rasanya, peuyeum memiliki rasa manis yang lebih mendominasi dari rasa asamnya, sedangkan tape singkong memiliki rasa asam yang lebih tajam dibandingkan rasa manisnya.

Gemblong

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah gemblong, merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras putih yang dimasak hinga menjadi adonan kental, kemudian adonan itu diberi larutan gula aren yang dijadikan sebagai perasa serta pewarna dari gemblong. Dari segi rasanya, gemblong ini memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih sehingga ketika Anda memakannya maka Anda akan merasa ketagihan.

Sate Maranggi

Jawa barat juga memiliki jenis sate yang sangat khas, yakni sate maranggi. Sate ini terbuat dari daging sapi yang di marinasi kemudian ditusukkan ke tusuk bambu kemudian dibakar hingga matang dan dibaluri dengan bumbu kecap namun pedas. Sehingga ketika Anda memakannya maka Anda tidak hanya akan merasakan cita rasa manis tetapi juga merasakan sensasi pedas dari sate tersebut.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang sangat populer sehingga sangat wajib untuk Anda cicipi ketika Anda sedang berkunjung ke Jawa Barat.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

Makanan khas Bali

Makanan Khas Bali dengan Cita Rasa yang Nikmat

Makanan Khas Bali dengan Cita Rasa yang Nikmat – Bali merupakan alah satu wilayah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *