9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota pendidikan, di samping itu Yogyakarta menyimpan beragam wisata alam yang sangat mempesona. Salah satunya ialah wilayah Gunung Kidul yang kaya akan hamparan pantai yang sangat menarik sekali untuk di kunjungi. Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki banyak sekali yang terhitung hingga puluhan pantai berpasir putih yang tersembunyi di balik bukit karang.

Menghabiskan waktu di pantai memanglah sangat nikmat sekali menikmati deburan obak yang datang, menyapa angin sepoi-sepoi di sepanjang pantai, melihat matahari terbenam, dan bermain pasir pantai mampu membuat pikiran kembali segar. Kebanyakan orang memilih untuk menghabiskan waktu liburannya dengan menikmati suasana alam yang sejuk. Namun, tidak jarang juga ada beberapa yang lebih suka untuk menikmati waktu liburannya dengan jalan-jalan di mall.

Pantai Gunung Kidul meskipun terlihat hanya berupa hamparan pasir dan juga air laut, namun ini bisa membikin Anda rileks dan segar kembali loh. Udara yang masih sejuk marasuk dan mampu membuat Anda kembali segar, atau goodmood. Apakah Anda tahu bahwa setiap wilayah pantai di Gunung Kidul ini memiliki keunikan-keunikan tersendiri loh.Penasaran bukan akan seperti apa keunikan pantai gunung Kidul. Simak ulasan berikut mengenai 9 pantai Gunung Kidul yang menarik dan punya keunikan tersendiri.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu ini salah satu pantai tersembunyi yang masih asri dan segar. Belum banyak orang yang mendatangi pantai ini sehingga masih terjaga keasriannya. Pantai ini sangat cocok sekali bagi anda yang menyukai kesendirian, suasana yang sepi dan segar akan mampu membuat mood Anda naik.

Pemandangan lautan biru serta di kanan kiri pantai Wohkudu ini didampingi oleh tebing-tebing tingg yang menambah indah. Namun, sayangnya lokasi tempat ini tidaklah cukup luas. Jadi terkesan sempit. Tetapi keberadaan Pantai Gunung Kidul yang indah sengan hiasan tebing ini sudah cukup populer dikalangan maayarakat.

Pantai Ngunggah

Pantai Ngunggah ini salah satu pantai yang akan menantang adrenalin Anda. Karena untuk dapat mencapai tempat ini anda haruslah melewati jalanan pedesaan yang belum rata dan licin jika musim hujan. Jalan ini terletak sekitar 4 kilometer dari jalan utama atau yanh biasa dikenal dengan Jalan Jalur Lalu Lintas Selatan.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta Paling Hits

Pantai ini dihiasi dengan batuan karang dan pasir pantai yang berwarna putih yang akan menyambut kedatangan Anda. Batuan karang ini menambah indah pemandangan di sekeliling pantai selain laut yang membiru.

Pantai Gesing

Pantai Gesing ini dibangun dengan tujuan untuk memanjakan para wisatawan yanh ingin bermain. Semua fasilitas tersedia dengan baik di pantai ini, seperti toilet umum, tempat makan, dan beberapa fasilitas lainnya yang membuat anda semakin betah berada di sana. Dulunya pantai ini di gunakan untuk menjadi tempat pelelangan ikan (TPI), di sini anda bisa mendapatkan santapan ikan laut dengan lezat.

Di sini tersedia juga warung-warung kecil yang menyediakan berbagai hidangan laut mewah yang telah disediakan untuk para wisatawan yang mampir di warung-warung mereka. Saat berada di Pantai Gunung Kidul  Anda akan benar-benar merasa dimanjakan. Pantai ini berada di desa Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul.

Pantai Ngeden

Pantai Ngeden ini salah satu pantai yang kurang populer jika dibandingkan dengan pantai Siung, Pantai Baron, Pantai Nglambor, dan lainnya. Namun jangan salah, pantai ini oun juga memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti adanya toilet, parkiran, warung, dan gazebi kecil. Lokasi pantai ini tidaklah terlalu luas, namun masih cukup untuk melarutkan kepenatan.

Untuk bisa menikmati suasana pantai ini anda bisa bermain pasir dibibir pantai dan menikmati senja yang tenggelam di barat laut. Selain itu anda juga bisa menikmati pantai ini dengan cara menyusuri bukit-bukit dan menikmati deburan ombak Pantai Gunung Kidul yang menghantam pasir pantai.

Pantai Ngobaran

Kalau ingin menikmati suasana Bali di Yogyakarta, datanglah ke Pantai Ngobaran. Di Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Ngrenehan ini terdapat sebuah pura yang masih digunakan untuk sembahyang.

Jelang perayaan Nyepi, di pantai ini juga selalu diadakan upacara Melasti oleh umat Hindu. Selain memiliki pura, di pantai ini juga terdapat tempat sembahyang penghayat Kejawen. Sebuah masjid kecil juga ada di pantai ini. Uniknya, masjid ini tidak menghadap ke barat melainkan menghadap ke selatan.

Pantai Widodaren

Pantai Gunung Kidul  Widodaren ini juga tidak cukup populer, dan cukup sempit. Namun suasana di sini sangat mendukung sekali untuk melakukan penyegaran otak. Kondisi yang masih sepi dan tidak banyak dikunjungi ini bisa memberikan kesegaran tersendiri jika dibandingan dengan banyaknya pengunjung yang membuat temoat terasa penuh.

Baca Juga  Tempat Wisata Sukabumi Terbaru Menyatu dengan Alam

Untuk bisa mencapai tempat ini memang tidak mudah, Anda membutuhkan waktu sekitar 40-50 menit dari tempat parkiran kendaraan hingga sampai ke pantai Widodaren. Pantai ini terletak di desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, DIY.

Pantai Lolang

Pantai Lolang merupakan pantai yang berlokasi di barat Pantai Sepanjang. Pantai mini ini mempunyai pasir putih yang bersih dengan dikelilingi bukit-bukit karang di sekitarnya. Airnya jernih dengan ombak yang sama seperti di pantai-pantai lain.

Ada sebuah jembatan bambu sederhana yang menghubungkan zona jalan dengan sebuah batu karang yang cukup besar yang berada di tepi laut. Karang di kedua sisi mengendalikan pasir putih dengan air laut. Pohon-pohon rindang di sekitar pantai meneduhkan sinar sang surya yang menyengat kulit, tiada kesan panas di wilayah ini.

Pantai Sepanjang

Pantai sepanjang ini merupakan salah satu deretan pantai terpanjang yang ada di Gunung Kidul. Di pantai ini Anda bisa memainkan pasir putih yang terhampar disepanjang pantai. Berjalan menyusuri garis pantai ini pun tidak kalah menyenangkan untuk menikmati kondisi pantai yang segar dan sejuk.

Di Pantai Gunung Kidul  banyak ditemukan kerang-kerang kecil dan bintang laut, anda bisa mencarinya untuk menikmati keindahaan laut Sepajang yang terletak di jalan Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul ini.

Pantai Sadranan

Pantai Sadran ini salah satu pantai yang sudah terkenal, karena digunakan untuk tempat nyadran warga sekitar. Nyadran sendiri ini dilakukan setahun sekali yang merupakan sebuah kegiatan religi guna berterima kasih kepada pencipta karena telah memberikan hasil bumi melimpah. Di pantai ini pun Anda bisa melakukan snorkeling.

Itulah 9 dari puluhan pantai yang memiliki keunikan tersendiri dalam membawa pengunjung untuk menikmati suasana pantai yang sejuk. Bukan berarti pantai lainnya yang tidak tersebutkan tidak memiliki keunikan ya, pastinya setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan keindahan dan juga sebagai daya tarik pengunjung untuk datang. Buat Anda yang ingin menikmati pantai Gunung Kidul yang mempesona Anda bisa menjadikan 9 pilihan pantai Gunung Kidul di atas sebagai pilihan.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

Wisata Lombok

6 Destinasi Wisata Lombok yang Menyimpan Pesona Alam Indah

6 Destinasi Wisata Lombok yang Menyimpan Pesona Alam Indah – Berbicara mengenai daerah wisata di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *