in

Pengertian Hewan Vertebrata, Jenis, dan Ciri-Cirinya

pengertian hewan vertebrata

Matadunia – Halo semuanya sahabat setiap pembaca matadunia.id, tahukah kamu hewan tergolong ke dalam dua jenis berdasarkan struktur tulangnya, yaitu vertebrata Hewan vertebrata dan hewan vertebrata. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai hewan vertebrata.

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang sebagai ciri utamanya. Golongan vertebrata masuk dalam kategori subfilum dan chordate yang diakhiri pada kingdom animalia.

Seperti yang kita ketahui, tulang belakang pada hewan ini merupakan deretan tulang panjang pada punggung yang dimulai dari leher hingga ekornya. Di mana tulang ini berfungsi sebagai penyangga tubuh dan melindungi sistem saraf dalam tubuh.
Tanda yang paling menonjol pada hewan vertebrata terletak pada sistem otot yang tersusun secara bilateral.

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata

Untuk mengenal lebih dalam tentang bagaimana hewan vertebrata, berikut adalah ciri-ciri yang dimiliki hewan vertebrata diantaranya :

  • Memiliki tulang belakang sejati,
  • Otak pada hewan berkembang lebih baik dibandingkan hewan tanpa tulang belakang
  • Umumnya, hewan vertebrata memiliki kepala dan tubuh yang terpisah
  • Kerangka yang dimiliki hewan ini disebut sebagai endoskeleton
  • Ukuran tubuhnya beragam
  • Alat gerak yang dimiliki lebih aktif dibandingkan hewan tanpa tulang belakang
  • Alat pencernaan yang dimiliki terbilang lengkap
  • Sistem peredaran darah bersifat tertutup

pengertian hewan vertebrates

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Mengingat fungsi dari tulang belakang sebagai penyokong tubuh, bukan berarti semua hewan vertebrata adalah hewan yang mampu berdiri tergak. Karena hewan vertebrata sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok.

Dalam golongan hewan vertebrata dibagi menjadi dua jenis yaitu pisces dan tetrapoda. Sedangkan dalam golongan tetrapoda sendiri dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu reptil, mamalia, dan aves.

Pisces

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui golongan pisces dari namanya yang sudah populer. Ya, hewan vertebrata golongan pisces adalah ikan. Hewan berhabitat air ini memiliki struktur tubuh khusus yang digunakan untuk melakukan gerakan di dalam air.

Di mana ikan juga memiliki sirip yang terbagi menjadi 5 jenis sirip di antaranya sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip ekor. Sirip ini yang digunakan ikan untuk mengkayuh alias berenang di dalam air. Jadi, tak heran saat kita berenang terdapat berbagai gaya yaitu gaya dada dan gaya punggung.

Amfibi

Amfibi merupakan salah satu golongan hewan vertebrata yang mampu hidup di dua alam yaitu air dan darat. Karena amfibi memiliki dua sistem pernapasan yaitu paru-paru dan kulit. Katak adalah hewan yang masuk dalam golongan amfibi.

Meskipun hidup di dua alam, katak juga harus sering ke dalam air untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Mamalia

Ciri utama dari hewan mamalia ini adalah hewan yang sifatnya mirip manusia, yaitu menyusui. Mamalia bernafas dengan paru-paru dan jantung, di mana jantungnya terdapat empat ruang.

Mamalia adalah golongan hewan berdarah panas, yaitu memangsa mangsanya secara terang-terangan.

Reptil

Kelas vertebrata berikutnya adalah reptil, yang mana hewan golongan ini dikenal sebagai hewan berdarah dingin. Pada dasarnya reptil berkembang biak dengan cara bertelur.

Seperti halnya hewan mamalia, kalau reptil juga bernapas dengan paru-paru. Perbedaan antara mamalia dengan reptil adalah sekat pada reptil yang belum sempurna seperti yang dimiliki hewan mamalia.

Aves

Aves adalah golongan hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang. Di mana aves adalah golongan hewan yang memiliki sayap dan berbulu.

Tak semua golongan aves bisa terbang, contohnya seperti burung unta, penguin, atau ayam.

What do you think?

Written by Muhammad Azka

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
rekomendasi makanan ikan oscar

Rekomendasi Makanan Untuk Ikan Oscar Kesayangan Anda

Bisnis Online Yang Paling Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Bingung Dirumah Aja, Cobain Bisnis Online Yang Paling Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga – Inspirasi