cara mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, dari orang dewasa hingga anak-anak. Biasanya pada orang dewasa, hidung dapat tersumbat di satu sisi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tetapi, pada anak-anak atau bayi, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan makan dan tidur. Mengatasi hidung tersumbat tentunya dapat dilakukan dengan cara yang berbeda karena akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai penyebab hidung tersumbat pada artikel ini agar Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat.

Apa Penyebab Hidung Tersumbat?

Hidung tersumbat terjadi karena iritasi dan kerusakan pada jaringan hidung. Ada beberapa penyebab yang dapat memicu hidung tersumbat, seperti:

  • Alergi

Alergi ialah reaksi sistem kekebalan tubuh akibat paparan zat tertentu yang dikenal sebagai alergen. Kondisi ini menimbulkan berbagai reaksi, salah satunya ialah hidung tersumbat. Biasanya kondisi ini terjadi karena paparan alergen, berupa udara kotor, bulu binatang, tungau debu, serbuk sari.

  • Cuaca dingin

Perubahan cuaca ekstrim menjadi dingin bisa menyebabkan hidung tersumbat di satu sisi. Hal ini dikarenakan udara yang kering ketika cuaca dingin. Saat terkena udara kering dan dingin, lapisan hidung beresiko mengalami iritasi serta peradangan. Kondisi ini menyebabkan hidung memproduksi lebih banyak lendir sehingga membuat hidung tersumbat.

  • Flu

Adanya infeksi yang disebabkan oleh virus juga menyebabkan hidung tersumbat. Flu menyebabkan lendir menumpuk di hidung, menyebabkan penyumbatan ketika bernapas. Selain hidung tersumbat, flu juga menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit kepala, serta demam ringan.

  • Iritasi Hidung

Paparan asap rokok dan polusi udara bisa mengiritasi lapisan hidung. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan di hidung.

  • Sinusitis akut

Sinusitis akut dan kronis bisa menyebabkan hidung tersumbat. Hal ini terjadi karena peradangan pada lapisan dalam hidung. Selain hidung tersumbat, sinusitis juga dapat menyebabkan nyeri wajah.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat. Hidung tersumbat yang tidak disebabkan oleh siklus hidung dapat diobati secara mandiri di rumah dengan beberapa cara:

  • Mandi dengan uap panas
  • Menggunakan pelembab udara
  • Minum air hangat
  • Makan makanan panas
  • Menggunakan semprotan garam
  • Menghirup uap panas air asin
  • Minum obat pereda alergi atau demam

Mengapa hidung tersumbat sebelah padahal tidak pilek?

Hidung tersumbat umumnya merupakan gejala suatu penyakit. Hidung tersumbat sering disertai dengan pilek yang menghalangi aliran udara di hidung. Tetapi orang yang merasa hidungnya tersumbat tidak selalu pilek.

Dalam hal ini, ada berbagai kemungkinan penyebab hidung tersumbat padahal bukan pilek. Penyebab paling umum adalah masalah pada struktur hidung, seperti deviasi septum dan hipertrofi turbinate/concha. Penyebab lain termasuk saluran hidung benda asing, dinding hidung runtuh, sleep apnea, perubahan cuaca, dan polusi udara.

Orang yang terbiasa merokok juga cenderung lebih sering mengalami hidung tersumbat tanpa pilek. Karena asap rokok bisa mengiritasi hidung. Semakin sering terpapar asap rokok, hidung akan sering terasa tersumbat.

Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah paparan virus yang dapat menyebabkan influenza. Mandi air hangat dengan sabun cair Lifebuoy yang bersifat antibakteri dan terbukti ampuh membunuh kuman dan virus di tubuh Anda. Jadi, kemungkinan mengalami hidung tersumbat yang melelahkan juga bisa dikurangi

Salah satu rekomendasi produk sabun Lifebuoy untuk mencegah dan mengobati hidung tersumbat adalah sabun cair Lifebuoy Total 10. Dengan formula Activ Silver+ yang sudah dipatenkan, sabun cair ini mampu mengusir kuman penyebab 10 jenis infeksi kulit. Resiko terkena hidung tersumbat juga bisa dikurangi dengan kulit yang lebih bersih dan sehat.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.