Pantai Pulisan Likupang terletak di wilayah paling utara Indonesia dan merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Utara. Likupang memiliki banyak kejutan yang menakjubkan seperti mutiara lautan dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Pantai Pulisan Likupang menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia dengan air yang jernih.

Bahkan pantai ini dan penduduk setempat pernah masuk dalam World Wildlife Fund dengan ditemukannya penyu hijau di daerah tersebut yang meyakinkan bahwa ekosistem laut pantai ini adalah masih terpelihara dengan baik. Pantai-pantai khas kawasan pesisir di Likupang memang menampilkan pasir putih yang lembut, air laut yang biru tenang dan perbukitan yang hijau.

Daya Tarik Pantai Pulisan Likupang

1. Ada Beragam Aktivitas Bisa Dilakukan

Di pantai Pulisan ini, ada berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Namun yang menjadi favorit adalah snorkeling, diving dan trekking. Memancing juga menjadi aktivitas yang seru di sini karena pengunjung bisa melakukannya bahkan hampir tanpa alat seperti yang dilakukan penduduk setempat.

Cukup menggali lumpur di antara bakau dengan tangan kosong untuk menemukan udang kecil, mengaitnya di tali nilon tanpa joran dan melemparkan ke dalam air, ikan mudah ditangkap.

2. Membaur Dengan Penduduk Setempat

Wilayah Likupang dihuni oleh etnis Sangir Talaud dari kabupaten kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud membawa budaya Minahasa. Adat istiadat unik mereka menjadi daya tarik lain dari daerah ini. Wisatawan bisa mempelajari tradisi mapalus yang sudah tua namun mewakili nilai yang mendalam dalam masyarakat komunal.

Tradisi mapalus adalah warisan budaya yang menarik karena setiap kali anggota masyarakat memiliki kebutuhan untuk menanam atau memanen di ladang, pesta pernikahan dan terutama ketika mengalami kemalangan semuanya saling bekerja bersama

Cerita rakyat yang berwarna-warni juga tergambar dalam tarian tradisional mereka yang disebut maengket yang dibawakan untuk merayakan masa panen, sebuah gerakan sederhana yang harmoni dan mengesankan.

3. Bersantai di Pantai

Likupang telah menjadi salah satu tujuan wisata prioritas yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Mengapa? Karena kawasan ini memiliki banyak alam yang menakjubkan. Pulisan Likupang bukan hanya pantai biasa.

Pasir putih yang indah, air laut yang kebiruan, pemandangan bawah laut yang luar biasa, bebatuan tebing yang memukau, bukit sabana yang eksotis, hal-hal tersebut membuat pantai Pulisan di Likupang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini adalah salah satu pantai favorit  di Sulawesi Utara.

Pantainya panjang dan memiliki ombak yang cukup besar, airnya tenang dan tersembunyi di antara bebatuan tebing yang menakjubkan, serta memiliki pemandangan bawah laut yang indah, terumbu karang yang berwarna-warni, dan makhluk laut.

Pantai Pulisan Likupang adalah surga di ujung Pulau Sulawesi yang sepertinya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Kalau sudah di Lombok, jangan lupakan juga untuk mengunjungi Pariwisata Labuan Bajo yang tidak kalah terkenalnya.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.