in

Sudah Tidak Bisa Dibiarkan Lagi, Berikut Protokol Covid-19 Terbaru 2020

protokol covid-19 indonesia

Matadunia – Masih saja pandemic Covid-19 bertebaran belum juga mereda khususnya untuk wilayah indonesia. Meskipun berbagai upaya sudah dilakukan, berbagai protokol kesehatan dikerahkan, tetap saja penyebaran virus corona masih terjadi. Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kenyataan yang sedang terjadi masih jauh sekali dari harapan. Salah satu penyebabnya adalah tingkat kesadaran masyarakat akan bahayanya Covid-19 dan kurangnya ketaatan akan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini pun semakin menjadi-jadi ketika New Normal diadakan. Di mana new normal merupakan kegiatan aktivitas sehari-hari dengan melakukan jaga jarak alias social distancing.

Kabarnya, bahwa virus corona merupakan virus yang tergolong airborne. Di mana virus ini bisa menyebar melalui udara dan dapat bertahan lama di udara. Hal ini disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO (World Health Organization).

Sehingga, bisa dikatakan bahwa covid-19 ini bisa menyebar melalui batuk dan bersin. Bahkan meludah sembarangan juga menjadi pemicu tersebarnya virus.
Mungkin selama ini masyarakat menganggap bahwa virus corona hanya bisa menyebar melalui air liur atau bahkan sentuhan saja. selain itu, mereka juga menganggap bahwa virus ini bisa mati jika tidak berada di induknya alias di udara. Padahal anggapan ini adalah anggapan sementara yang dikeluarkan oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa virus yang tergolong airborne merupakan virus yang akan semakin ganas penyebarannya ketika berada di ruangan tertutup. Karena ruang tertutup merupakan ruang yang minim oksigen. Apalagi jika ruangan tersebut banyak orang, tentu oksigen akan berkurang, dan di sinilah virus akan menyebar dengan leluasa.

Jadi, tak heran jika pemerintah atau Satgas menghimbau masyarakat untuk tidak berada di kerumunan atau berkerumun di suatu tempat, khususnya di ruang tertutup.
Dengan adanya penyebaran virus yang semakin ganas, maka PDPI (Persatuan Dokter Paru Indonesia) memiliki beberapa protokol kesehatan covid 19. Di mana PDPI menghimbau masyarakat untuk mematuhi beberapa protokol tersebut, diantaranya adalah :

  1. Tetap waspada dan jangan mudah panik dengan isu berita
  2. Hindari tempat kerumunan, terutama tempat tertutup
  3. Gunakan masker di mana saja dan kapan saja, meskipun itu di dalam ruangan atau tempat beribadah
  4. Usahakan ruangan Anda memiliki ventilasi yang maksimal sebagai sirkulasi udara keluar dan masuk
  5. Mejaga kebersihan tubuh terutama area tangan
  6. Jangan menyentuh wajah atau mulut jika belum mencuci tangan dari berbergian atau keluar rumah
  7. Selalu menjaga jarak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

protokol covid 19 indonesia

Selain protokol kesehatan di atas, pemerintah pada Dinas Kesehatan juga menyarankan masyarakat untuk menggunakan Face Shield. Karena dengan menggunakan Face Shield atau pelindung wajah, maka kita bisa meminimalisir penyebaran virus selain menggunakan masker.

Menggunakan masker dan face shield adalah langkah yang paling tepat dalam mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Hal sangat didukung oleh Satgas dan pemerintah kesehatan untuk menjaga masyarakat dan meminimalisir korban penularan corona.

Perlindungan maksimal membuat kita selalu terjaga dari wabah yang mematikan ini. Mengingat semakin hari semakin bertambah jumlah kematian yang disebabkan oleh covid-19.

Satu hal lagi yang perlu ditekankan, bahwa merokok adalah hal yang paling berbahaya saat pandemic ini. karena pada dasarnya, asap rokok bisa membawa virus corona.

Himbauan pemerintah yang lainnya mengenai protokol covid-19 adalah menjaga sirkulasi udara, baik di dalam rumah maupun di ruang kerja. Terutama di ruang kerja, di mana silih berganti orang-orang yang keluar masuk ruangan tersebut. Hal ini mengupayakan agar terjadi pergantian udara yang kotor dengan udara bersih bisa berjalan dengan maksimal.

Itulah beberapa protokol covid-19 terbaru yang saat ini dihimbau oleh pemerintah kepada masyarakat. Setidaknya masyarakat mematuhi protokol tersebut, maka sama saja membantu mereka meringankan beban dalam pandemic.

What do you think?

Written by matadunia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
pajak motor ducati

Woow, Kamu Harus Tahu Pajak Motor Ducati Hampir Bisa Buat Beli Motor Bekas Loh

4 Drama Korea Berbagai Genre Akan Tayang

4 Drama Korea Berbagai Genre Akan Tayang di Bulan Oktober 2020