in

Rekomendasi Aplikasi dan Situs Jualan Online Terbaik 2020 – Inspirasi

Aplikasi dan Situs Jualan Online Terbaik

Matadunia – Bisnis online dalam bahasa inggris disebut dengan electronic business atau e-business. Menurut Wikipedia sendiri pengertian dari bisnis online adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet dalam aktivitas bisnisnya.

Di era sekarang berjualan secara online merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Banyak pebisnis yang memasarkan produk / dagangan mereka secara online dengan tujuan bisa terjangkau lebih luas dan kemungkinan mendatangkan pembeli menjadi lebih besar ketimbang memasarkannya secara langsung.

Salah satu keuntungan lainnya dengan memasarkan produk secara online, si penjual tidak perlu lagi untuk berpanas panasan keluar rumah menawarkan barang mereka ke pasar-pasar. Sama hal nya dengan si pembeli, ia juga tidak perlu keluar rumah untuk mencari barang / produk yang dibutuhkan.

Dengan alasan tersebut maka tidak heran jika sekarang berjualan lewat online banyak digandrumi oleh sebagian pengusaha / pebisnis. Untuk sekarang ada banyak sekali tempat yang bisa kamu jadikan untuk berjualan dan memasarkan barang secara online.

Jika kamu hendak melakukan berjualan namun bingung dimana kamu akan menjualnya, berikut ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa dijadikan untuk berjualan secara online.

1. Bukalapak

Pasti sebagian besar dari kalian sudah mengenal bahkan tidak asing lagi dengan Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010.

Bukalapak kini menjadi salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia. Oleh karena itu berjualan dan memasarkan produk di bukalapak merupakan salah satu alternatif yang bagus.

Kamu bisa memulai menjual produk atau baran lewat bukalapak. Kamu hanya perlu mendaftar, membuat toko kamu sendiri dan langsung mengunggah produk yang ingin kamu jual. Perlu diperhatikan bahwa tahun sekarang saja penjual yang bergabung ke bukalapak ada sekitar 3,5 juta orang.

Hal tersebut tentu mengharuskan kita untuk memaksimalkan strategi berdagang di bukalapak agar bisa bersaing dan produk kamu bisa ditemukan oleh pembeli. Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu strategi berdagang dan cara mengunggah sebuah produk yang benar agar mudah di temukan oleh pembeli.

Aplikasi Jualan Online Terbaik

2. Tokopedia

Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya.

Pasti sudah banyak dari kalian juga yang mengetahui marketplace ini. Tokopedia tidak jauh berbeda dengan bukalapak. Keduanya merupakan marketplace yang saat ini terbesar di Indonesia. Menjual produk di tokopedia juga tidak jauh berbeda dengan bukalapak. Membutuhkan strategi pemasaran yang baik agar produk mudah ditemukan oleh orang lain dan laku terjual.

3. Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu platform sosial media yang besar ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Per September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial facebook sebagai salah satu tempat untuk berjualan produk. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berjualan lewat facebook. Bisa memposting lewat beranda, share di forum atau grup jual beli, atau membuat fanpage sendiri. Semuanya bisa dibilang worth it untuk dijadikan salah satu cara berjualan.

Namun cara yang paling efektif ketika kamu berjualan di facebook adalah dengan masuk ke grup jual beli. Disana ada banyak sekali orang yang sedang mencari barang dan siapa tau cocok dengan barang yang kamu jual.

Usahakan masuk ke grup se spesifik mungkin. Misalkan barang yang kamu jual itu sperpat dan aksesoris motor maka kamu bisa bergabung ke grup pecinta motor.

4. Whatsapp

Kamu juga bisa memanfaatkan whatsapp sebagai tempat untuk berjualan. Nyatanya tidak sedikit juga para pedagang yang mempromosikan barangnya lewat whatsapp. Kamu bisa memanfaatkan fitur status yang ada di whatsapp untuk berpromosi.

Namun jika kamu mempromosikan barang di whatsapp pelanggan yang akan melihat barangmu tidak jauh dari teman atau keluarga.

Walaupun sedikit, namun mempromosikan barang lewat Whatsapp bisa terbilang cukup ampuh karena biasanya orang akan memilih untuk membeli barang dari teman sendiri ketimbang membelinya dari orang lain. Cara yang satu ini juga sangat bagus jika kamu memiliki banyak teman pada kontak whatsapp mu.

Menghasilkan Uang Dari Instagram

5. Instagram

Menjual barang lewat instagram juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif. Jika kamu perhatikan ada banyak sekali artis atau selebgram yang sering mempromosikan suatu produk. Itulah yang dinamakan endorse. Menjual barang lewat instagram membutuhkan suatu modal, yaitu kamu memperlukan followers yang cukup banyak.

Semakin banyak jumlah followers semakin tinggi juga peluang kamu mendapatkan banyak pembeli. Namun jika kamu tidak memiliki cukup followers kamu bisa menggunakan metode yang barusan saya katakana di atas yaitu endorse.

Kamu bisa mencari orang yang cukup banyak followers dan meminta mereka bekerja sama untuk mempromosikan produk kamu. Namun tentu saja dengan cara ini kamu harus menyiapkan modal untuk membayar orang tersebut.

What do you think?

Written by Ilham Maulana

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Menghasilkan Uang Dari Instagram

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Instagram – Inspirasi

Valentino Rossi Pensiun dari Dunia MotoGP, Apa Benar?