Tempat Wisata Sukabumi Terbaru Menyatu dengan Alam

Tempat Wisata Sukabumi Terbaru Menyatu dengan Alam – Kabupaten terluas kedua yang terletak di provinsi Jawa Barat ini memang sangat populer dengan suguhan wisata alamnya yang memesona. Rutinitas Anda yang menumpuk kepenatan di dalam diri ada baknya untuk ditinggalkan sejenak, dan pergi berwisata ke Sukabumi bersama keluarga dapat mengobati semuanya. Meski masih pandemi, tetap patuhi protokol untuk berwisata alam.

Memilih wisata alam Sukabumi yang cocok untuk rehat sejenak dari rutinitas bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Selanjutnya, pilih waktu yang tepat untuk dapat berwisata ke daerah Sukabumi dengan nyaman dan aman di masa new normal ini. Tenang saja, Anda bahkan tidak perlu uang yang terlalu banyak untu menikmati wisata alam dari tanah Sukabumi. Sebab, wisata alam Sukabumi juga terkenal ramah di kantong.

Gunung Halimun Salak

Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas bisa memilih untuk berkemah di Gunung Halimun Salak. Taman Nasional yang merupakan hutan lindung ini juga menyediakan ragam permainan outbound yang pastinya seru dan dapat menambah kekompakan bersama keluarga tercinta. Pemandangan alam yang asri berpadu dengan aliran sungai yang jernih akan memanjakan mata Anda selama di Halimun Salak.

Di sini juga terdapat air terjun yang keindahannya masih asri dan belum terjamah, bisa menambah kesejukan dan dipercaya mampu menghilangkan rasa stres. Anda yang tidak ingin berkemah di Gunung Halimun Salak juga dapat melakukan jalan-jalan sambil menikmati ragam alam yang indah di tempat wisata Sukabumi terbaru yang luasnya 113 ribu 357 Ha ini. Pastikan untuk memakai outfit yang nyaman selama menyusuri kawasan Halimun Salak.

Berwisata ke daerah Sukabumi dan menyatu dengan alam memang akan lebih terasa saat Anda melakukan kemah di Camping Ground Gunung Halimun. Terdapat spot perkemahan yang dapat Anda pilih di sini, diantaranya ialah Blok Camping Citalahab yang letaknya dekat dengan Guest House, Blok Camping Cangkuang punya keunggulan dalam fasilitas ekowisatanya, dan Blok Camping Gunung Bunder.

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan berkemah selama menyatu dengan alam di tempat wisata Sukabumi Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tarif berkemah Gunung Halimun Salak yang disediakan tentunya berbeda-beda dan sesuai dengan kelengkapan fasilitas yang akan Anda dapatkan, yakni mulai dari 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah per malam. Tiket masuk ke kawasan wisata alam Halimun Salak hanya 5 ribu rupiah per orang.

Baca Juga  5 Wisata Jogja Bernuansa Alam, Cocok untuk Menenangkan Diri

Wisata alam yang disuguhkan dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak nampkanya tidak perlu diragukan lagi, karena terdapat keanekaragaman dari flora dan fauna. Jika Anda beruntung, maka dapat menyaksikan Burung Elang Jawa yang melintasi hutan lebat dari Gunung Halimun Salak ini. Perjalanan menyatu dengan alam Gunung Halimun Salak ini bisa Anda ikuti baik bersama keluarga atau lewat biro perjalanan.

Tebing Panenjoan

Tebing yang terletak di tempat wisata Sukabumi ini menjadi gerbang bagi Taman Bumi Ciletuh atau yang dikenal juga sebagai Ciletuh Geopark. Kemenawanan dari Tebing Panenjoan ini mungkin dapat membawa Geopark yang ada di kawasan Ciletuh ini bisa mendunia, karena dari ketinggian 250 mdpl Anda dapat menikmati hamparan keindahan Sukabumi yang nampak sangat jelas.

Sehingga nama Panenjoan ini dirasa tepat disematkan pada tebing yang ada di Desa Tamnajaya, Kecamatan Ciemas ini. Sebab, Panenjoan diambil dari kosa kata Bahasa Sunda, yakni Tenjo yang artinya melihat. Meski tempatnya tinggi, tapi Anda tidak perlu khawatir, karena pengelola yang merupakan dari pihak swasta telah membangun akses jalan menuju Tebing Panenjoan secara aman dan nyaman.

Selain itu, di atas tebing yang tinggi ini juga sudah difasilitasi beberapa bangunan permanen, yang bisa menambah spot untuk berswafoto ria yang sudah pasti instagramable. Soal keselamatan pengunjung selama berada di Tebing Panenjoan juga sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola, di mana terdapat pagar-pagar pembatas, dan ada baiknya Anda tidak berdiri terlalu ke pinggir saat menikmati alam di tempat wisata Sukabumi dari ketinggian.

Tebing Panenjoan memiliki ragam spot yang dapat dihadikan sebagai tempat berswafoto yang instagramable. Mulai dari jembatan yang terbenta ng panjang di antara perkebunan teh seluas 100 Ha, hingga sebuah spot yang mirip dengan sarang burung berukuran sangat besar. Banyak spot foto keren yang ditawarkan di kawasan Tebing Panenjoan ini yang pastinya akan memberikan rasa relaksasi ketika menikmati alam sekitar.

Tebing Panenjoan yang menjadi tempat wisata Sukabumi ini siap menyambut Anda setiap hari, dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Pihak pengelola wisata Tebing Panenjoan Sukabumi tidak mengenai tarif kepada pengunjungnya. Hanya saja, Anda akan dikenai tarif untuk membayar parkir kendaraan selama masuk ke area wisata  dan menyatu dengan alam. Parkir kendaraan motor di Tebing Panenjoan hanya 3 ribu rupiah, dan 5 ribu tupiah untuk mobil.

Baca Juga  9 Rekomendasi Wisata Gunung Indonesia Terbaik Untuk Mendaki

Danau Batu Bacan

Pecinta cincin batu tentunya mengenal bacan yang menjadi salah satu batu yang banyak diincar. Namun, Danau Batu Bacan yang ada di kawasan Sukabumi ini bukanlah danau yang banyak batu bacannya. Melainkan, danau yang memiliki air berwarna hijau layaknya batu bacan yang menjadi incaran tersebut. Wisata terbaru yang sedang hits dikalangan milenial ini buka setiap hari dan gratis tiket masuknya.

Dulunya, Danau Batu Bacan bukanlah tempat wisata Sukabumi, melainkan area tambang batu zeolite. Namun, mendadak muncul curah air yang menjadikannya danau, ditambah lagi air hujan yang ikut tertampung di area tersebut, menjadikannnya sebuah danau yang begitu cantik. Pertambangan yang telah mati, menjadikan kawasan ini semakin mirip dengan sebuah danau yang eksotis dengan warna hijau bacannya.

Danau Batu Bacan memiliki keistimewaan, di mana debit air tidak prnah mengalami masa surut, sekalipun kemarau tengah melanda Sukabumi. Masyarakat sekitar sangat bersyukur dengan hadirnya Danau Batu Bacan ini. Mereka dapat memanfaatkan air yang ada di danau yang airnya berwarna hijau ini selama kemarau. Semoga tetap dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar agar Danau Batu Bacan tidak tercemar.

Tempat wisata Sukabumi yang dapat dijadikan sebagai obat relakasasi alami ini bisa Anda kunjungi kapan saja, tapi pastikan gunkan alas kaki yang tidak licin, karena kawasan Danau Batu Bacan ini bebatuan dan berpasir. Anda perlu berhati-hati selama berada di kawasan Danau Batu Bacan, jangan sampai terpeleset dan jatuh dari bebatuan tinggi, atau masuk ke dalam danau. Hindari juga untuk mendekati area danau yang diberi pembatas police line.

Pengunjung hanya akan dibebani biaya parkir kendaraan saat ingin masuk ke Danau Batu Bacan yang instagramable ini. Parkir motor di kawasan danau baru Sukabumi ini hanya 2 ribu rupiah saja, dan untuk Anda yang membawa mobil cukup mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah untuk parkir dengan aman. Tidak ada fasilitas pendukung, hanya ada suguhan alam yang dapat dijadikan spot foto instagenic di tempat wisata Sukabumi Danau Batu Bacan ini.

Comments

comments

About matadunia

Informasi Terlengkap Seputar Wisata di Indonesia dan Mancanegara, Serta Kumpulan Artikel Tips Wisata Saat Ingin Melakukan Liburan.

Check Also

pantai Gunung Kidul

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri

9 Pantai Gunung Kidul yang Menarik dan Punya Keunikan Tersendiri – Yogyakarta merupakan kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *