in

Tips Jitu Agar Tidak Mudah Lupa – Inspirasi

Tips Jitu Agar Tidak Mudah Lupa - Inspirasi

Matadunia – Lupa adalah salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh kebanyakan orang terutama untuk seseorang yang memiliki kesibukan yang padat setiap harinya.

Menurut kamus besar bahasa indonesia atau biasa di singkat dengan sebutan KBBI, kata lupa mempunyai arti tersendiri yaitu lepas dari ingatan atau tidak dalam pikiran seseorang lagi.

Tetapi menurut Gulo dan Reber yang telah kami kutip sebelumnya menjelaskan, definisi lain dari lupa adalah kehilangan kemampuan untuk menyebutkan atau memproduksi kembali mengenai hal-hal yang sebelumnya telah dipelajari seseorang.

Banyak sekali seseorang yang sering mengalami hal semacam ini, contoh kecil yang bisa kita buktikan adalah seperti lupa menaruh kunci, lupa saat membeli sebuah barang, ketinggalan sesuatu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lupa merupakan hal yang sangat wajar bahkan manusiawi, hampir semua orang yang ada di dunia pasti pernah mengalaminya termasuk kita sendiri. Namun, jika kita menjadi pelupa atau sering melupakan banyak hal maka hal tersebut tidaklah wajar dan membuat jengkel diri kita sendiri ataupun orang lain yang terkena dampaknya.

Pada artikel kali ini admin akan memberikan beberapa tips sedikit untuk kamu yang sering lupa akan suatu hal. Berikut 7 hal yang wajib kamu lakukan agar tidak mudah melukapan sesuatu :

1. Perbanyak Istirahat

Istirahat adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Istirahat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari adanya istirahat yaitu bisa mengurangi potensi terjadinya lupa.

Manusia memerlukan waktu istirahat minimal 8 jam per hari, Jika kurang dari itu maka akan berpotensi menurunnya kualitas otak kita. Dengan beristirahat yang cukup otak akan lebih fresh dan segar. Dengan begitu otak akan berfungsi secara baik dan maksimal, hal tersebut dapat menurunkan potensi terjadinya lupa.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa

2. Mengurangi Makanan Manis

Kadar gula yang tinggi padah tubuh dapat mengganggu kesehatan pada otak kita. Kondisi ini akan sangat menganggu bagian otak yang terhubung atau berkaitan dengan memori. Terlebih jika dalam keluarga kamu ada riwayat penyakit gula.

Kamu perlu berhati-hati saat mengkonsumsi makanan yang cukup manis, jangan lupa juga untuk selalu kontrol ke dokter secara rutin dan lakukan aktifitas yang dapat meminimalisir terjadinya diabetes. Suatu hal yang bisa kalian lakukan untuk itu semua terutama bagi seseorang yang memiliki catatan penyakit gula contohnya adalah berjalan kaki.

3. Hindari Depresi

Sudah jelas kalu depresi yang erat kaitannya dengan otak kita, jika seseorang mengalami depresi besar kemungkinan juga orang tersebut sering mengalami lupa. Depresi yang berlebihan menyebabkan terbunuhnya sel-sel pada otak dan menurunya daya ingat. Untuk itu, hindari memikirkan suatu hal dengan berlebihan.

Jika ada suatu hal yang sering mangganggu fikiran terlebih jika hal tersebut kurang penting maka sebaiknya lupakan saja. Namun jika kamu terlanjur mengalami depresi carilah penanganan yang tepat. Kamu juga bisa mencari terapi psikologi dengan tujuan untuk mencegah banyaknya sel yang terbunuh pada otak kita.

4. Membuat Jadwal

Jika kamu tergolong seseorang yang sering lupa dan terasa sangat sulit untuk menghilangkannya, maka kamu bisa menggunakan metode ini. Buatlah jadwal acara atau aktifitas yang akan kamu lakukan di hari ini ataupun di hari esok. Kamu bisa mencatat semuanya pada waktu malam hari tepatnya sebelum kalian tidur.

Catatlah hal-hal mendasar yang harus kamu lakukan di hari esok, kamu bisa memanfaatkan smartphone ataupun buku kecil sebagai tempat untuk mencatat jadwal aktifitas kalian nantinya. Kamu juga bisa menggunakan papan atau kertas kecil untuk di tempelkan di tembok kamar agar lebih mudah terlihat saat bangun.

5. Bermain Game Asah Otak

Lupa bisa diakibatkan dengan menurunnya kualitas pada otak kita. Dengan demikian, kita bisa mengasah kemampuan otak agar lebih baik dan berfungsi secara maksimal. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kualitas otak yaitu dengan bermain game asah otak yang bisa kalian temukan dengan sangat mudah.

Ada banyak sekali game yang bisa mengasah kemampuan otak kita, salah satunya yaitu catur, rubik, puzzle dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun kamu tidak mempunyai mainan tersebut, kamu bisa memanfaatkan smartphone dan memainkannya lewat aplikasi yang sudah banyak beredar.

Tips Jitu Agar Tidak Mudah Lupa

6. Membaca Buku

Banyak yang sudah mengetahui bahwa dengan membaca buku akan menurunkan potensi terjadinya lupa. Dengan membaca buku seseorang akan menurunkan resiko kehilangan memori pada otak hingga kurang lebih 50%. Jika kamu ingin menghilangkan sifat pelupa, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara yang satu ini.

Jika kamu tidak terbiasa dengan membaca sebuah buku, kamu bisa memulainya dengan membaca artikel atau sebuah bacaan yang pendek. Kemudian bertahap hingga kamu bisa dan terbiasa membaca buku seperti novel maupun buku pengetahuan.

7. Memperbanyak Konsumsi Omega 3

Omega 3 sangat berperan dalam pembentukan kualitas otak kita. Omega 3 sangat efektif dalam penurunan peradangan pada bagian arteri serta memperbaiki lapisan pelindung pada syaraf khususnya otak kita. Kamu bisa menemukan kandungan omega 3 pada seekor ikan, contohnya adalah ikan salmon. Tetapi, jika kalian tidak suka makan ikan, minuman yang diperkaya rasa serta omega dapat kalian lakukan seperti meminum yoghurt.

Demikianlah penjelasan admin mengenai tips agar kalian semua tidak cepat lupa, semoga penjelasan admin diatas dapat berguna bagi kalian semua. Terima kasih !

What do you think?

Written by Ilham Maulana

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Tips Agar Tidak Mudah Jenuh Saat Belajar

Tips Agar Tidak Mudah Jenuh Saat Belajar – Inspirasi

5 Tips Mudah Berbicara di Depan Banyak Orang

5 Tips Mudah Berbicara di Depan Banyak Orang