in

Tips Mengatasi Masalah Insomnia atau Susah Tidur

Tips Mengatasi Masalah Insomnia atau Susah Tidur

Matadunia – Susah tertidur di malam hari merupakan salah satu gangguan yang dialami oleh banyak orang. Gangguan ini sering juga disebut dengan insomnia, hal ini sangatlah mengganggu bagi beberapa orang yang menderitanya.

Seorang manusia membutuhkan waktu tidur rata rata 6 jam per hari. Jika waktu tidur seseorang kurang dari itu maka akan muncul beberapa dampak buruk yang mempengaruhi kesehatan.

Salah dampak kecil yang diakibatkan jika waktu tidur seseorang kurang dari 6 jam yaitu saat bangun kepala akan terasa pusing, sedikit demam, dan badan terasa pegal-pegal. Gangguan tidur dalam jangka panjang berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2, depresi, obesitas, dan penyakit jantung.

Jika kamu salah satu orang yang sering mengalami insomnia, pada artikel ini saya akan berbagi sedikit tips untuk menyembuhkan insomnia atau susah tidur :

1. Berolahraga

Olahraga dipercaya dapat mengatasi gangguan bagi orang yang mengalami sulit tidur di malam hari. Dengan berolah raga seseorang akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya menjernihkan fikiran, membuat badan lebih rileks, dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut sangat bagus untuk mendorong kamu menyembuhkan insomnia. Karna pada dasarnya orang yang memiliki pikiran dan badan yang rileks akan lebih mudah untuk mengantuk.

2. Mandi

Membersihkan badan atau mandi sebelum tidur akan membuat kualitas tidur kamu semakin meningkat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mandi menjelang tidur akan lebih memudahkan seseorang untuk cepat mengantuk dan tertidur dengan nyenyak.

Metode ini bisa kamu terapkan untuk mengatasi insomnia. Kamu bisa mandi menggunakan air hangat dan dianjurkan untuk berendam selama 30 menit untuk membantu otot pada tubuh menjadi lebih rileks.

Tips Mengatasi Masalah Insomnia

3. Hindari Stres

Terlalu banyak memikirkan suatu hal secara berlebihan dapat menimbulkan stres. Biasanya orang yang cenderung memiliki banyak pikiran akan lebih sulit untuk tertidur dengan nyenyak ketimbang orang yang tidak memikirkan apa-apa. Jika kamu ingin menyembuhkan insomnia, usahakan jangan terlalu banyak memikirkan suatu hal yang kurang penting.

Hindari stres dan mulai lah untuk memperbanyak positif thinking. Jika seseorang mengalami stres tidak heran kalu ia mengalami insomnia. Karena saat stres otak terus bekerja keras untuk memikirkan hal tersebut sehingga sulit untuk beristirahat dan tertidur dengan nyenyak.

4. Batasi Paparan Bluelight

Apa itu bluelight? Blue light merupakan sinar biru yang banyak dihasilkan oleh sebuah layar atau monitor. Misalnya handphone, komputer, laptop, dan televisi. Jika menjelang waktu tidur usahakan kamu tidak terpapar oleh cahaya dari alat-alat yang tadi di sebutkan.

Tidak herang jika banyak pengguna handphone di malam hari menyebabkan mereka susah untuk tertidur. Apalagi jika kamu mendapatkan bluelight di dalam kondisi ruangan yang gelap. Selain mengakibatkan insomnia, hal tersebut juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

5. Batasi Konsumsi Kafein ( Kopi )

Kafein bisa membuat orang yang meminumnya susah untuk tertidur bahkan bisa sampai terjaga sepanjang malam. “Saya tidak suka mengkonsumsi kopi kok”. Siapa bilang kafein hanya ada pada kopi. Kandungan kafein juga terdapat pada teh dan minuman bersoda.

Jika kamu sering mengkonsumsi 3 minuman tersebut, terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi nya saat hendak tidur maka tidak heran kalau kamu sulit merasakan ngantuk. Jadi ada baiknya kamu batasi penggunaan minuman tersebut jika mau menyembuhkan gangguan insomnia.

Tips Mengatasi Masalah Susah Tidur

6. Batasi Waktu Tidur di Siang Hari

Buat kamu yang hobi tidur di siang hari sebaiknya kurangi hal tersebut jika tidak mau mengalami insomnia. Memang tidak ada larangan untuk tidur di siang hari. Akan tetapi kamu perlu memperhatikan durasi saat tidur siang. Untuk memulainya kamu bisa memotong 30 menit waktu tidur terlebih dahulu. Dan usahakan kamu tidur siang sebelum jam 3.

7. Buat Suasana Kamar Menjadi Nyaman

Kamar yang kotor, terlalu terang, terlalu bising, terlalu panas atau erlalu dingin, biaa jadi salah satu faktor yang membuatmu susah tidur. Saat hendak tidur matikanlah lampu yang ada. Usahakan buat kamar menjadi se gelap mungkin, se hening mungkin, dan senyamang mungkin.

Matikan semua gadget yang ada dan jangan menyimpannya di dekat kasur apalagi dekat dengan kepala. Pemilihan bantal, kasur, dan guling juga penting. Buat semuanya senyaman yang kamu bisa. Dengan begitu kamu akan lebih rileks dan mudah untuk tertidur dengan nyenyak.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Valentino Rossi Pensiun dari Dunia MotoGP, Apa Benar?

Tips Agar Tidak Mudah Jenuh Saat Belajar

Tips Agar Tidak Mudah Jenuh Saat Belajar – Inspirasi