hutan pinus Jogja
hutan pinus Jogja

Wisata Hutan Pinus Jogja yang Alami Keindahannya

Posted on

Wisata Hutan Pinus Jogja yang Alami Keindahannya – Membahas tentang Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain dikenal dengan sebagai kota pelajar, kota kuliner hingga kota dengan tradisi Jawa yang masih kental, Jogja juga menjadi tujuan terbaik untuk berwisata. Banyak sekali pilihan tempat wisata di Jogja dengan keindahan yang beraneka ragam. Salah satunya adalah wisata hutan pinus yang belakangan menjadi tren.

Wisata hutan pinus di Jogja menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan lokal. Hutan pinus denga semua kealamiannya menawarkan pemandangan alam yang masih asri. Pepohonan yang tumbuh tinggi menjadi latar paling estetik untuk berfoto. Ditambah dengan udara khas hutan yang masih sangat sejuk selalu berhasil memberikan kenyamanan. Berikut adalah beberapa pilihan wisata hutan pinus di Jogja yang terkenal akan keindahannya.

Hutan Pinus Mangunan

Kebanyakan wisata hutan pinus Jogja diberi nama atau sebutan sesuai dengan tempat atau lokasinya. Seperti salah satu hutan pinus yang paling terkenal di Jogja ini juga diberi nama seperti desanya. Hutan Pinus Mangunan tepatnya berada di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini merupakan hutan pinus yang paling banyak dikunjungi dan selalu masuk dalam daftar rekomendasi.

Kepopuleran Hutan Pinus Mangunan tentu bukan tanpa alasan. Hutan pinus ini memiliki banyak spot foto keren. Salah satunya adalah panggung pertunjukan dengan deretan bangku penonton di depannya. Panggung beserta bangku yang terbuat dari pohon merupakan daya tarik yang membuat pengunjung bisa merasakan kealamian tempat wisata ini. Spot unik ini tidak boleh dilewatkan untuk diabadikan dalam foto ketika berkunjung ke sana.

Selain menawarkan banyak spot foto menarik, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Ada taman bunga dan gardu pandang atau rumah pohon sebagai pilihan spot foto lainnya. Terdapat juga fasilitas toilet yang memadai beserta area parkir yang luas, gazebo, area makan dan mushola. Kawasan wisata hutan pinus Jogja yang populer ini buka setiap hari dan pengunjung bebas masuk tanpa tarif namun perlu membayar biaya parkir.

Hutan Pinus Pengger

Masih di kecataman Dlingo, ada rekomendasi wisata hutan pinus lainnya yaitu Hutan Pinus Pengger yang lebih tepatnya berada di dusun Sendangsari, desa Terong. Lokasinya berada di dataran tinggi, sehingga pengunjung perlu mendaki terlebih dahulu sebelum bisa menikmati keindahan pemandangannya. Medan yang harus dilalui cukup beragam, mulai dari perbukitan hingga anak-anak tangga yang terbuat dari tanah.

Baca Juga  Tempat Wisata Sukabumi Mewah ala Sultan Tanpa Banyak Biaya

Dengan medan yang lumayan ekstrem, penting sekali bagi pengunjung untuk tetap berhati-hati saat melaluinya. Namun perjuangan melewati medan yang tidak mudah itu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang memanjakan mata. Hutan pinus Jogja ini memiliki banyak spot foto menarik, seperti tangan raksasa, jembatan kayu, rumah pohon hingga sarang burung. Banyak juga pilihan aktivitas outdoor yang bisa pengunjung lakukan di sini.

Hutan Pinus Pengger dibuka mulai pagi hingga tengah malam. Artinya, pengunjung berkesempatan menikmati pemandangan malam hutan pinus yang jauh lebih menakjubkan. Dari atas ketinggian, pengunjung dapat melihat pemandangan kota yang diselimuti cahaya lampu. Di waktu malam pun, pengunjung tetap bisa mengabadikan momen melalui jepretan kamera. Hasil fotonya tidak akan kalah indah saat siang hari.

Hutan Pinus Asri

Lagi-lagi hutan pinus Jogja yang satu ini masih berada di kecamatan yang sama dengan dua obyek wisata sebelumnya. Hutan Pinus Asri berada di dusun Karangasem, desa Muntuk, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Hutan pinus ini dapat dijangkau dengan jarak 1 km dari Hutan Pinus Mangunan ke arah timur. Soal keindahan pemandangannya, tentu juga tidak kalah dengan dua hutan pinus sebelumnya.

Hutan Pinus Asri memiliki lebih banyak spot foto kekinian yang bisa pengunjung coba. Di antaranya adalah gardu pandang dengan latar perbukitan hijau, rumah pohon, patung elang, taman bunga dan rumah Spongebob. Di antara pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, pengunjung dapat bersantai dengan berbaring atau duduk di atas hammock yang dipasang sendiri.

Pengunjung diberikan akses masuk ke Hutan Pinus Asri secara gratis. Akan tetapi pengunjung masih harus membayar biaya parkir kendaraan mulai Rp3.000 hingga Rp10.000. Dengan tarif yang sangat terjangkau itu, pengunjung akan dipuaskan dengan banyaknya wahana yang bisa dicoba dalam hutan pinus Jogja tersebut. Selain itu, Hutan Pinus Asri juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati sunset kota Jogja.

Puncak Pinus Becici

Seperti yang biasa menjadi sebutannya, tempat wisata ini merupakan dataran tinggi yang mengharuskan pengujung untuk mendaki untuk mencapainya. Puncak Pinus Becici merupakan hutan pinus dengan luas sekitar 4,4 hektar. Tidak hanya udara sejuk yang cenderung dingin karena berada di ketinggian, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sunset kota Jogja dari puncak ini.

Baca Juga  5 Wisata Jogja Bernuansa Alam, Cocok untuk Menenangkan Diri

Nama Puncak Pinus Becici semakin dikenal karena pernah mendapat kunjungan dari mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama. Hutan pinus Jogja yang berlokasi di Gunungcilik, desa Muntuk, kecamatan Dlingo ini memiliki banyak spot menarik, seperti gardu pandang, rumah jamur dan taman cinta. Ada juga penyewaan hammock seharga Rp20.000 sebagai sarana untuk bersantai.

Pengalaman pengunjung saat berada di Puncak Becici tidak akan berhenti setelah menikmati matahari terbenam saat petang. Pengunjung masih akan dimanjakan dengan pemandangan kota Jogja dari ketinggian saat malam lengkap dengan kemegahan Candi Prambanan dan panorama Pantai Selatan. Tak heran jika lebih banyak pengunjung datang saat malam terutama kaum muda mudi yang ingin mendapatkan foto terbaik.

Hutan Pinus Nglinggo

Beranjak dari Bantul dengan beberapa hutan pinus Jogja yang cukup populer, kabupaten Kulon Progo juga punya wisata alam yang tak kalah menarik. Hutan Pinus Nglinggo masih berada di kawasan desa wisata Nglinggo di Pagerharjo, Samigaluh. Berbeda dari kebanyakan hutan pinus, di sini pengunjung dapat menyewa jeep untuk berkeliling di antara pohon pinus yang menjulang. Pengalaman ini mungkin akan terasa berbeda dibanding menikmati hutan pinus sambil berjalan.

Ada beberapa pilihan harga sewa jeep yang ditawarkan. Harga bisa berbeda tergantung rute perjalanan dan jarak tempuhnya. Pengunjung bebas menentukan paket sewa jeep dengan mempertimbangkan rute yang ingin dilalui. Semua rute yang ditawarkan dipastikan seru dan menegangkan, mulai dari medan berbatu, jalan miring hingga tanjakan.

Agar pengalaman berkunjung ke Hutan Pinus Nglinggo semakin lengkap, jangan kelewatan mencoba aktivitas menarik lain di desa wisata tersebut. Pengunjung dapat menjelajahi kebun teh hingga ikut serta dalam latihan tari Lengger Tapeng. Dijamin semua aktivitas yang ditawarkan akan menghasilkan kesan yang mendalam dan tidak terlupakan. Desa wisata Nglinggo berikut dengan hutan pinusnya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling direkomendasikan.

Berada di Jogja tidak akan kehabisan pilihan hutan pinus terbaik dengan pemandangan alam terindah. Pengunjung dapat memilih hutan pinus Jogja mana yang ingin dikunjungi atau ingin menikmati semuanya untuk mendapatkan pengalaman tidak terlupakan. Menariknya, hampir semua hutan pinus memberikan akses masuk tanpa tarif khusus. Simak informasi selangkapnya mengenai wisata hanya di https://www.matadunia.id/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *