wisata pekanbaru
wisata pekanbaru

Wisata Pekanbaru yang Cocok untuk Backpacker

Posted on

Wisata Pekanbaru yang Cocok untuk Backpacker – Sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia. Sudah pasti banyak potensi wisata yang dimiliki pulau tersebut. Salah satunya dari Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau. Tidak hanya keindahan alam yang memesona, Pekanbaru juga memiliki kekayaan budaya yang tersaji dalam tempat-tempat tujuan wisata.

Pekanbaru juga bisa disebut sebagai surganya para backpacker. Kota ini sangat cocok dijadikan referensi liburan murah meriah. Meski tanpa menghabiskan banyak uang, pengalaman liburan di Pekanbaru tetap tidak kalah menyenangkan dari tujuan wisata mahal. Terutama yang suka berpetualang, wisata alam di kota ini bisa menjadi pilihan. Berikut adalah tempat-tempat wisata terbaik di Pekanbaru yang cocok untuk liburan ala backpacker.

Sungai Siak

Sebelum menjelajah ke wisata alam Pekanbaru yang lain, cobalah terlebih dahulu wisata sungai yang ikonik ini. Sungai Siak merupakan sungai terpanjang di provinsi Riau dan dikembangkan sebagai pilot project oleh pemerintah setempat dengan konsep waterfront city. Sungai ini kemudian ditetapkan sebagai wisata air Pekanbaru. Maka wisata Pekanbaru ini wajib masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi.

Wisata Sungai Siak dapat dinikmati dengan cara berkeliling sungai. Untuk satu kali putaran selama 40 menit, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp175 ribu untuk satu orang. Dari atas boat atau sampan yang digunakan, akan tampak pemandangan deretan kapal kecil lengkap dengan aktivitas nelayan di sekitarnya. Di tepi sungai juga akan terlihat pohon-pohon sawit yang berjejer menambah keindahan.

Selesai mengelilingi sungai, pengunjung dapat berkunjung ke wisata Pekanbaru lain di tepi sungai. Ada sebuah bangunan yang diketahui sebagai rumah singgah Sultan Siak pada zaman dulu. Bangunan yang masih terjaga keasliannya itu menjadi bukti kejayaan Raja Siak Sri Indrapura pada masa itu. Dari tepi sungai, rumah singgah ini hanya berjarak sekitar 20 meter sehingga bisa dijangkau cukup dengan berjalan kaki.

Asia Farm Hay Day

Pekanbaru ternyata juga memiliki destinasi wisata edukasi yang cocok dikunjungi backpacker. Tempat wisata yang dimaksud adalah Asia Farm Hay Day. Tempat wisata di kecamatan Tenayan Raya ini akan membawa pengunjung untuk mempelajari budaya dari negara-negara di dunia. Sensasi saat pertama kali masuk ke area wisata ini bahkan akan membuat pengunjung seolah berada di Eropa atau Jepang.

Baca Juga  11 Fakta Gunung Gede Pangrango yang Harus Kamu Ketahui

Asia Farm Hay Day menggabungkan konsep agrowisata, waterpark dan mall. Terdapat 26 bangunan yang didirikan di area wisata ini dengan konsep yang unik, seperti rumah Hobbit, rumah Jam Jerman, kincir angina hingga kampung ala samurai. Pengunjung juga bisa mencoba berbagai profesi di wisata Pekanbaru ini, misalnya bertani dan beternak. Asia Farma Hay Day menyediakan pula fasilitas berkuda dan berenang.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp25 ribu, pengunjug bisa langsung memasuki area ini. Harga tiket masuk tidak termasuk tarif di wahana-wahana yang artinya pengujung perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menikmati wahana. Tempat wisata ini juga cocok backpacker dengan harga tiket yang murah sekaligus cocok untuk berlibur bersama anak-anak dan keluarga karena bisa sekaligus belajar sambil bersenang-senang.

Rainbow Hills Rumbai

Wisata Pekanbaru yang satu ini sekarang sedang hits di kalangan para traveler. Pasalnya pemandangan yang ditawarkan bukit ini sangat berbeda dengan kebanyakan bukit pada umumnya. Rainbow Hills Rumbai merupakan perbukitan berwarna-warni layaknya pelangi. Warna-warna unik yang dihasilkannya itu membuatnya terlihat sangat cantik dan semakin indah apabila dijadikan latar belakang foto.

Disebut bukit Rainbow atau pelangi jelas karena tempat ini memiliki tanah pada bukit yang berwarna seperti cokelat tua, kuning, abu-abu, pink hingga oranye. Menariknya, warna yang tampak itu bisa berganti-ganti sesuai dengan kondisi cuaca. Ketika musim hujan, kontur tanah di bukit ini bisa berubah. Sehingga waktu terbaik untuk datang ke Rainbow Hills ini adalah saat musim kemarau.

Pada musim kemarau, pengunjung dapat menemukan pemandangan maksimal dari tempat wisata Pekanbaru yang hits ini. Di siang hari, akan terlihat retakan tanah yang mengering dan berpadu dengan langit biru yang cerah. Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung memang tidak akan diminta untuk membayar tiket masuk. Namun pastikan selalu menjaga kebersihan pada area perbukitan agar keindahannya tetap terjaga.

Masjid Agung An Nur

Bukan hanya wisata alam dan edukasi, Pekanbaru juga mempunyai pilihan wisata religi di Masjid Agung An Nur. Masjid ini merupakan masjid paling megah di Pekanbaru dengan perpaduan arsitektur bergaya Melayu, India dan Turki. Masjid megah ini memiliki ukuran 50 x 50 meter. Dengan luas area itu dan kemegahan yang ditampilkan, masjid ini sering disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru.

Baca Juga  10 Hal Menarik yang Ada di Candi Borobudur Jarang Diketahui

Masjid Agung An Nur terdiri dari 3 lantai yang seluruh bangunannya didominasi warna hijau. Lima buah kubah beserta empat menara membuat bangunan masjid ini semakin terlihat megah. Bangunan ini bisa menampung hingga 4500 orang dan sudah dilengkapi fasilitas WiFi. Selain sebagai pusat kegiatan keagamaan, masjid ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata Pekanbaru yang ikonik.

Masjid Agung An Nur selalu ramai pengunjung setiap hari. Tidak hanya untuk beribadah, pengunjung yang datang juga bermaksud menikmati keindahan bangunan tersebut dan pemandangan di sekitarnya. Jumlah pengunjung akan naik secara signifikan pada bulan Ramadan. Sambil menunggu waktu berbuka, pengunjung biasanya akan berbelanja makanan atau benda-benda unik pada penjual di sekitar masjid.

Danau Lembah Sari

Danau Lembah Sari di Pekanbaru ini merupakan danau buatan yang juga dikenal sebagai tujuan wisata paling populer. Danau ini awalnya dibentuk sebagai sistem irigasi hingga sekarang dijadikan obyek wisata bahkan sudah sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Danau Lembah Sari sempat menjadi arena pertandinga ski air pada ajang PON tahun 2012. Danau dengan luas genangan air mencapai 150 Ha ini juga sering disebut Danau Khayangan.

Suasana tenang di danau inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Berlama-lama di tepi Danau Lembah Sari sambil bersantai dijamin tidak akan terasa membosankan. Pepohonan rindang nan hijau di area sekitar danau menambah kesejukan yang menyegarkan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari perbukitan hijau dan dataran tinggi. Dengan alasan inilah, wisata Pekanbaru ini selalu dibanjiri pengunjung.

Menariknya, Danau Lembah Sari tidak pernah mengalami kekeringan meskipun sedang musim kemaru. Saat musim hujan pun, debet air juga tetap bisa dikontrol dengan baik sebab ada dua sungai yang berfungsi yaitu Sungai Pengambang dan Sungai Limbungan. Keberadaan danau ini bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar untuk tetap bisa bertani dan bercocok tanam sepanjang tahun.

Sebagai ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru menawarkan banyak ragam wisata dengan konsep yang beraneka ragam. Mulai dari wisata alam dengan panorama yang menakjubkan hingga wisata budaya dan religi yang tak kalah seru. Bahkan banyak juga wisata Pekanbaru yang berkonsep edukasi. Selain cocok untuk para backpacker, wisata di Pekanbaru juga cocok untuk keluarga. Kenali informasi lebih lengkap mengenai wisata hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *