Wisata Vietnam
Wisata Vietnam

Wisata Vietnam yang Berada di Kota Hanoi

Posted on

Wisata Vietnam yang Berada di Kota Hanoi – Vietnam terkenal sebagai negara dengan banyak destinasi wisata yang terkenal. Di negara tersebut, sudah banyak tempa wisata yang mendapatkan predikat sebagai situs warisan budaya dari UNESCO. Hal tersebut membuktikan bahwa tempat-tempat wisata di Vietnam masih terjaga kealamian serta ciri khas budayanya hingga sekarang.

Di seluruh wilayah Vietnam, tidak sulit menemukan tempat-tempat indah untuk dijadikan tujuan berlibur. Tidak hanya indah, berlibur ke Vietnam juga termasuk wisata Asia Tenggara yang murah meriah namun tetap menawarkan keseruan tersendiri. Kota Hanoi yang merupakan ibukota Vietnam juga tak kalah dalam menawarkan destinasi liburan yang seru. Inilah sederet tempat wisata terkenal yang ada di kota Hanoi.

Danau Ho Tay

Hanoi sering disebut sebagai kota seribu danau. Alasannya jelas bahwa di kota tersebut banyak sekali danau indah yang dijadikan destinasi wisata. Salah satu yang paling populer adalah danau Ho Tay. Danau Ho Tay disebut sebagai danau terbesar dan terluas di Hanoi dengan ukuran mencapai 400 hektare dan masih banyak yang mengatakan luasnya lebih daripada itu. Ho Tay menjadi tujuan wisata Vietnam yang sepanjang waktu selalu ramai pengunjung.

Pada awalnya, Ho Tay tidak memiliki nama. Pasalnya terlalu banyak danau yang ada di Hanoi dan saat itu memang wisata danau belum berkembang seperti sekarang. Kemudian pada abad ke-15, barulah danau ini diberi nama Ho Tay. Setelah itu, sekitar danau Ho Tay mulai dipenuhi rumah-rumah penduduk hingga sekarang danau tersebut menjadi pusat keramaian di kota Hanoi. Danau ini sangat indah dengan cahaya lampu pada malam hari.

Danau Ho Tay dapat dijangkau dengan perjalanan sepanjang 300 meter dari Istana Kepresidenan Vietnam. Jarak tersebut termasuk cukup dekat untuk bisa dilalui dengan berjalan kaki. Maka dari itu, sayang sekali apabila melewatkan wisata Vietnam ini ketika datang ke Hanoi. Danau Ho Tay termasuk tempat favorit bagi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Danau Hoan Kiem

Danau Ho Tay tentu bukan satu-satunya danau di kota Hanoi yang menjadi destinasi wisata populer di Hanoi. Danau Hoan Kiem adalah destinasi wisata danau lain yang juga wajib dikunjungi. Danau ini disebut danau paling indah di Hanoi karena pengunjung tidak hanya akan menemukan cekungan berisi air. Pengunjung bisa melihat adanya kuil di tengah-tengah danau juga sebuah jembatan merah yang sangat ikonik.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata Cina Bersejarah yang Sangat Menakjubkan

Danau Hoan Kiem sebagai salah satu wisata Vietnam yang terkenal di Hanoi memiliki daya tarik tidak hanya dari pemandangannya saja. Ada legenda yang menjadi latar belakang terbentuknya danau ini dan legenda itu masih dipercaya. Legenda Danau Hoan Kiem berhubungan dengan kuil kura-kura yang berada di tengah danau. Kura-kura tersebut dulunya dipercaya hidup di tengah danau.

Kura-kura yang hidup di tengah danau itu diceritakan sebagai dewa yang memberikan sebuah pedang sakti kepada raja yang sedang berkuasa untuk menyerang musuh dari Cina. Setelah berhasil menumpas musuh, sang raja mengembalikan pedang tersebut kepada kura-kura yang hidup di tengah danau tersebut. Legenda ini menjadikan Danau Hoan Kiem sebagai wisata Vietnam berlatar budaya yang sangat menarik.

Temple of Literature

Selain banyak wisata danau, Hanoi juga memiliki beberapa wisata keagamaan berupa bangunan kuil sesuai dengan kepercayaan masyarakat setempat. Salah satu di antaranya yaitu Temple of Literature. Wisata Vietnam ini juga dikenal dengan nama Imperial Collage. Pada zaman dulu, kuil ini dipakai sebagai pusat belajar dan tempat beribadah oleh para putra mahkota. Kuil tersebut juga kemudian menjadi universitas pertama dan tertua di Vietnam.

Universitas yang dibangun itu mulanya hanya diperuntukkan bagi para bangsawan dan birokrat. Para murid yang belajar di sana mendalami ilmu sastra seperti menulis puisi. Di samping itu, ilmu bahasa Mandarin, filsafat Tiongkok hingga sejarah juga termasuk pelajaran utama. Seiring berjalannya waktu, universitas mengizinkan rakyat biasa untuk mengikuti pendidikan di sana hingga bisa sejajar dengan para bangsawan.

Sempat dialihfungsikan sebagai rumah sakit untuk merawat korban perang pada masa penjajahan Perancis, kini Temple of Literature menjadi museum yang kaya sejarah. Wisata Vietnam ini memiliki lima halaman utama yang masing-masing halaman dibatasi oleh gerbang. Setiap halaman juga memiliki konsep pemandangan berbeda serta elemen pelengkap yang menarik. Universitas yang dimaksud sebelumnya berada di halaman kelima.

Pagoda Tran Quoc

Datang ke Hanoi tidak akan sempurna tanpa mengabadikan momen di salah satu tempat wisata ikoniknya yaitu Pagoda Tran Quoc. Pagoda ini merupakan kuil Buda yang paling tua di Hanoi. Terletak di sebuah pulau kecil di bagian selatan Danau Ho Tay, Pagoda Tran Quoc pertama kali dibangun pada masa Kaisar Ly Nam Dee. Saat itu pagoda tersebut bernama Khai Quoc dan masih terletak di tepi Red River atau Sungai Merah.

Baca Juga  Liburan Tidak Harus Mahal, Kunjungi Tempat Wisata Hongkong Gratis Ini untuk Berlibur

Pada tahun 1615, Pagoda Tran Quoc akhirnya dipindahkan ke sebuah pulau kecil yang bernama Kim Ngu atau yang berarti golden fish. Pulau tersebut dan Pagoda Tran Quoc dihubungkan oleh sebuah jalan kecil. Sekarang, pagoda itu menjadi destinasi wisata Vietnam yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Setiap waktu di sepanjang tahun, kawasan wisata ini selalu dipenuhi pengunjung baik dari wilayah terdekat maupun dari luar negeri.

Sampai saat ini, Pagoda Tran Quoc diperkirakan sudah berusia lebih dari 1500 tahun. Meski bukan bangunan baru, pagoda itu masih terawat hingga sekarang. Warna kuning merahnya yang begitu khas masih jelas terlihat sampai kini. Karena terletak di pinggir danau dan memiliki warna yang menarik, danau ini bisa menghasilkan pemandangan indah terutama saat matahari terbenam. Wajar jika para wisatawan selalu tidak rela ketinggalan untuk mengambil foto.

Ho Chi Minh Mausoleum

Ingin berwisata sekaligus mempelajari sejarah, Ho Chi Minh Mausoleum adalah wisata Vietnam pilihan. Museum ini didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Ho Chi Minh. Meskipun dengan kremasi yang sederhana, rakyat ingin mengapresiasi Presiden dengan makam yang megah ini. Sang Presiden diketahui sebagai pemimpin yang sangat merakyat bahkan sering dipanggil uncle atau paman sebagai perwujudan hubungan yang akrab.

Menariknya, pengunjung bisa masuk ke area museum tanpa membayar tiket masuk. Meskipun gratis, pengunjung diharuskan mengikuti aturan yang cukup ketat dari pengelola. Salah satunya adalah aturan berpakaian yang melarang pengunjung mengenakan pakaian terbuka juga celana atau rok pendek. Pengunjung juga dilarang mengambil foto di area dalam museum. Aturan ini ditetapkan untuk menjaga kesucian tempat sebagaimana tujuan dibangunnya museum ini.

Vietnam bisa menjadi referensi liburan di kawasan Asia Tenggara, terutama wilayah ibukotanya yaitu Hanoi. Selain banyak kekayaan alam yang bisa dinikmati, kota tersebut juga terdiri atas banyak wisata sejarah maupun budaya. Wisata Vietnam khususnya di Hanoi bisa menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran sekaligus sarana belajar tentang sejarah dan budaya setempat. Dapatkan informasi lainnya hanya di https://www.matadunia.id/.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *