Keluarga tenaga kesehatan (nakes), menjadi support system terpenting bagi nakes sehingga turut memegang peran penting selama pandemi COVID 19. Dengan mendukung anggota keluarga, berarti bisa turut mendukung para nakes dalam perjuangan mereka membantu pasien pasien COVID 19 di tengah masa yang menantang ini. Fakta inilah yang mendorong Sirclo, perusahaan e commerce enabler mendistribusikan lebih dari 800 paket kebutuhan Rumah Tangga dan Sanitasi kepada anggota keluarga tenaga kesehatan (nakes), bertepatan dengan ulang tahun perusahaan yang ke 8.

Rinaldi Tjhin, Chief Services Officer Sirclo mengatakan, bantuan ini juga merupakan apresiasi kepada para keluarga nakes yang termasuk kategori rentan terpapar covid 19, sekaligus sebagai wujud rasa hormat terhadap semangat dan perjuangan mereka selama pandemi ini. "Sebagai sektor kritikal yang memenuhi kebutuhan konsumen saat berbelanja online, Sirclo memberdayakan jaringannya, mulai dari brand rekanan sampai ke logistik dan pengiriman, untuk turut membantu anggota keluarga nakes yang merupakan salah satu komunitas yang paling rentan di masa pandemi COVID 19," katanya, Selasa (10/8/2021). Dikatakannnya, di masa pandemi, pihaknya memproses lonjakan kebutuhan produk sanitasi oleh konsumen dari seluruh Indonesia.

Tidak sedikit dari pesanan tersebut ditujukan kepada para tenaga kesehatan yang tengah berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID 19. Tentunya nakes memiliki tanggung jawab tidak hanya kepada pasien, tapi juga kepada keluarganya yang perlu dilindungi. "Melihat fakta ini, kami berinisiatif mengajak partner brand SIRCLO untuk bergotong royong saling membantu meringankan beban mereka lewat program #ShareInfinitely,” ujar Rinaldi.

Terdapat sejumlah yang mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan ini. “Keikutsertaan Danone Indonesia dalam program ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian kami atas penanganan pandemi COVID 19. Danone Indonesia senantiasa mendukung upaya untuk mengatasi COVID 19 sejak awal pandemi melalui berbagai inisiatif, seperti penyediaan hidrasi berkualitas AQUA," ujar Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia. Bantuan yang terkumpul dari ragam brand ini dikelola oleh SIRCLO dengan dukungan Orami dan disalurkan kepada anggota keluarga nakes yang terdaftar di ragam fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit dan puskesmas.

Paket donasi ini terdiri dari produk sanitasi dan kesehatan yaitu hand sanitizer, tissue basah, dan suplemen/vitamin serta paket kebutuhan rumah tangga, diantaranya bumbu dapur, alat masak, makanan ringan dan minuman instan. Secara keseluruhan terdapat lebih dari 1.000 anggota keluarga yang menerima paket bantuan ini. Untuk memastikan penyaluran yang tepat sasaran, pemberian paket kebutuhan rumah tangga difasilitasi oleh puskesmas dan rumah sakit rekanan SIRCLO dan Orami yaitu RS Premier Bintaro, RS Bina Medika Bintaro, RS EMC Tangerang, RS Siloam Tangerang, Eka Hospital BSD, serta Puskesmas Kutai dan Puskesmas Tajur dan juga anggota komunitas Orami yang resmi terdaftar sebagai nakes. "Gerakan ini sangat berarti karena dengan adanya perhatian dari SIRCLO, kami merasa sangat bersyukur dan semakin bersemangat untuk menjalankan tugas dan kewajiban kami. Nampaknya perjalanan ini masih panjang, namun kami berharap semoga pandemi COVID 19 ini cepat berlalu dan kita semua selalu diberikan kesehatan serta keselamatan," jelas dr. Meirda Retna Kencana, Kepala IGD Rumah Sakit EMC Tangerang.

Rinaldi menjelaskan bahwa SIRCLO senang karena bisa merasakan semangat solidaritas dan gotong royong yang diberikan oleh brand serta mitra kami dalam program #ShareInfinitely. “Dukungan ini tidak hanya ditunjukkan dalam bentuk materi, namun juga dukungan mental bagi anggota keluarga tenaga kesehatan yang cemas terhadap tingginya risiko penularan COVID 19. Harapan kami adalah agar gerakan ini dapat melahirkan lebih banyak inisiatif yang mendukung komunitas yang rentan di tengah situasi pandemi,” katanya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.